Simpan Uang di Bank Dapat Bunga Berapa? Berikut Rinciannya

simpan uang di bank dapat bunga berapa

Setidaknya ada dua alasan seseorang menyimpan uang di bank. Pertama, karena ingin uang tersebut aman. Kedua, karena berharap bisa mendapatkan bunga dari tabungan mereka di bank.

Sayangnya, bunga yang bisa Anda peroleh dari simpanan di bank sangatlah kecil, bahkan 0 persen. Ini tentu tidak sesuai dengan espektasi sebagian besar nasabah.

Saat ini iflasi di Indonesia tembus 5.5% per tahun, sementara bunga menyimpan uang di bank jauh dari nilai tersebut. Artinya, secara hitung-hitungan ekonomi Anda akan rugi.

Jika Anda punya uang dalam jumlah besar yang dalam waktu dekat tidak akan terpakai, maka Anda perlu menanam uang tersebut pada jens investasi tertentu yang akan mendatangkan benefit untuk Anda.

Namun, bila Anda adalah tipe nasabah bank nomor pertama, maka sudah barang tentu Anda perlu menyimpan uang di bank demi keamanan uang Anda.

  Pinjaman Bank BCA Jaminan BPKB Mobil (Informasi Lengkap)

Contents

Besaran Suku Bunga Tabungan di Bank

Suku bunga tabungan yang ditawarkan bank di Indonesia sempat menyentuh level nol persen.

Artinya apa?

Tentunya orang yang menyimpan uang dengan produk tabungan biasa tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun selain uang mereka aman.

Bahkan, untuk suku bunga deposito pun tidak terlalu tinggi. Saat ini hanya berkisar 3%. Namun besaran bunga tentu berbeda untuk special rate, yang memang tergantung dari kesepakatan antara bank dan pihak nasabah.

Salah seorang Perencana Keuangan mengungkapkan, memang untuk bunga bank yang nol persen hingga biaya admin yang besar bisa mempengaruhi jumlah tabungan.

Menurutnya, sebaiknya rekening tabungan digunakan bukan untuk mengembangbiakkan uang.

Karena dengan bunga 0% itu, sudah pasti tak akan ada keuntungannya. Apalagi sekarang inflasi dan BBM naik.

Ia menyebut, sebaiknya rekening tabungan ini digunakan untuk cash flow sehari-hari atau menerima gaji, untuk transaksi bisnis.

  Berapa Angsuran Pinjaman 30 Juta di BRI Tahun 2023?

Simpan Uang di Bank Masih Bisa Dapat Bunga Dengan Syarat

Bank sebenarnya masih memberikan bunga untuk tabungan. Namun, terdapat syarat dan ketentuannya dimana jumlah tabungan harus diatas Rp 50 juta hingga diatas Rp 1 miliar.

Bunga tabungan bervariasi mulai dari 0,10% hingga 0,60%.

Tak hanya itu, terdapat juga bank yang memberikan bunga jika saldo rata-rata dalam satu bulan Rp 1 juta hingga Rp 100 juta.

Dibanding Bunga Kredit Bagai Langit dan Bumi

Berdasarkan data Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang diterbitkan oleh bank. Suku bunga kredit masih berada di kisaran 7-8% untuk kredit korporasi.

Bahkan, ada beberapa bank yang memberikan bunga untuk kredit mikro hingga menyentuh 10%.

Perlu sahabat Artikeloka.com ketahui, suku bunga dasar kredit (SBDK) adalah bunga dasar yang digunakan untuk penetapan bunga kredit yang dikenakan oleh bank kepada nasabah.

Jadi, jangan heran dan bingung apabila bunga kredit yang sudah sampai ke nasabah belum tentu sama alias berbeda dengan SBDK yang dicantumkan oleh bank.

  Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Lantaran SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur atau kelompok debitur.

Masih Tertarik Simpan Uang di Bank?

Pilihannya ada pada Anda. Akan tetapi, sebagaimana kami sebutkan diawal, sebaiknya Anda gunakan uang Anda yang dalam jangka waktu tertentu tidak akan terpakai untuk berinvestasi.

Jika takut dengan risiko, pilihlah investasi yang low-risk. Anda mungkin tertarik untuk mencoba SBN ritel dengan dana yang Anda punya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *