Cara Mengatasi Disk 100% Laptop Windows 10/11

disk usage 100%

Satu dari berbagai penyebab laptop Windows 10/11 lemot adalah dikarenakan kehabisan sumberdaya, seperti disk usage 100%.

Jika disk dalam kondisi 100 persen, maka laptop akan memunculkan kendala loading lambat hingga terjadi hang saat digunakan.

Laptop macet saat digunakan tentunya sangat ingin kita hindari, terlebih disaat banyak tugas perkantoran yang perlu diselesaikan.

Dalam artikel tutorial PC ini, Artikeloka.com telah merangkumkah cara mengatasi permasalahan Windows 11 dengan disk 100%.

Untuk mengetahui apakah dik terpakai 100%, kalian bisa mengeceknya menggunakan cara berikut:

  • Silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + SHIFT + Esc.
  • Kemudian akan muncul jendela Task Manager
  • Lihat pada bagian Disk disamping Memory usage
  • Silahkan dilihat, apakah nilai disk kurang dari 100% atau sudah mencapai 100%.

Beberapa Langkah Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10/11

Apakah Anda dibuat jengkel karena trouble penggunaan CPU 100% atau masalah penggunaan CPU yang tinggi? Jangan khawatir, meskipun sangat membuat frustrasi, Anda pasti bukan satu-satunya orang yang mengalami masalah ini.

Ribuan pengguna baru-baru ini melaporkan masalah yang sama. Lebih penting lagi, Anda harus dapat memperbaikinya agar tidak menghambat produktivitas Anda.

Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut:

Berikut daftar perbaikan yang telah menyelesaikan masalah ini untuk pengguna lain. Anda tidak harus mencoba semuanya. Kerjakan saja daftarnya sampai Anda menemukan yang melakukan trik untuk Anda.

  • Perbaiki potensi masalah stabilitas Windows
  • Akhiri proses yang menghabiskan banyak sumber daya CPU
  • Perbarui driver Anda
  • Ubah Pengaturan di Editor Registri
  • Ubah pengaturan pemberitahuan Windows
  Cara Cek Kesehatan PC atau Laptop Windows 10/11

1. Perbaiki potensi masalah stabilitas Windows

Masalah penggunaan CPU yang tinggi pada PC Windows biasanya merupakan tanda ketidakstabilan sistem. Yang lebih buruk lagi, hal itu sering menyebabkan sistem macet atau hang.

Untuk memperbaiki potensi masalah stabilitas Windows secepatnya, coba gunakan Reimage , alat canggih yang berspesialisasi dalam perbaikan Windows.

Reimage akan membandingkan OS Windows Anda saat ini dengan sistem yang benar-benar baru dan berfungsi, kemudian menghapus dan mengganti semua file yang rusak dengan file dan komponen Windows baru dari database online yang terus diperbarui yang berisi repositori besar layanan & file sistem, nilai registri, tautan dinamis perpustakaan dan komponen lain dari instalasi Windows baru.

Setelah proses perbaikan selesai, kinerja, stabilitas, dan keamanan PC Anda akan dipulihkan dan ditingkatkan.

Untuk memperbaiki file sistem yang rusak menggunakan Reimage, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Unduh tools Reimage.
  • Instal dan luncurkan Reimage. Anda akan diminta untuk menjalankan pemindaian gratis pada komputer Anda. Klik Ya untuk melanjutkan.
  • Tunggu Reimage untuk memindai PC Anda. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.
  • Setelah proses pemindaian selesai, Reimage akan memberi Anda ringkasan pemindaian PC.
  • Jika ada masalah, klik tombol START REPAIR di pojok kanan bawah, dan hanya dengan satu klik, reimage akan mulai memperbaiki OS Windows di komputer Anda.

Catatan: Ini adalah layanan berbayar dengan Jaminan Uang Kembali 60 hari, yang berarti Anda harus membeli versi lengkap untuk memulai perbaikan.

2. Akhiri proses yang menghabiskan banyak sumber daya CPU

Ketika Anda melihat bahwa PC Anda menjadi lebih lambat dari biasanya dan penggunaan CPU mencapai 100%, coba buka Pengelola Tugas untuk memeriksa proses mana yang menghabiskan begitu banyak penggunaan CPU. Inilah cara melakukannya:

  • Pada keyboard Anda, tekan Ctrl , Shift dan Esc untuk membuka Task Manager. Anda akan dimintai izin. Klik Ya untuk menjalankan Pengelola Tugas.
  • Klik tajuk kolom CPU untuk mengurutkan proses berdasarkan penggunaan CPU. Sekarang Anda dapat memeriksa proses mana yang memakan CPU Anda.
  • Pilih proses yang menghabiskan banyak CPU Anda, lalu klik Akhiri tugas untuk menghentikan proses ini.
  Cara Mengatasi Cas HP Lambat Mengisi

Lihat apakah penggunaan CPU masih 100% setelah Anda mengakhiri semua proses yang menghabiskan CPU. Jika tidak, selamat! Anda telah menyelesaikan masalah ini. Jika masalah ini berlanjut, coba perbaikan berikutnya.

3. Perbarui driver di Laptop Anda

Beberapa driver yang kedaluwarsa atau hilang juga dapat memicu masalah ini. Dengan memperbarui driver Anda ke versi terbaru, Anda dapat memperbaiki masalah kompatibilitas atau bug yang menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi.

Berikut adalah dua cara tepercaya untuk memperbarui driver perangkat Anda — secara manual atau otomatis.

Pembaruan driver manual – Anda dapat memperbarui driver perangkat secara manual dengan membuka situs web pabrikan, dan mencari driver terbaru yang benar untuk perangkat yang tepat.

4. Ubah Pengaturan di Editor Registri

Banyak pengguna melaporkan bahwa bantuan suara bawaan: Cortanta juga dapat memicu penggunaan CPU yang tinggi atau bahkan masalah penggunaan CPU 100%. Jika Anda mengaktifkan Cortana, Anda mungkin mengalami masalah yang sama.

Jika. Anda bukan pengguna berat Cortane, coba ubah pengaturan di Peninjau Suntingan Registri untuk melihat apakah Anda dapat memperbaiki masalah ini. Inilah cara melakukannya:

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan untuk membuka dialog Run. Ketik regedit lalu tekan Enter untuk membuka Editor Registri. Anda akan dimintai izin. Klik Ya untuk membukanya.
  • Ikuti jalur untuk menemukan file sistem yang benar: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\TimeBroker
  • Di sisi kanan panel, klik kanan Mulai entri, lalu pilih Modifikasi
  • Ubah Value data menjadi 4 , lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.
  Cara Daftar IndiHome Internet Only (IndiHome Gamer)

Lihat apakah masalah yang mengganggu ini tetap ada. Jika tidak, Anda telah menyelesaikan masalah ini. Jika masalah ini muncul kembali, jangan khawatir. Ada lebih banyak perbaikan untuk Anda coba.

5. Ubah pengaturan pemberitahuan Windows

Beberapa pengguna Windows 10 melaporkan bahwa pengaturan notifikasi Windows dapat menyebabkan masalah penggunaan CPU yang tinggi. Banyak dari mereka memperbaiki masalah ini dengan mengubah pengaturan notifikasi Windows. Anda juga dapat mencoba memperbaiki ini! Inilah cara melakukannya:

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan saya secara bersamaan untuk membuka Windows Settings. Kemudian klik Sistem.
  • Pilih Pemberitahuan & tindakan di sisi kiri panel. Kemudian gulir ke bawah sedikit di panel sisi kanan untuk mematikan fitur Dapatkan tip, trik, dan saran saat Anda menggunakan Windows

Lihat apakah masalah penggunaan CPU 100% muncul kembali setelah Anda mematikan Notifikasi Windows. Jika tidak, Anda telah menyelesaikan masalah ini.

Ringkasan

Ada banyak hal yang menjadi penyebab CPU dan disk usage 100%. Untuk dapat mengatasi trouble Windows tersebut, maka kalian bisa mencoba sejumlah langkah jika memang tidak diketahui secara pasti penyebabnya.

Silahkan praktikkan beberapa langkah yang dijelaskan diatas, dan semoga dapat mengatasi kendala yang ada pada laptop Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *