Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis

2 min read

Akses internet merupakan salah satu rutinitas sehari-hari setiap pengguna smartphone. Dan saat memeriksa sisa kuota internet, sebagian pengguna sering dibuat heran lantaran kuota data serasa cepat habis padahal speed koneksi sangat lambat.

Terlebih saat digunakan untuk live streaming, akses internet seringkali ngadat ditengah jalan. Terasa sangat mengganggu, dan lebih mejengkelkan lagi karena disisi lain paket internet justru cepat habis. Sesuai pengalaman pribadi, ini berlaku hampir pada sebagian besar operator penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, baik itu Smartfren ataupun Indosat Ooredoo.

Nah, supaya Anda tidak merasakan kejengkelan yang sama dengan saya, berikut ini saya share cara mengatasi paket internet cepat habis agar Anda tidak “dipaksa” mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket data.

3 Cara Mengatasi Kuota Paket Internet Cepat Habis

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kuota data cepat habis. Tentu, saya tidak bisa memberikan solusi 100% karena hal semacam ini sejatinya merupakan tugas kementerian Komunikasi dan Informatika. Sayangnya, sejauh ini mereka serasa sama sekali tidak peduli dengan nasib konsumen yang terus-terusan dibekap koneksi lemot tapi kuota begitu cepat habis.

  Paket Internet GIG Indosat Kecepatan Hingga 1Gbps

Harusnya pemerintah lebih care dengan kualitas dan proporsional layanan yang didapatkan konsumen dengan lebih pro aktif melakukan pengontrolan.

1. Mengatasi Kuota Cepat Habis di Android dengan Memilih Tipe Jaringan

Seperti diketahui, di smartphone Android terdapat menu opsi setelan jaringan (GSM, 3G, 4G LTE, Auto, dsb). Secara teori, speed internet memiliki kecepatan yang lebih baik jika user memilih jaringan 4G LTE. Namun, disisi lain user harus rela kuota datanya cepat habis.

Jadi, solusinya adalah dengan memilih tipe jaringan dibawah 4G, yaitu 3G. Dengan memilih jaringan 3G, Anda bisa menghemat kuota internet Anda.

Cara merubah setelan jaringan di Android:

  1. Masuk ke menu Panggilan
  2. Silahkan input *#*#4636#*#*
  3. Pilih menu Phone information / Informasi telepon
    mengatasi kuota internet cepat habis - phone information
  4. Geser sampai kebagian bawah, lalu pilih tipe jaringan 3G.

Cara kedua:

  1. Masuk ke menu Settings di HP Anda.
  2. Pilih SIM Cards & Mobile networks
  3. Pilih kartu SIM yang Anda gunakan.
  4. Pilih Preferred network type
    mengatasi kuota internet cepat habis - jaringan 3g
  5. Lalu pilih jaringan 3G

Setelah Anda mengaktifkan jaringan 3G di smartphone Anda, kemudian Anda bisa mengamati ukuran konsumsi data di HP Anda. Seharusnya dengan merubah setelan jaringan dari 4G ke 3G dapat menghemat kuota internet, hanya saja kecepatan akses sedikit berkurang.

  Cara Mengatasi FUP Smartfren Unlimited

Untuk mengecek berapa penggunaan data internet di Android, silahkan masuk ke menu Settings >> Data usage. Disitu Anda bisa memonitor berapa rata-rata konsumsi data Anda.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Sebagian besar aplikasi di Android membutuhkan koneksi data untuk bisa berjalan. Meskipun aplikasi tersebut tidak sedang dibuka, aplikasi tersebut tetap menyedot data jika tidak Anda nonaktifkan.

Meskipun ukuran konsumsi data setiap aplikasi relatif kecil, namun jika terlalu banyak aplikasi aktif di smartphone Anda yang masing-masing membutuhkan koneksi internet, maka hal ini jelas dapat membuat kuota data Anda boros.

Silahkan matikan aplikasi yang tidak perlu. Untuk melakukannya, silahkan masuk ke menu Settings >> Installed Apps >> tap aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan akses datanya >> tap Data Usage >> nonaktifkan akses data aplikasi tersebut.

3. Aktifkan Fitur Data Saver saat Browsing

Ketika Anda sedang browsing menggunakan web browser, ada baiknya Anda aktifkan fitur “Data Saver” atau “Penghemat Data” agar tidak boros kuota. Fitur ini bisa dijumpai pada sebagian aplikasi browser seperti Google Chrome.

  Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Buka Internet

Cara mengaktifkan penghemat data di Chrome:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di HP Anda.
  2. Pilih menu Settings / Setelan
  3. Masuk ke bagian Data Saver / Penghemat Data.
  4. Aktifkan fitur Data Saver.

Setelah fitur data saver diaktifkan, nantinya Anda akan mendapati ukuran konsumsi data yang berbeda jika dibandingkan dengan sebelum Anda mengaktifkan fitur ini.

Penutup

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kuota internet cepat habis, dan beberapa diantaranya adalah seperti dijelaskan diatas. Meskipun apa yang diulas diatas tidak memberikan solusi 100 persen, namun setidaknya dapat menghemat kuota data internet Anda.

Anda juga perlu mengecek aplikasi penyedot kuota di ponsel Anda. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, sejumlah aplikasi yang terinstall di HP Anda terus menyedot kuota internet, jadi Anda perlu menonaktifkannya jika tidak terlalu penting.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *