Berapa Angsuran Pinjaman 30 Juta di BRI Tahun 2023?

Berapa Angsuran Pinjaman 30 Juta di BRI

Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu bank BUMN yang rajin menyalurkan kredit untuk masyarakat. Anda dapat mengajukan pinjaman uang di BRI dengan memilih berbagai produk pinjaman yang tersedia.

Salah satu produk pinjaman di bank BRI yang paling banyak diminati masyaraka dengan ekonomi rendah adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Syarat mengajukan KUR ini sangat mudah dan bunga yang dibebankan kepada nasabah sangat kecil.

Bila ANda belum pernah pinjam uang di BRI, pertanyaan yang muncul dipikiran Anda kemungkinan adalah berapa angsuran pinjaman 30 juta di bank BRI di tahun 2023 ini?

Untuk produk KUR dengan nilai pinjaman sebesar 20 juta, nasabah diharuskan untuk membayar sekali lunas dengan priode antara 9 bulan – 1 tahun.

Lalu, bagaimana dengan nilai pinjaman sebesar 30 juta yang diangsur dengan siklus sebulan sekali?

  Simpan Uang di Bank Dapat Bunga Berapa? Berikut Rinciannya

Artikeloka.com telah mengumpulkan informasi lengkap mengenai produk pinjaman di bank BRI, termasuk untuk jumlah cicilan yang perlu dibayar sesuai dengan platform pinjaman.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan masuk ke situs resmi BRI, disitu kalian bisa melihat rincian simulasi keuangan yang ada di bank BRI.

Berapa Angsuran Pinjaman 30 Juta di BRI?

Bank BRI memiliki berbagai jenis pinjaman yang bisa dimanfaatkan. Tiap-tiap produk pinjaman yang ditawarkan akan memiliki besaran suku bunga yang berbeda satu sama lain.

Fasilitas pembiyaan yang disediakan BRI bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seperti membeli kendaraan, modal usaha, KPR, hingga kartu kredit.

Apa pun pinjaman yang akan diambil, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk melunasinya agar tidak memberikan masalah serius bagi keuangan Anda dikemudian hari.

Cara menghitung berapa pinjaman bunga Bank BRI 30 juta, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis pinjaman dan suku bunga yang diajukan.

  Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Salah satu contoh suku bunga yang digunakan oleh BRI adalah suku bunga tetap. Ini sering kita lihat saat hitung-hitungan suku bunga pinjaman di bank.

Suku bunga tetap adalah bunga yang dibebankan ke nasabah setiap membayar angsuran dengan nominal yang senantiasa sama. Artinya, besaran angsuran dan bunga yang dihitung tidak akan berubah selama periode angsuran tersebut berlangsung.

Pada umumnya suku bunga tetap atau flat terdapat pada kredit tanpa agunan seperti kredit kendaraan bermotor dan kredit KUR BRI.

Untuk menghitung bunga tetap, rumus yang digunakan adalah saldo pinjaman awal dikali bunga per tahun dibagi 12. Secara matematis dapat ditulis seperti dijelaskan dibawah ini:

Suku Bunga Tetap = (Pinjaman Awal x Bunga per Tahun)/12

Jadi, berikut ini perhitungan besaran pinjaman bunga Bank BRI 30 juta yang bisa dibayarkan apabila Anda ingin mengambil tenor pinjaman selama 12 bulan dengan suku bunga tetap 6 persen per tahun.

  • Angsuran pokok = Rp30.000.000: 12 bulan = Rp2.500.000
  • Bunga tetap= (Rp30.000.000 x 6%):12 bulan = Rp150.000
  • Angsuran per bulan = Rp2.500.000 + Rp150.000 = Rp2.650.000
  Pengertian Letter of Credit (L/C)

Merujuk pada perhitungan diatas, besar angsuran yang harus dibayarkan per bulan sebesar Rp2.650.000. Kemudian, jumlah angsuran per bulan tersebut dikalikan sesuai tenor yang diambil, yakni 12 bulan.

Sehingga total angsuran yang dibayarkan selama 12 bulan adalah sebesar Rp2.650.000 x 12 bulan = Rp31.800.000.

Untuk mengetahui total bunga yang dibayarkan, kurangi total angsuran dengan jumlah pinjaman pokok, yaitu Rp31.800.000 – Rp30.000.000 = Rp1.800.000.

Ringkasan informasi

Sekarang kalian sudah mengetahui berapa angsuran pinjaman 30 juta di BRI. Silahkan pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan mengajukan pinjaman di BRI atau bank manapun.

Pastikan besaran angsuran perbulannya sesuai dengan ukuran kemampuan finansial Anda supaya tidak justru membebani Anda dikemudian hari.

Demikian informasi yang dapat Artikeloka.com sampaikan mengenai besaran bunga pinjaman di bank BRI, semoga berguna bagi sahabat pembaca.