Bagaimana pinjol bisa akses kontak? Ini jawabannya

Bagaimana pinjol bisa akses kontak

Kalian mungkin dibuat terheran-heran bagaimana pinjol bisa akses kontak Anda padahal Anda tidak merasa memberikan ruang untuk itu. Artikeloka.com akan memberikan jawabannya untuk Anda.

Anda perlu berhati-hati dengan pinjaman online (pinjol) yang menawarkan pinjaman cepat namun terkesan kurang rasional.

Karena, jika tidak hati-hati, pinjol bisa membuat peminjam dana gagal bayar dan terlilit utang dengan bunga tinggi yang cukup membahayakan.

Bagaimana pinjol bisa akses kontak kita?

Saat Anda memberikan izin mengakses kontak ke aplikasi tertentu, misalkan aplikasi pinjol ilegal, maka ini adalah start yang salah bagi Anda.

Beberapa layanan pinjol, khususnya pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diketahui bisa menagih utang dengan cara mengintimidasi dan tidak etis.

  Bagaimana sistem cicilan di Shopee PayLater? Baca Penjelasannya

Bahkan, teman si peminjam ikut menjadi korban karena diteror oleh penyedia pinjol tersebut tanpa tahu apa-apa soal pinjaman yang dibuat.

Ini dapat terjadi jika aplikasi pinjol diberikan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel. Jadi, Anda perlu menyikapi hal ini dengan sebaik-baiknya.

Untuk mencegah ketidaknyamanan seperti itu, ada baiknya cermati dulu izin alias permission yang diminta oleh aplikasi pinjol sebelum memutuskan untuk memasangnya ke ponsel.

Anda bisa melakukannya dengan mudah di layanan Google Play Store. Silahkan lanjutkan membaca artikel ini untuk memberikan Anda masukan berguna.

Cara cek aplikasi pinjol bisa akses kontak di hp kita atau tidak

Aplikasi pinjol resmi seharusnya tidak meminta izin mengakses kontak di smartphone. Karenanya, Anda dapat mengecek permission yang diminta agar tidak terjebak mengunduh aplikasi pinjol ilegal.  

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Ketik nama aplikasi pinjol yang ingin di-install 
  • Klik “About this app” > “App permission” > “See more” 
  • Bila ada “Contacts” di bagian “App permission”, ini artinya aplikasi pinjol tersebut bisa untuk mengakses nomor telepon teman pengguna yang tersimpan di ponsel 
  • Bila pengguna memberikan izin aplikasi pinjol untuk mengakses daftar kontak, maka tak menutup kemungkinan penyedia pinjol akan memanfaatkan kontak tersebut untuk menghubungi dan meneror teman pengguna 
  Cara bisa menyimpan Uang

Sebagai contoh, kami mencoba mengecek izin beberapa aplikasi pinjol dengan nama yang tidak kami sebutkan disini. Tentu ini kami lakukan di Google Play Store.

Hasilnya, di bagian App permission, kedua aplikasi pinjol itu sama-sama menyertakan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel pengguna.

Saat kami cek di dalam daftar pinjol resmi yang terdaftar di OJK, ternyata keduanya tidak masuk dalam daftar. Dengan kata lain, kedua aplikasi pinjol tersebut adalah ilegal.

Bagaimana cara biar Pinjol tidak bisa akses kontak?

Caranya sangat mudah. Silahkan buka aplikasi pinjol tersebut melalui menu Info Aplikasi atau Apps Info di Android, lalu hapus pilihan memberikan izin untuk akses kontak Anda.

Kesimpulan

Perlu waspada untuk memberikan izin terhadap aplikasi yang meminta akses ke kontak kita. Tidak masalah jika aplikasinya aman dan legal. Namun, untuk aplikasi pinjol yang bermasalah, sebaiknya Anda lebih waspada terhadapnya.

Sekian informasi singkat tapi sepertinya sangat penting yang dapat ARTIKELOKA.COM share pada postingan kali ini. Semoga berguna bagi kalian.

  Cara Merawat Burung Cendet Cepat Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *