Cara bisa menyimpan Uang

Cara bisa menyimpan Uang

Bisa dibilang hal tersulit dalam menyimpan uang atau menabung adalah memulai. Panduan langkah demi langkah ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

1. Catat pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan. Catat semua pengeluaran Anda—itu berarti mencakup semua; kebutuhan pulsa listrik, barang rumah tangga, tip tunai serta tagihan bulanan rutin Anda. Catat pengeluaran Anda yang paling mudah dengan pensil dan kertas, spreadsheet, atau aplikasi pelacak pengeluaran yang bisa di download secara gratis.

Setelah Anda memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan hipotek, dan jumlahkan semuanya. Gunakan kartu kredit (jika punya kartu kredit) dan laporan mutasi bank Anda untuk memastikan Anda telah memasukkan semuanya.

2. Upayakan penghematan dalam anggaran Anda

Sekarang Anda tahu apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai membuat anggaran. Anggaran Anda harus menunjukkan berapa pengeluaran Anda dan berapa penghasilan Anda, sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran Anda dan membatasi pengeluaran yang berlebihan.

  13 Kerja Sampingan Offline dan Online

Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara teratur tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil misalnya. Sertakan kategori tabungan dalam anggaran Anda dan bertujuan untuk menghemat jumlah yang awalnya terasa nyaman bagi Anda. Rencanakan untuk meningkatkan tabungan Anda hingga 15 hingga 20 persen dari penghasilan Anda.

3. Temukan cara untuk memangkas pengeluaran

Jika Anda tidak dapat menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi pengeluaran. Identifikasi hal-hal yang tidak penting, seperti hiburan dan makan di luar, yang bisa Anda tekan lagi. Cari cara untuk menghemat pengeluaran tetap bulanan Anda, seperti asuransi mobil atau paket telepon seluler Anda. Ide lain untuk memangkas pengeluaran sehari-hari meliputi:

  • Cari aktivitas gratis: Gunakan sumber daya, seperti daftar acara komunitas, untuk menemukan hiburan gratis atau murah.
  • Tinjau tagihan berulang: Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan—terutama jika diperpanjang secara otomatis.
  • Periksa biaya makan di luar vs memasak di rumah: Rencanakan untuk makan sebagian besar makanan Anda di rumah, dan cari tahu penawaran restoran lokal untuk malam yang ingin Anda nikmati sendiri.
  • Tunggu sebelum Anda membeli: Saat tergoda oleh pembelian yang tidak penting, tunggu beberapa hari. Anda mungkin menyadari bahwa barang itu adalah sesuatu yang Anda inginkan – bukan Anda dibutuhkan—dan Anda dapat mengembangkan rencana untuk menabung dengan uang tersebut.
  Bagaimana Cara Memulai Bisnis Secara Online?

Lihat juga:




4. Tetapkan tujuan tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan untuk apa Anda ingin menabung—baik dalam jangka pendek (satu sampai tiga tahun) dan jangka panjang (empat tahun atau lebih). Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyimpannya.

  • Tujuan umum jangka pendek: Dana darurat (biaya hidup tiga sampai sembilan bulan), liburan atau uang muka mobil
  • Tujuan umum jangka panjang: Uang muka untuk rumah atau proyek renovasi, pendidikan atau pensiun anak Anda

5. Tentukan prioritas keuangan Anda

Setelah pengeluaran dan pendapatan Anda, tujuan Anda cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana Anda mengalokasikan tabungan Anda. Misalnya, jika Anda tahu perlu mengganti mobil Anda dalam waktu dekat, Anda bisa mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil sekarang. Tetapi pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang—penting agar perencanaan pensiun tidak mengesampingkan kebutuhan jangka pendek. Mempelajari cara memprioritaskan tujuan tabungan Anda dapat memberi Anda gambaran yang jelas tentang cara mengalokasikan tabungan Anda.

  Contoh Surat Lamaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

6. Pilih alat yang tepat

Ada banyak rekening tabungan dan investasi yang cocok untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dan Anda tidak harus memilih hanya satu. Perhatikan baik-baik semua opsi dan pertimbangkan saldo minimum, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat Anda akan membutuhkan uang sehingga Anda dapat memilih campuran yang akan membantu Anda menabung terbaik untuk tujuan Anda.

7. Penyimpanan secara otomatis

Hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan Anda. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan ke mana harus mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung Anda sehingga sebagian dari setiap gaji masuk langsung ke rekening tabungan Anda.

8. Perhatikan perkembangan tabungan Anda

Tinjau anggaran Anda dan periksa kemajuan Anda setiap bulan. Itu akan membantu Anda tidak hanya berpegang pada rencana tabungan pribadi Anda, tetapi juga mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat. Memahami cara menghemat uang bahkan dapat menginspirasi Anda untuk menemukan lebih banyak cara untuk menabung dan mencapai tujuan Anda lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!