Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD

cara memindahkan aplikasi ke kartu SD

Anda mungkin membutuhkan panduan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang mana ini sebenarnya dapat dilakukan dengan cukup mudah dan cepat – sobat Artikeloka dapat memulainya kapanpun kalian menginginkannya.

Meskipun ponsel Android terbaik hadir dengan banyak penyimpanan akhir-akhir ini, ruang biasanya terbatas pada perangkat lama dan ponsel murah , dengan sebagian besar penyimpanan ponsel digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi yang dimuat sebelumnya.

Jumlah ponsel dengan slot kartu microSD berkurang dari tahun ke tahun, dan kebanyakan Anda menemukannya di perangkat anggaran saat ini.

Jika ponsel Anda memiliki perangkat keras yang diperlukan, menggunakan kartu memori tidak hanya memungkinkan Anda menyimpan foto dan video ke dalamnya, tetapi juga memungkinkan Anda memindahkan beberapa aplikasi.

Berikut panduan dari Artikeloka.com tentang cara memindahkan aplikasi Android ke Kartu SD secara mudah dan praktis.

Apa yang perlu diketahui mengenai menambahkan penyimpanan?

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda untuk menginstal sebagian dari aplikasi yang terinstal ke kartu microSD, tetapi bagi mereka yang melakukannya, itu hanya perjalanan singkat ke pengelola aplikasi dan menekan tombol.

  Cara Upload Story WA HD Android Tidak Buram Atau Pecah-pecah

Sebagian besar ponsel andalan telah beralih dari dukungan untuk fitur ini; ini lebih umum ditemukan di perangkat keras kelas menengah ke bawah, tetapi ini sering kali merupakan perangkat yang dapat menggunakan penyimpanan ekstra.

Sayangnya, meskipun ponsel cerdas Anda mendukung fitur tersebut, tidak semua aplikasi mendukungnya. Aplikasi besar seperti game meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal.

Sebagai contoh, Asphalt 8 hanya menempatkan 64MB data pada kartu microSD sementara sisa 1,4GB tersisa untuk mengisi ponsel atau tablet Anda. Meskipun demikian, Anda dapat menghemat ruang dengan cara ini, terutama jika Anda memasang banyak aplikasi dan memindahkan sebanyak mungkin ke kartu microSD.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD menggunakan pengelola aplikasi

1 – Arahkan ke Pengaturan di ponsel Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di laci aplikasi.

2 – Ketuk Aplikasi.

3 – Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu microSD.

4 – Ketuk Penyimpanan.

5 – Ketuk Ubah jika ada.

Jika Anda tidak melihat opsi Ubah, aplikasi tidak dapat dipindahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi apa pun dengan opsi ini, kemungkinan perangkat Anda tidak mendukung fitur tersebut.

6 – Ketuk Pindahkan.

  6 Penyebab Internet Sering Lemot

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, tekan tombol Ubah lagi dan pilih Penyimpanan Internal.

Cara menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal

Jika perangkat Anda tidak mendukung pemindahan aplikasi ke kartu microSD, ada opsi lain, yang pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow , yang mungkin merupakan jawaban untuk Anda. Fitur ini disebut Adoptable atau Flex Storage, dan memungkinkan Anda memformat kartu microSD agar berfungsi seperti penyimpanan internal tambahan.

Sekali lagi, tidak semua perangkat dengan slot microSD akan mendukung fitur ini: Motorola, Huawei, dan Nvidia semuanya telah memilih untuk mengaktifkan Penyimpanan Fleksibel, sementara Samsung dan LG telah menghapusnya.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur ini. Anda akan menginginkan kartu microSD tercepat yang dapat Anda temukan untuk memastikan kelancaran kinerja, setidaknya Kelas 10 atau UHS-I dan sebaiknya UHS-3.

Data apa pun yang ada di kartu microSD akan terhapus saat Anda memformatnya sebagai penyimpanan internal, dan sejak saat itu, data tidak akan dapat digunakan di perangkat lain (kecuali jika Anda memformat ulang lagi). Terakhir, ingatlah bahwa jika Anda melepas kartu microSD ini dari ponsel, Anda akan merusak fungsionalitas aplikasi atau konten apa pun yang telah Anda pindahkan ke dalamnya.

1 – Arahkan ke pengaturan di ponsel Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di laci aplikasi.

  10 Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Secara Tiba-tiba

2 – Ketuk Penyimpanan.

3 – Pilih kartu SD Anda.

4 – Ketuk tombol menu luapan di pojok kanan atas.

5 – Pilih Pengaturan Penyimpanan.

6 – Ketuk Format sebagai Internal.

7 – Ketuk Hapus & Format. Jika sistem menentukan bahwa kartu microSD Anda terlalu lambat, sistem akan meminta Anda dengan peringatan di sini bahwa ini akan menurunkan kinerja.

8 – Ketuk Pindahkan sekarang. Setelah membuat pilihan, Anda akan mengetuk berikutnya dan memulai transfer ke kartu microSD Anda. Sistem akan menunjukkan kira-kira berapa lama waktu transfer dan berapa banyak data yang akan dipindahkan ke kartu SD Anda.

9 – Ketuk Selesai.

Kartu SD Anda sekarang akan dicantumkan tepat di bawah penyimpanan bersama internal dan sistem akan menggunakannya sebagai penyimpanan internal tambahan di masa mendatang.

Kiat Android lainnya

Sekarang Anda tahu cara memindahkan aplikasi Android ke Kartu SD dimana Anda dapat menggunakan metode yang berbeda sebagaimana dijelaskan diatas.

Lihat cara mempercepat ponsel atau tablet Android Anda dalam panduan cepat dan mudah. Untuk sesuatu yang lebih canggih, lihat cara menyambungkan perangkat penyimpanan USB ke ponsel Android Anda atau cara mencetak dari ponsel atau tablet Android.