Cara Cek Kesehatan PC atau Laptop Windows 10/11

cara cek kesehatan pc komputer

Penting untuk mengecek kesehatan PC Anda, khususnya ketika Anda sering menggunakannya untuk berbagai keperluan atau sering terhubung ke internet ketika browsing. Sahabat ARTIKELOKA.COM, silahkan disimak artikel cara cek kesehatan laptop seperti dijabarkan dibawah ini.

Sama seperti Anda menjaga kesehatan Anda sendiri, penting juga untuk merawat komputer Windows 10 atau Windows 11 Anda. Cara terbaik untuk menentukan kesehatan komputer Anda adalah dengan menjalankan laporan yang berbeda, seperti yang dihasilkan oleh Windows Security and Performance Monitor.

Inilah cara Anda dapat menjalankan pemeriksaan kesehatan PC lengkap, lalu gunakan laporan ini untuk mengetahui kinerja perangkat keras Anda, bersama dengan beberapa tip dan resolusi untuk masalah tertentu yang mungkin perlu diperbaiki.

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Kesehatan PC

Dengan pengumuman Windows 11, Microsoft memperkenalkan aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC. Kemungkinan ini secara otomatis diinstal pada sistem Anda melalui Pembaruan Windows. Jika tidak, Anda dapat mengunduhnya dari Microsoft .

Tujuan utama dari aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC adalah untuk melihat apakah sistem Windows 10 Anda memenuhi syarat untuk ditingkatkan ke Windows 11. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya di kedua sistem untuk tinjauan singkat tentang status perangkat Anda.

Tool cek kesehatan PC
Tool cek kesehatan PC

Untuk meluncurkan aplikasi setelah diinstal, temukan melalui pencarian sistem untuk Pemeriksaan Kesehatan PC . Aplikasi ini mendorong Anda untuk mencadangkan data ke OneDrive, memeriksa apakah perangkat Anda mutakhir, menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa, dan menawarkan tips tentang masa pakai baterai dan waktu mulai.

  Cara Mengaktifkan NFC di Android

Untuk saran umum, klik Tips tentang kesehatan PC di bagian bawah aplikasi. Kiat-kiat ini tidak harus spesifik untuk sistem Anda, tetapi baik untuk diperhatikan.

Cara Cek Kesehatan Komputer dengan Keamanan Windows

Jika Anda menginginkan gambaran umum yang cepat dan ramah pengguna tentang kesehatan sistem Anda, Keamanan Windows dapat menyediakannya. Untuk meluncurkan program, lakukan pencarian sistem untuk Keamanan Windows .

Setelah dibuka, klik Kinerja & kesehatan perangkat . Bagian Laporan kesehatan dibagi menjadi beberapa area, menandai masalah apa pun dan apa resolusinya.

Keamanan Windows memindai secara berkala di latar belakang, seperti yang ditunjukkan oleh tanggal Pemindaian terakhir , jadi tidak perlu menjalankannya secara manual.

Laporan kesehatan meliputi:

  • Kapasitas penyimpanan : Jika sistem Anda memiliki ruang disk yang cukup untuk menyelesaikan tugas seperti pembaruan Windows.
  • Masa pakai baterai: Jika ada sesuatu yang memperpendek masa pakai baterai Anda, seperti pengaturan kecerahan Anda.
  • Aplikasi dan perangkat lunak: Jika ada yang diinstal perlu diperbarui atau gagal.
  • Layanan Windows Time : Jika jam Anda tidak sinkron atau dinonaktifkan, yang dapat memengaruhi koneksi internet dan menyebabkan masalah lainnya.

Jika ini semua baik-baik saja, mereka akan ditandai dengan centang hijau. Jika tidak, pemeriksaan kuning akan menunjukkan bahwa Anda dapat mengklik untuk mencari tahu apa masalah spesifiknya dan bagaimana cara memperbaikinya (dengan kemampuan untuk menjalankan pemecah masalah otomatis dalam beberapa kasus).

