Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

10 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Secara Cepat

2 min read

Mendapatkan pekerjaan sesuai bidang merupakan salah satu hal prioritas dalam kehidupan seseorang. Sayangnya, banyak diantara fresh graduate yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya.

Jangankan untuk bekerja dibidang yang relevan dengan keahliannya, untuk sekedar mendapatkan pekerjaan yang layak saja sebegitu sulit. Ya, faktanya memang masih cukup banyak lulusan S1 yang menganggur. Sebuah kondisi yang sangat disayangkan.

Mendapatkan pekerjaan secara cepat mungkin tidak semudah yang kita espektasikan, namun seharusnya tidak nembuat Anda terus-terusan nganggur. Saat Anda kuliah ada banyak uang yang telah dihabiskan, dan tentunya setelah lulus Anda ingin berkarir dan memiliki kehidupan yang layak dari sisi finansial.

Nah, untuk Anda yang masih menganggur, berikut ini beberapa tips untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara mudah dan cepat. Beberapa kiat berikut ini diharapkan dapat membantu Anda untuk lekas mendapatkan pekerjaan sesuai yang Anda inginkan.

Contents

  Contoh Surat Lamaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

1. Gali Informasi

Informasi yang banyak merupakan modal paling penting bagi Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara cepat. Tanpa informasi yang cukup, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, terlebih untuk posisi yang Anda harapkan.

2. Perbanyak Koneksi

Carilah koneksi sebanyak mungkin. Semakin banyak koneksi Anda, maka hal ini dapat membantu Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan. Bagi Anda yang sudah punya keahlian, dengan memiliki banyak koneksi akan semakin memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan.

3. Manfaatkan Internet

Sebelum ada internet, mencari pekerjaan umumnya dilakukan melalui media cetak (koran). Sekarang, Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan pekerjaan secara cepat. Di internet banyak sekali info lowongan pekerjaan terbaru yang sesuai dengan passion Anda.

4. Manfaatkan Sosial Media

Anda juga dapat menggal informasi lowongan kerja melalui sosial media. Jika Anda aktif di jejaring sosial, terbuka kesempatan bagi Anda untuk menemukan info loker terbaru yang mungkin cocok dengan bidang Anda.

5. Cepat & Responsif

Begitu Anda mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di salah satu perusahaan, jangan menunda untuk segera memasukkan surat lamaran di perusahaan tersebut. Jangan pernah menunda-nunda, sekalipun hanya untuk satu hari, karena hal ini berpotensi menutup kesempatan Anda lantaran telah masuk pelamar lain.

  13 Kerja Sampingan Offline dan Online

6. Siapkan CV yang Lengkap

CV (Curriculum Vitae) yang lengkap akan memberikan Anda nilai lebih ketika Anda memasukkan surat lamaran di perusahaan tertentu. Jadi, buatlah CV yang lengkap sehingga nantinya Anda tinggal menyertakannya dalam surat lamaran yang Anda kirimkan.

7. Kirim CV Online

Beberapa situs penyedia lowongan kerja menyediakan fitur kirim CV online. Ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Tidak hanya situs-situs loker luar negeri, di Indonesia sekarang ini juga sudah banyak situs yang memudahkan penggunanya untuk mengirimkan CV secara online.

8. Mengikuti Jobfair

Jangan ketinggalan event jobfair, karena Anda bisa mendapatkan sekian banyak lowongan kerja dari berbagai perusahaan. Event jobfair selalu ada setiap bulan, dan sangat potensial untuk bisa bekerja secepatnya karena Anda bisa menaruh langsung lamaran kerja sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

9. Kesampingkan Idealisme

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan secara cepat namun pilihannya tidak banyak, Anda bisa abaikan dulu idealisme Anda. Anda bisa menerima pekerjaan di perusahaan manapun sambil Anda menemukan pekerjaan yang lebih tepat dan sesuai kriteria Anda dilain waktu.

  Bagaimana Cara Memulai Bisnis Secara Online?

10. Sabar dan Optimis

Mungkin saja Anda telah memasukkan sekian banyak surat lamaran, dan tidak menutup kemungkinan semuanya tidak menuai goal. Nah, disini Anda dituntut untuk bisa lebih sabar dan tetap menggali informasi lowongan pekerjaan terbaru. Tetap bersabar, optimis, dan jangan menyerah karena faktanya siapapun butuh pekerjaan.

Penutup

Demikian tips mendapatkan pekerjaan secara cepat dan mudah. Tentu tidak ada jaminan Anda akan segera mendapatkan pekerjaan, namun jika Anda mengamalkan beberapa kiat diatas, setidaknya peluang untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin terbuka.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *