9 Cara Mengatasi STB Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital

Cara Mengatasi STB Tidak Bisa Menangkap Siaran Digital

Jika tidak ada kendala – misalkan antena, maka seharusnya STB dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya atau mampu menangkap siaran TV digital secara normal.

Akan tetapi bagi Anda yang masih mengalami kendala tidak bisa menyaksikan siaran digital karena masih ada kendala pada Set Top Box atau karena kendala teknis lainnya, silahkan dilanjut membaca artikel ini.

Untuk dicatat, penting bagi Anda dalam memilih STB yang tersertifikasi karena dari sisi kualits sudah tidak meragukan. Walaupun STB murah menjadi pertimbangan tersendiri, namun kualitas adalah yang paling utama.

Dipasaran banyak STB dijual dengan harga yang variatif. Usahakan untuk memilih merk STB yang bagus dan telah teruji dengan banyaknya jumlah pengguna STB tersebut.

Kendati yang banyak penggunanya juga bukan satu jaminan mutu dari suatu barang, namun setidaknya secara teori itu jauh lebih beralasan untuk dipilih katimbang menjatuhkan pilihan pada STB abal-abalan.

Cara Mengatasi STB Tidak Ada Sinyal Sehingga TV Tidak Ada Gambar

Berikut ini Artikeloka.com uraikan cara mengatasi Set Top Box tidak ada gambar atau dalam artian lain STB tersebut didak bisa menangkap siaran TV digital.

Silahkan diikuti langkah-langkahnya sesuai dengan yang dijelaskan agar Anda bisa kembali menikmati acara TV favorit Ana sehari-hari.

  1. Ubah arah antena dan cari sinyal yang paling kuat

Cara mengatasi Set Top Box tidak ada sinyal, gambar, dan suara yang pertama adalah dengan memutar arah antena.

  Review Sony Xperia Z5 Premium: Kelebihannya Menarik

Dengan memutarkan antena, kita bisa mencari sinyal yang kuat dan baik.

Anda bisa sambil cek indikator sinyal di Set Top Box atau STB, apakah sudah kuat atau masih lemah.

  1. Cek kabel pemasangan Set Top Box apakah sudah benar

Periksa kabel pemasangan Set Top Box atau STB. Kabel antena yang input ke STB, pastikan sudah benar dan usahakan jangan longgar.

Cek kondisi Set Top Box, apakah sudah dalam kondisi hidup atau on.

Apabila, Set Top Box berada dalam kondisi yang panas, usahakan matikan dan diamkan beberapa saat hingga suhu normal.

  1. Periksa kondisi antena yang digunakan

Antena adalah sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai pemancar dan menangkap sinyal. Karena itu, antena memiliki fungsi utama agar bisa menyaksikan siaran TV.

Periksalah kondisi antena, apakah terdapat karat atau rusak.

Usahakan, posisikan antena di luar ruangan agar mendapatkan sinyal yang baik.

  1. Reset Set Top Box

Solusi lain jika STB tidak ada sinyal, gambar, dan suara adalah reset ulang.

Anda bisa memanggil jasa atau teknisi resmi dari penjual perangkat Set Top Box jika memungkinkan. Jika tidak, maka silahkan lakukan reset sendiri. Referensinya bisa kalian searching di Google.

Set Top Box yang direset ulang, akan kembali berubah ke setelan pabrik.

Itulah beberapa metode yang bisa kalian coba jika STB yang Anda miliki tidak ada sinyal atau tidak dapat menangkap siaran televisi digital.

Cara Mengatasi Set top Box Tidak ada Gambar Tapi Ada Suara

Penyebab Set top box tidak ada gambar tapi ada suara cukup beragam. Adapun kasus ini sering terjadi pada TV tabung ataupun LED yang menggunakan set top box untuk mendapatkan siaran TV digital.

Selain itu, pada beberapa model set top box terkadang hanya ada suara saja tetapi gambar tidak muncul.

  🚫 pesan ini telah dihapus tanpa aplikasi

Pastinya ini adalah masalah yang harus segera diperbaiki agar siaran TV digital bisa tampil kembali dilayar TV tabung atau LED Anda.

Semenjak siaran analog dimatikan, warga yang belum memiliki TV digital diharuskan membeli set top box dengan harapan agar tetap bisa menyaksikan channel TV digital dengan kualitas lebih jernih.

Namun, pada beberapa kasus sudah muncul masalah pada set top box padahal belum lama digunakan.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah set top box tidak ada gambar tapi ada suara ataupun tidak ada sinyal sama sekali.

Berikut penyebab kenapa set top box tidak keluar gambar beserta cara mengatasinya.

  1. Cek Kondisi Kabel RCA / HDMI

Alat set top box ini bisa terhubung ke TV tabung atau LED berkat kabel HDMI dan RCA, kedua kabel ini berfungsi untuk mentransfer data gambar / video dan suara dari set top box ke TV.

Apabila kedua kabel ini bermasalah, maka set top box biasanya tidak ada gambar atau hanya suara saja.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pengecekan pada bagian kabel RCA atau HDMI yang digunakan untuk menyambungkan set top box ke TV.

Pastikan kondisi kabel bagus, tidak putus ataupun longgar. Untuk lebih mudahnya, coba gunakan kabel RCA/HDMI yang lain.

  1. Pastikan Input TV Sudah Benar

Terdapat beberapa model TV yang tidak bisa beralih ke mode set top box secara otomatis, sehingga Anda perlu mengubah input TV secara manual menggunakan remot TV.

Apabila Anda menggunakan kabel RCA untuk menyambungkan STB ke TV, maka ubah mode input TV ke (AV).

Dan jika menggunakan kabel HDMI, ubah input TV menjadi (HDMI) sesuai dengan kabel yang digunakan untuk menghubungkan set top box ke TV.

  Daftar 230 Kab dan Kota yang Siaran TV Analog Dimatikan

Setiap model TV memiliki cara berbeda untuk mengubah mode input, tetapi biasanya bisa dilakukan melalui tombol (Source/AV/Input) yang ada diremote TV.

  1. Hubungkan Kabel RCA ke Port Lain

Kabel RCA biasanya digunakan khusus untuk TV tabung dan biasanya TV tabung memiliki port RCA cadangan.

Ketika set top box tidak ada gambar tapi ada suara, mungkin saja dalam hal ini ada masalah pada port RCA di TV tersebut sehingga Anda perlu mencoba colokkan kabel RCA ke port lain sesuai dengan warna kabelnya.

  1. Cobalah Menggunakan Kabel HDMI

Dalam paket pembelian set top box biasanya sudah dilengkapi dengan kabel RCA 3 warna, tetapi kebanyakan kabel bawaan dari set top box tersebut kurang bagus dan mudah putus.

Jika Anda menggunakan TV LED yang memiliki port HDMI, kami sarankan untuk menggunakan kabel HDMI saja.

Alasannya sederhana, kabel HDMI memiliki kemampuan transfer data jauh lebih baik dibandingkan kabel RCA, selain itu kualitas gambar yang ditampilkan juga akan lebih jernih hingga 1080p tergantung spesifikasi set top box yang digunakan.

  1. Tekan Tombol Power Pada Remote Set top Box

Setiap set top box dilengkapi dengan remote masing-masing, ketika kabel power STB dicolokan ke listrik mungkin Anda perlu menekan tombol [Power] pada remote STB untuk menyalakan perangkat tersebut.

Jadi, pada beberapa type set top box tertentu Anda perlu menekan tombol (Power) setelah mencolokkan kabel set top box ke stop kontak listrik.

Adapun jika remotenya rusak atau hilang, gunakanlah tombol power fisik yang biasanya ada dibagian depan STB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *