13 Kerja Sampingan Offline dan Online

Memiliki pekerjaan sampingan tentunya akan memberikan Anda penghasilan tambahan, baik itu yang dilakukan secara offline maupun online. Nah kali ini saya akan bagikan informasi beberapa macam kerja sampingan online dan offline yang mungkin sesuai kriteria Anda.

Selain pekerjaan tetap, sebagian orang membutuhkan kerja sampingan untuk meningkatkan kekuatan ekonomi mereka, khususnya bagi karyawan yang memiliki gaji rendah. Tentu saja, ditenga harga barang yang terus meningkat seperti sekarang ini, mendapatkan pekerjaan sampingan dirasa sangat perlu.

Jenis kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah itu sebenarnya cukup banyak namun terkadang kita kesulitan untuk menggalinya. Anda bisa saja memanfaatkan skill yang Anda miliki untuk menambah penghasilan bulanan dengan bekerja sampingan. Berikut ini beberapa macam kerja sampingan yang bisa Anda pertimbangkan.

Kerja Sampingan Offline

Untuk Anda yang membutuhkan kerja sampingan atau usaha sampingan tanpa modal, Anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan berikut ini.

1. Membuka Warung Kopi

Warung kopi kecil-kecilan misalnya di depan rumah termasuk salah satu bisnis yang sangat menjanjikan mengingat sebagian besar masyarakat sangat menyukai kopi.

Anda bisa pertimbangkan untuk membuka usaha sampingan modal kecil ini yang bisa dilakukan cukup di depan rumah sehingga tidak akan menutut Anda untuk menyiapkan modal yang besar.

2. Kerja Sampingan Jahit Baju

Jika punya ketrampilan menjahit baju, Anda juga bisa mengkonversi keahlian tersebut menjadi sebuah penghasilan. Ini adalah salah satu jenis kerja sampingan offline yang bisa dikerjakan secara mudah jika Anda memiliki keahlian menjahit.

  Bagaimana Cara Memulai Bisnis Secara Online?

Untuk sekedar membeli mesin jahit biasa, Anda juga tidak harus mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan menyiapkan uang Rp 2 jutaan Anda sudah bisa membeli mesin jahit.

3. Perantara Penjualan Rumah

Salah satu bisnis sampingan tanpa modal yang hasilnya bisa sangat fantastis. Jika Anda punya kemampuan negosiasi yang baik atau memiliki banyak kenalan, tidak ada salahnya untuk mencoba kerja sampingan sebagai perantara penjualan rumah.

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis dengan prospek tinggi, dan Anda bisa mengawalinya dengan menjadi perantara. Nantinya Anda akan mendapatkan komisi dari transaksi penjualan rumah melalui Anda.

4. Membuka Jasa Laundry

Bukan rahasia lagi bahwa membuka jasa laundry merupakan salah satu jenis kerja sampingan yang banyak dipilih orang. Kerja sampingan yang satu ini memang kurang pas untuk seorang karyawan, namun Anda bisa mempercayakannya ke orang lain sehingga Anda tinggal menyiapkan modalnya.

Terlebih jika Anda tinggal dikawasan yang padat, membuka jasa cuci pakaian dapat memberikan hasil yang cukup menggiurkan bagi Anda.

5. Jual Pulsa

Apapun teknologinya, para pengguna gadget tetap akan membutuhkan pulsa. Bisnis jual pulsa juga bisa Anda pertimbangkan jika Anda mencari kerja sampingan yang mudah dikerjakan.

Modal jual pulsa tidaklah banyak, sayangnya keuntungan yang didapat juga tidak terlalu banyak, kecuali Anda mampu menghasilkan banyak transaksi per harinya. Namun, bisnis sampingan yang satu ini tergolong tidak memiliki risiko apapun.

6. Membuka Les Privat

Kalau Anda punya kemampuan akademis, misalkan dibidang Matematika atau Fisika, kenapa tidak dicoba membuka jasa les privat. Hasilnya terbilang lumayan, setidaknya untuk menambah penghasilan bulanan karyawan full time.

Perhatikan lingkungan disekitar Anda, apakah membuka jasa les privat terlihat masuk di akal. Jika prospek, segera tindaklanjuti ide Anda.

7. Beternak Sapi

Jika Anda tinggal di daerah kampung, ada banyak jenis hewan ternak yang berpotensi memberikan Anda penghasilan tambahan.

Anda bisa coba beternak sapi, kambing, atau bisa juga ayam. Modalnya bisa dibilang sangat besar, namun keuntungan yang bisa didapat juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya asumsikan Anda membeli seekor sapi seharga Rp 10 juta, dalam 7-8 bulan kedepan bisa dijual seharga Rp 15 jutaan.

  10 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Secara Cepat



Kerja Sampingan Online

Di jaman digital seperti sekarang ini, mencari kerja sampingan online menjadi begitu mudah. Banyak sekali jenis pekerjaan part time online yang bisa Anda pilih sesuai dengan keahlian atau antusiasme Anda.

Dari sekian macam pilihan, berikut ini beberapa jenis pekerjaan sampingan online yang mungkin membuat Anda tertarik.

1. Kerja Sampingan sebagai Affiliate

Tauhkah Anda bahwa banyak orang sukses dari pekerjaan sampingan sebagai seorang affiliate. Lalu apa itu affiliate?

Affiliate adalah seseorang yang tergabung dalam sebuah program atau kerjasama dalam bentuk Afiliasi. Cara kerjanya adalah, perusahaan yang membuka program afiliasi dibantu memasarkan produk perusahaannya oleh affiliate. Jika kemudian terjadi transaksi, maka affiliate akan diberikan komisi sesuai ketentuan yang telah disepakati sebelumnya, misalkan 40 persen dari nilai harga barang.

Nah, bisnis afiliasi ini ada banyak sekali jenisnya, misalkan bisnis afiliasi produk kecantikan, produk perabotan rumah, produk digital, dan lain sebagainya.

2. Jasa Penulisan Artikel

Suka menulis dan mampu membuat artikel berkualitas? Jika demikian adanya, maka Anda bisa pertimbangkan untuk menekuni kerja sampingan sebagai penulis artikel online.

Anda bisa perhatikan, dalam hitungan hari saja banyak bermunculan media daring (website, blog, dan sejenisnya), hal ini membuka kesempatan bagi seseorang yang punya keahlian menulis untuk menghasilkan uang dari kemampuannya menulis karena banyak sekali pengelola website yang membutuhkan jasa penulis untuk diterbitkan di website yang bersangkutan.

3. Bisnis Sampingan dari Rumah Dropship

Kerja sampingan yang satu ini juga tak kalah menjanjikan sepanjang Anda menekuninya dengan kerja keras dan konsisten.

Apa itu dropship?

Secara sederhananya, dropship adalah menjual barang orang lain melalui toko Anda sendiri (toko online). Jadi, secara fisik Anda tidak memiliki barangnya, namun Anda bisa menjualnya secara online dengan cara Anda mengambil barang tersebut dari toko orang lain.

  Peralatan Dapur yang Harus Dimiliki Ketika Membuka Restoran

Keuntungan yang akan Anda dapat adalah dari margin harga. Misalkan di toko asli harga barang sebesar Rp 200.000, kemudian Anda jual di toko Anda seharga Rp 225.000, jadi Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 25.000 hanya untuk satu barang. Bagaimana jika banyak?

4. Kerja Sampingan sebagai Customer Service

Bukankah customer service harus ke kantor? Ini beda. Ya, sekarang ini cukup banyak perusahaan online yang membutuhkan sumber daya customer service yang bisa dikerjakan dari rumah tanpa harus datang ke kantor.

Ini adalah salah satu jenis kerja sampingan gratis yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda memiliki koneksi internet dan komputer di rumah.

5. Join Layanan Survey Online

Merupakan salah satu bidang pekerjaan online gratis yang sama sekali tidak menuntut apapun. Banyak sekali lembaga yang menjalankan kegiatan survey untuk berbagai keperluan, nah Anda bisa mengikuti program survey berbayar dimana Anda akan diberikan kompensasi ketika Anda berhasil menyelesaikan sebuah survey.

Kemudahan dari kerja sampingan ini adalah tidak menuntut ketrampilan atau modal, namun kekurangannya terletak pada penghasilan yang didapat relatif kecil. Satu dari sekian perusahaan yang menawarkan program survey berbayar ini adalah YouGov.

6. Guru Privat (Online)

Kebutuhan tenaga pendidik di Indonesia sangatlah tinggi, tak heran jika banyak yang membuka jasa kursus online atau layanan guru private online.

Jika tertarik, Anda bisa gabung di website ruangguru. Disana Anda bisa mendaftarkan diri sebagai tenaga pendidik (guru) sesuai mapel yang menjadi keahlian Anda.

Penutup

Mendapatkan kerja sampingan tidaklah sulit, baik itu offline maupun yang dikerjakan secara online. Pilihannya cukup banyak, tergantung Anda mau pilih yang mana. Namun yang peru dicatat, sekalipun pekerjaan sampingan, tiap pekerjaan membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan rasa cinta dalam menjalaninya, jadi bukan semata-mata hanya karena uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *