11 Masalah Umum Pada HP Android dan Cara Mengatasinya

Masalah Pada HP Android

Dalam artikel ini, Artikeloka akan memberikan beberapa panduan untuk memecahkan beberapa pesan kesalahan yang paling umum di HP Android dan mungkin membuat sangat terganggu karena relatif sering terlihat di perangkat Android Anda.

Mari kita menyikapinya secara tepat, bahwa dibalik kecanggihannya, ponsel kita tidaklah sempurna. Ketika HP berjalan dengan tidak normal, HP lambat, tidak mau hidup, atau mengalami masalah saat menyambung ke Internet.

Ini adalah beberapa perbaikan cepat untuk beberapa masalah paling umum yang dihadapi pemilik HP Android.

1. Menguras baterai

Banyak pengguna telah melaporkan masalah dengan masa pakai baterai perangkat mereka. Salah satu cara termudah untuk memperpanjang baterai ponsel cerdas Anda adalah dengan mengubah lokasi dan pengaturan kecerahan.

Masuk ke menu pengaturan, klik Lokasi, dan pilih mode hemat baterai. Untuk kecerahan, Anda harus menghindari penggunaan kecerahan otomatis dan sebagai gantinya turunkan layar Anda di bawah setengah, atau ke tingkat yang dapat diterima oleh mata Anda.

Beberapa ponsel, seperti Galaxy S5 ke atas, bahkan menyertakan mode hemat baterai ekstra. Untuk tips lainnya, berikut adalah lima cara untuk meningkatkan masa pakai baterai Android Anda saat ini.

  8 Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah

2. Masalah pada antarmuka pengguna dan lambat

Ponsel biasanya mulai melambat saat penyimpanan internalnya penuh. Coba hapus aplikasi dan foto yang tidak digunakan, atau pindahkan ke cloud atau kartu microSD. Selain itu, Anda harus menutup aplikasi terbuka yang tidak lagi digunakan, menghapus cache aplikasi, dan membatasi penggunaan wallpaper animasi.

Data cache aplikasi dapat dihapus dengan membuka Pengaturan > Aplikasi , memilih aplikasi tertentu, dan memilih opsi Hapus Cache . Program seperti App Cache Cleaner dan Clean Master , keduanya tersedia secara gratis dari Google Play Store, juga dapat digunakan untuk mengotomatiskan proses pembersihan cache.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi artikel ini untuk mempercepat perangkat Android Anda.

3. Masalah konektivitas

Jika Anda mengalami masalah saat menghubungkan ke Bluetooth, Wi-Fi, atau jaringan seluler Anda, aktifkan mode Pesawat selama 30 detik, nonaktifkan, dan coba sambungkan lagi. Terkadang hanya mengganti koneksi tertentu juga bisa menyelesaikan masalah.

Masih mengalami masalah? Coba perbaiki atau atur lagi perangkat Bluetooth atau jaringan Wi-Fi Anda.

4. Masalah pada Google Now

Google Now bisa sedikit rewel. Hal terbaik untuk diingat adalah sangat spesifik dengan perintah Anda. Akan mudah bingung jika tidak. Butuh sedikit bantuan lagi? Berikut adalah 20 tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Now.

5. Pesan teks terhenti

Pastikan Anda terhubung ke internet baik melalui Wi-Fi atau seluler, klik pesan yang tidak terkirim, dan klik Kirim Ulang . Jika masalah berlanjut, coba mulai ulang perangkat Anda atau bahkan instal aplikasi perpesanan pihak ketiga.

  Cara Daftar IndiHome Internet Only (IndiHome Gamer)

6. Temperatur HP sangat panas

Android tertentu, seperti Droid Turbo, bisa menjadi sangat hangat. Cobalah untuk tidak menggunakan ponsel Anda saat sedang mengisi dayanya dan jangan menggunakan aplikasi penghisap CPU yang tinggi, seperti Pokemon Go atau Facebook, untuk jangka waktu yang lama. Jika mulai memanas, istirahatkan ponsel Anda.

Jika Anda tidak melakukan hal-hal ini, dan ponsel Anda masih panas saat disentuh, Anda mungkin ingin memeriksakannya ke profesional. Pakar yang saya hubungi mengatakan ini bisa menjadi tanda cacat produksi.

7. Kesalahan sinkronisasi

Ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah sinkronisasi. Pertama, pastikan Anda terhubung ke internet, dan layanan yang Anda coba sinkronkan, seperti Google atau Dropbox, tidak mati. Periksa ulang apakah kata sandi Anda sudah benar dan coba sinkronkan lagi.

Masih mengalami masalah? Hapus akun dari perangkat Anda dan tambahkan lagi.

8. Aplikasi macet

Aplikasi dapat macet karena berbagai alasan. Apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi atau ponsel Anda? Jika demikian, instal. Jika tidak, tutup paksa aplikasi dengan menggeseknya di menu multitask (gambar di atas) lalu buka kembali.

9. Layar tidak responsif

Anda mungkin ingin melempar ponsel ke dinding saat mulai tidak berfungsi, tetapi tidak perlu panik. Sebagian besar masalah diperbaiki dengan restart sederhana. Meskipun jika Anda secara fisik merusak ponsel atau menjatuhkannya ke dalam air, Anda mungkin memiliki masalah yang lebih besar.

Tekan tombol daya dan biarkan ponsel mati, tetapi tunggu satu atau dua menit sebelum menyalakannya kembali.

  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat

Punya ponsel Android lama? Berikut sembilan hal baru yang dapat Anda lakukan dengannya.

10. Google Play Store error

Masalahnya mungkin adalah cache yang rusak dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapusnya. Buka Pengaturan> Aplikasi> Semua Aplikasi> Google Play Store> Penyimpanan dan pilih Hapus Cache. Nyalakan ulang ponsel Anda dan masalahnya harus diperbaiki.

11. Aplikasi tidak bisa di download

Mungkin ada dua penyebab aplikasi Anda tidak diunduh. Pertama, kembali ke halaman terakhir di daftar ini dan coba hapus cache Google Play Store. Jika tidak berhasil, coba hapus riwayat Google Play. Masalahnya mungkin adalah cache yang rusak dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapusnya. Buka Google Play store dan ketuk tiga baris di kiri atas layar untuk membuka menu aplikasi. Pilih Pengaturan dan ketuk Hapus riwayat pencarian lokal.

Kesimpulan

Tentu ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kinerja sebuah ponsel mengalami penurunan atau intensitas bugs dan error yang semakin sering muncul. Pola penggunaan, pemasangan aplikasi secara asal, dan berbagai hal berkaitan lainnya akan mempengaruhi performa smartphone Android Anda.

Jika Anda menginginkan kinerja smartphone Anda tetap optimal, setidaknya Anda perlu mengontrol penggunaan aplikasi dengan memilih aplikasi yang aman untuk perangkat Anda, membersihkan cache secara terjadwal, kontrol penggunaan memori, pola pengisian baterai yang baik, pastikan HP tidak kemasukan air, dan lain sebagainya.