Cara Mengatasi Baterai Asus Drop Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Asus Drop Cepat Habis

Asus adalah salah satu brand smartphone yang cukup banyak digunakan oleh pengguna ponsel di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Asus memiliki seri smartphone dalam berbagai level, mulai entri-level hingga high-end phone. Nah, dalam artikel ini Artikeloka.com akan share dengan sahabat pembaca mengenai cara mengatasi baterai HP Asus cepat panas dan drop sehingga daya tampung baterai menjadi cepat habis.

Asus Zenfone merupakan seri HP Android dari Asus yang cukup bertengger di pasar smartphone global, termasuk Asus Zenfone 3 Max. Apa penyebab baterai Asus cepat panas dan cepat habis? Tentu banyak hal yang dapat menjadi pemicunya. Dibawah ini Anda akan mendapatkan tips untuk mengatasi baterai HP Asus cepat habis.

Masalah baterai Asus cepat habis tentunya juga terjadi di sejumlah seri HP produsen asal Taiwan ini, seperti Asus Zenfone 5Z, Asus Zengfone 9, dan sebagainya. Namun, disini yang kami maksudkan bukanlah karena kualitas baterai Asus itu kurang baik, melainkan ada kendala tertentu yang dalam hal ini bisa juga disebabkan oleh faktor penggunanya. Jadi, bukan masalah kualitas produk.

Contents

  Cara Mengatasi FUP Smartfren Unlimited

Kenapa Baterai HP Asus Cepat Habis?

Apakah baterai ponsel cerdas Anda terkuras dengan sangat cepat? Apakah baterai ponsel Anda terkuras secara otomatis?

Kami juga menghadapi masalah baterai drop yang cepat habis di ponsel cerdas kami, jadi kami melakukan penelitian tentangnya dan kemudian kami menemukan beberapa hal yang menjadi penyebabnya di ponsel kami yang menguras baterai secara terus-menerus.

Kemudian kami membuat daftar hal-hal itu dan memperbaikinya setelah itu masalah baterai cepat drop di ponsel kami teratasi. Dan sekarang kami akan membagikan langkah perbaikan tersebut kepada Anda dalam artikel ini.

Kami harap Anda juga akan bisa memperbaiki masalah baterai di HP Asus Zenfone. Jadi mari kita daftar perbaikan tersebut di bawah ini dan kami akan menjelaskan perbaikan bagaimana cara memperbaiki masalah baterai di smartphone Asus Zenfone yang cepat habis.

Cara Memperbaiki Masalah Baterai HP Asus Zenfone Cepat Habis

  1. Hapus cache
  2. Matikan kecerahan otomatis
  3. Kurangi layar tepat waktu
  4. Hapus aplikasi yang tidak berguna
  5. Hanya gunakan aplikasi yang diperbarui
  6. Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai apa pun
  7. Hapus widget dari aplikasi latar belakang
  8. Ganti baterai Anda
  9. Bawa ke service center

Mari kita mulai dengan langkah-langkah yang dapat kita coba untuk memperbaiki masalah baterai Asus cepat panas dan tidak tahan lama.

1. Hapus cache

Menghapus cache akan membantu Anda menyelesaikan masalah pengurasan baterai, buka saja pengaturan> penyimpanan> hapus cache. Ini akan menghapus semua file cache yang tidak berguna yang menguras baterai ponsel Anda.

  Cara Membuat LED notifikasi di Tepian layar untuk semua Android dan iPhone

2. Matikan kecerahan otomatis

Ini akan mengurangi masalah pengurasan baterai. Sebagian besar smartphone saat ini hadir dengan pengaturan Auto Brightness yang seperti namanya, secara otomatis mengatur tingkat kecerahan tampilan dengan mendeteksi kondisi pencahayaan.

Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai, mengatur kecerahan secara manual ke level yang lebih rendah membuat perbedaan yang cukup besar dalam hal ini. Kecuali jika Anda benar-benar harus meningkatkan kecerahan layar, menjaganya agar tetap rendah adalah ide yang bagus.

3. Mengurangi layar tepat waktu

Sudah menjadi fakta umum bahwa layar adalah salah satu sumber pengurasan baterai terbesar pada ponsel Android, jadi mengaturnya sangat penting untuk umur panjangnya. Pengaturan “waktu tunggu layar” atau “tidur” menentukan berapa lama tampilan Anda akan tetap terjaga setelah diaktifkan;.

Apabila layar Anda tetap menyala saat Anda tidak melihatnya, itu menghabiskan masa pakai baterai yang berharga. Paling baik untuk menyetelnya ke nilai terendah yang nyaman bagi Anda dalam penggunaan biasa, dan hanya mengubahnya jika perlu.

Jangan khawatir tentang aplikasi yang mengharuskan layar menyala secara permanen saat sedang digunakan, seperti game atau pembaca e-book, mereka tahu untuk tetap terjaga apa pun pengaturan Anda.

4. Hapus aplikasi yang tidak berguna

Jika Anda memiliki beberapa aplikasi tidak berguna yang terpasang di ponsel Anda, harap hapus aplikasi tersebut juga menguras baterai ponsel Anda di latar belakang.

5. Hanya gunakan aplikasi yang diperbarui

Jika Anda tidak memperbarui aplikasi Anda secara teratur, silakan pergi dan perbarui sekarang karena sangat berguna untuk menggunakan aplikasi yang diperbarui di ponsel cerdas. Buka saja play store atau app store dan perbarui aplikasi Anda.

  Cara Mengatasi Laptop Windows 11 Lemot

6. Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai apa pun

Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai pihak ke-3 saat ini setiap smartphone memiliki sistem manajemennya sendiri.

7.Hapus widget dari aplikasi latar belakang

Periksa apakah ada widget yang ditempatkan di layar beranda Anda yang tidak berguna, harap hapus dari sana. Ini menguras baterai.

8. Ganti baterai HP Anda

Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, coba ganti baterai Anda dengan yang baru, kami harap ini akan berhasil untuk Anda, jika tidak, baca tip kami berikutnya.

9. Bawa ke service center

Akhirnya jika tidak ada yang berhasil untuk Anda dan baterai Anda masih terkuras, kami sarankan Anda pergi ke pusat layanan dan memperbaiki ponsel Anda dengan perusahaan.

Penyebab Baterai Asus Cepat Habis

Dari pemaparan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa cukup beragam yang bisa menyebabkan baterai Asus menjadi boros saat digunakan. Tentunya selain faktor kualitas daya tahan baterai, hal penting yang patut menjadi perhatian adalah pola penggunaan dan isi ulang daya yang biasa kita lakukan.

Masalah aplikasi juga dapat menyebabkan baterai cepat terkuras. Oleh sebab itu, perhatikan berbagia kemungkinan jika Anda mendapati baterai HP Asus milik Anda cepat habis yang memaksa Anda untuk selalu sedia power bank, khususnya saat tidak berada dirumah.