8 Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah

cara mengatasi laptop hang

Laptop hang tak jarang kita jumpai, terlebih ketika laptop tersebut memiliki spek rendah sementara penggunaanya relatif berat dan nyaris “tanpa henti”.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena melalui artikel ini kita akan share beberapa cara mengatasi laptop hang Windows 10 dan versi lainnya yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

Seperti diketahui, terdapat sekian macam penyebab laptop hang. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor hardware (perangkat keras) dan juga karena masalah software (perangkat lunak).

Jika Anda sering dihadapkan dengan kendala laptop sering hand atau macet saat digunakan, hal ini tentu akan menggangu produktivitas serta kenyamanan Anda.

Oleh sebab itu, penting untuk mencari solusi mengatasi laptop yang hang keseringan agar tidak menghambat program pekerjaan Anda baik itu untuk membuat dokumen maupun keperluan komputasi lainnya.

Contents

  Cara Logout Akun GMail di HP

Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Jika laptop Anda sering hang, perhatikan beberapa penyebab laptop hang dibawah ini yang mungkin sesuai dengan kondisi perangkat Anda.

1. RAM Kecil

Apabila RAM pada laptop Anda terlalu kecil, maka akan sangat berat untuk menjalankan aplikasi yang besar.

Sebelum memasang software baru, coba cek spesifikasi minimum software tersebut sehingga program bisa bekerja dengan baik dan laptop tidak hang saat digunakan.

Apabila kapasitas RAM terlalu kecil, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan upgrade RAM menjadi lebih besar.

2. Running Program Terlalu Banyak

Jika terdapat terlalu banyak program atau aplikasi yang berjalan di background, maka kondisi tersebut akan membuat laptop kehabisan resources.

Segera nonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis pada saat laptop mulai dihidupkan.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kinerja laptop akan semakin lemot, kemudian bisa terjadi hang.

3. Anda Menginstall Terlalu Banyak Pogram

Terkadang, pengguna sering menginstal program baru tanpa mempertimbangkan kapasitas laptop mereka.

Semakin banyak memasang program, kapasitas hard disk akan cepat penuh. Ketika hard disk sudah penuh, maka kinerja laptop akan melambat dan bisa menyebabkan hang.

Sebaiknya Anda cukup memasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Silahkan di uninstall aplikasi yang tidak diperlukan supaya space hard disk masih tersisa.

  Cepat Panas Mana Mediatek Atau Snapdragon? Ini Jawabannya

4. Terdapat Tumpukan Temporary File

Penyebab laptop sering hang yang selanjutnya adalah banyaknya temporary file. Ini adalah salah satu hal penyebab laptop tiba-tiba hang.

Anda bisa cek temporary file yang tersimpan dan bersihkan file lama sehingga tak mengganggu kinerja laptop Anda.

Adapun untuk membersihkan temporary file di laptop, silahkan menjalankan perintah Run >> Temp lalu hapus file dalam folder tersebut.

Cara alternatifnya adalah dengan menjalankan program Disk CleanUp. Anda dapat memilih metode yang dirasa paling mudah.

5. Hard Disk Bermasalah

Untuk diketahui, perangkat kerasa berupa hard disk merupakan salah satu komponen yang bisa menyebabkan laptop hang selain karena keterbatasan RAM.

Adanya masalah pada hard disk yang menyebabkan laptop hang adalah space pada hard disk kurang, hard disk terfragmentasi, usia penggunaa hard disk sudah lama, atau bisa juga kare terjadi bad sector pada hard disk tersebut.

Cara mengatasi masalah hard disk yang bisa dicoba adalah dengan upgrade hard disk, defrag hard disk, dan secara rutin melakukan pengecekan hard disk.

6. Infeksi Virus

Jika laptop sudah terkenan serangan virus, malware atau spyware, lebih baik amankan dan jalankan Windows dalam Safe Mode lalu gunakan program Virus Cleaner. Untuk pencegahan, gunakan antivirus atau Windows Defender.

  Cara Mengatasi Android Process Acore Telah Berhenti HP Xiaomi

7. System File Corrupt

Seringkai laptop hang karena disebabkan infeksi virus pada laptop Anda. Penyebab file corrupt salah satunya adalah akibat dari serangan virus.

Jika file yang corrupt adalah file sistem, maka kinerja laptop akan terpengaruh. Cara mengatasinya adalah dengan repair Sistem Operasi pada laptop Anda (Windows, etc).

8. Terjadi Overheat

Kita sering menjumpai kasus PC mengalami overheat pada hardware. Salah satu masalah yang sering terjadi yang membuat laptop hang adalah karena terjadinya temperatur panas yang berlebihan pada bagian hardware.

Umumnya overheat terjadi pada CPU, prosesor, hard disk, dan VGA Card. Jika terjadi overheat, maka performa laptop pasti akan menurun dan bahkan hang.

Oleh sebab itu, pastikan suhu laptop selalu dalam keadaaan stabil. Anda juga dapat menambahkan kipas eksternal jika kipas dalam CPU dirasa belum cukup.

Kesimpulan

Apabila laptop Anda sering hang, sebaiknya lakukan langkah-langkah troubleshooting dengan mengikuti panduan diatas agar segera dapat teratasi.

Adapun untuk meminimalisir gejala error atau kerusakan pada laptop, usahakan untuk menggunakan laptop sesuai SOP agar selain dapat terhindar dari berbagai trouble laptop Anda juga menjadi lebih awet.