Cepat Panas Mana Mediatek Atau Snapdragon? Ini Jawabannya

cepat panas mana Mediatek atau Snapdragon

Jika sedang membandingkan HP baru, Anda mungkin ingin memastikan chipset yang tertanam pada HP tersebut dirasa sesuai untuk Anda.

Nah, kali ini Artikeloka.com akan infokan beberapa hal diantara keduanya yang sekaligus menjawab pertanyaan cepat panas mana Mediatek atau Snapdragon, mana yang perlu dipilih?

Mediatek dan Snapdragon merupakan chpset terpopuler yang paling banyak diaplikasikan di perangkat smartphone berbasis Android.

Baik Mediatek maupun Snapdragon tentunya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan situasinya.

Artikel ini sekaligus bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang mungkin masih bingung memilih smartphone dengan chipset Snapdragon atau MediaTek.

Tentang MediaTek Helio Vs Snapdragon

Terdapat beberapa perbedaan chipset Snapdragon dan MediaTek mencakup riwayat, prosesor inti, CPU dan GPU, hingga harganya, dan berikut ini penjelasannya:

  Kode Rahasia Paket Murah Indosat Promo 50 GB

Riawayat

Baiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarah dari chipset ini supaya lebih banyak memahami mengenai keduanya.

Snapdragon adalah prosesor yang diproduksi perusahaan Qualcomm, yakni sebuah perusahaan semikonduktor terkenal untuk peralatan IT yang berpusat di San Diego, California.

Adapun MediaTek adalah produksi dari Hsinchu Taiwan dengan nama perusahaan juga MediaTek. Perusahaan ini sudah eksi semejak 1997.

Processor

Baik MediaTek maupun Snapdragon, chipset ini adalah processor multi-core (1-2-4-6-8-10). Bahkan, saat ini, MediaTek telah mulai membuat chipset dengan core 12 (sedang dalam masa uji coba).

Namun, sebenarnya jumlah core pada chipset tidak terlalu penting, melainkan yang terpenting adalah bagaimana cara kerja chipset.

Info lainnya:

CPU dan GPU

Mencermati spesifikasi CPU chipset Snapdragon dan MediaTek, sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan. Tapi, jika melihat grafisnya, chipset Snapdragon dengan GPU Adreno jauh lebih baik, terutama untuk smartphone high-end.

Walau begitu, GPU yang digunakan pada smartphone kelas mid-end tidak terlihat perbedaan yang signifikan.

  Paket Malam Smartfren Jam Berapa dan Ketentuannya

Lifetime Baterai

Untuk konsumsi baterai, MediaTek masih kalah jauh dengan Snapdragon. MediaTek membutuhkan daya baterai yang besar.

Hal tersebut berbanding lurus dengan heating proses pada kedua chipset ini.

Jadi, cepat panas mana Mediatek atau Snapdragon?

Snapdragon tidak cepat panas saat digunakan dibanding MediaTek

Mediatek Vs Snapdragon

Performa

Saat mempertimbangkan chipset, pasti yang paling penting adalah dari sisi performa.

Snapdragon punya performa yang lebih baik untuk pekerjaan multi-tasking pada smartphone.

Jadi, HP yang ditanami chipset ini bisa digunakan untuk melakukan tugas berat seperti bermain game atau editing video.

Adapun untuk MediaTek yang sudah menggunakan performa solid masih kalah dengan Snapdragon. Tetapi masih bisa menangani multi-tasking.

Harga

Bagaimana dengan harga? Sekarang Anda pasti sudah dapat menyimpulkan rate harga keduanya, mana yang murah dan mana yang lebih mahal.

Sesuai dengan penjabaran diatas, dengan jelas bisa diketahui bahwa harga chipset Snapdragon lebih mahal dibanding MediaTek.


  Daftar HP Android Type C Murah Dibawah 1 Juta (Update Terbaru 2023)

Leave a Reply