  Cara Mengatasi Baterai Asus Drop Cepat Habis

Cara Memeriksa Kesehatan Laptop dengan Monitor Kinerja

Utilitas Monitor Kinerja hadir dengan Windows 10/11 dan merupakan alat canggih untuk melacak elemen seperti disk, memori, dan penggunaan jaringan. Anda dapat meluncurkannya dengan melakukan pencarian sistem untuk Performance Monitor.

Anda dapat membuat dua laporan dengan Performance Monitor: System Diagnostics dan System Performance .

Untuk membuat ini:

  • Dari panel sebelah kiri, perluas Kumpulan Pengumpul Data > Sistem .
  • Klik kanan System Diagnostics dan System Performance dan klik Start .
  • Setiap laporan dapat memakan waktu sekitar satu menit untuk diselesaikan. Setelah siap, Anda dapat mengaksesnya melalui Reports > System . Nama laporan berisi tanggal pembuatannya.

Untuk panduan dalam membaca laporan ini dan tips lanjutan lainnya tentang penggunaan utilitas ini, lihat artikel kami tentang cara menggunakan Performance Monitor seperti power user .

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai dengan Studi Tidur

Jika sistem Anda mendukung status tidur, Anda dapat menjalankan laporan untuk menilai kesehatan baterai Anda dan memahami cara penggunaannya. Ini berguna untuk mengidentifikasi aplikasi atau perangkat yang menggunakan banyak daya, mungkin tidak perlu.

Anda dapat menjalankannya di desktop untuk memeriksa siklus daya komputer Anda, tetapi jelas lebih baik digunakan untuk pengguna laptop. Bagi orang-orang tersebut, laporan ini dapat berguna untuk menggambarkan berapa banyak siklus yang telah dilalui baterai Anda , yang berarti berapa kali baterai telah mati hingga terisi penuh.

Untuk memulai, Anda perlu membuka Command Prompt yang ditinggikan. Tekan tombol Windows + X dan klik Command Prompt (Admin) .

Sleep Study tidak ada sebagai utilitas yang dapat diakses di komputer Anda, jadi kami dapat menggunakan perintah untuk membuat file HTML laporan. Untuk melakukannya, masukkan ini ke Command Prompt:

powercfg /SleepStudy /output %USERPROFILE%\Desktop\mysleepstudy.html

Ini akan menampilkan file ke Desktop Anda yang disebut mysleepstudy.html . Jangan ragu untuk menyesuaikan perintah ke jalur file atau nama file yang berbeda.

  Cara Mengatasi FUP Indosat Unlimited

Secara default, Studi Tidur akan mencakup tiga hari terakhir. Untuk menentukan jumlah hari, masukkan perintah berikut, alihkan DAYS untuk angka hingga 28:

powercfg /SleepStudy /output %USERPROFILE%\Desktop\mysleepstudy.html /Duration DAYS

Arahkan ke Desktop Anda dan buka file untuk melihat Laporan Tidur Anda di browser web Anda.

Hasil analisis PC
Hasil analisis PC

Laporan ini memberi Anda informasi tentang mesin dan baterai Anda, bagan pengurasan baterai, dan detail pada setiap sesi siaga. Anda dapat melihat berapa lama setiap sesi berlangsung, energi yang dikonsumsi, dan berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam kondisi daya rendah.

Laporan tersebut mencantumkan lima pelanggar teratas untuk menguras baterai, tetapi menafsirkan ini dengan hati-hati. Penggunaan yang tinggi belum tentu menjadi masalah karena itu tergantung pada apa yang Anda lakukan di sesi itu. Misalnya, jika Anda menginstal pembaruan Windows, memutar musik, atau menghubungkan perangkat Bluetooth, semuanya memerlukan baterai yang cukup.

Cara Mendiagnosis Masalah Windows 10 / 11

Anda tidak perlu menjalankan laporan pemeriksaan kesehatan PC ini setiap saat. Jika Anda mengalami kesalahan yang konsisten atau melihat komputer Anda melambat, mungkin karena perangkat keras Anda gagal, jadi menjalankan laporan ini dapat berguna untuk menentukan masalahnya. Ingat teman-teman artikeloka.com, Keamanan Windows akan secara aktif memberi tahu Anda jika ada masalah kesehatan umum.