4 Cara Screenshot di Laptop Asus

Cara Screenshot di Laptop Asus

Dalam artikel ini kita akan memberikan panduan tentang cara screenshot di laptop Asus Windows 10 maupun versi Windows 11 dan lainnya yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah.

Selain melakukan screenshot di laptop Asus menggunakan progam bawaan Windows, Anda juga bisa mencoba program aplikasi pihak ketiga yang bisa di download gratis.

Dalam panduan ini, kita akan melihat berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot tampilan layar di laptop ASUS dan menjawab pertanyaan tentang cara screenshot di laptop ASUS.

  • Pintasan keyboard – terbaik untuk pengguna yang ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat secara gratis
  • Snipping Tool – cocok untuk pengguna yang menginginkan solusi tangkapan layar bawaan
  • Windows Snip & Sketch – terbaik untuk pengguna yang menginginkan cara mudah untuk mengambil tangkapan layar yang dapat diedit
  • Steps Recorder – terbaik untuk pengguna yang ingin mengambil banyak tangkapan layar dengan cepat

1. Cara mengambil screenshot di laptop ASUS

Cara ini merupakan metode terbaik untuk pengguna yang ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat secara gratis.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara screenshot di laptop ASUS tanpa mendownload program apa pun atau menginstal alat tambahan apa pun, sebenarnya ada beberapa kombinasi keyboard sederhana yang dapat Anda gunakan.

  Cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di layar HP Xiaomi

Ini adalah salah satu cara screenshot di laptop ASUS yang paling mudah. Anda tidak perlu mengunduh apa pun dan Anda cukup menggunakan keyboard untuk menangkap apa pun yang ada di layar Anda saat itu. Berikut adalah tiga metode khusus keyboard yang berbeda untuk dicoba.

Hanya menggunakan tombol PrtSc

  1. Tekan tombol PrtScr pada keyboard Anda.
  2. Ini akan membuat cuplikan layar Anda dan menyimpannya ke clipboard Anda. Anda kemudian dapat membuka program lain seperti alat pengeditan gambar dan menggunakan Ctrl + V atau klik kanan dan tekan Tempel untuk menempelkan tangkapan layar. Ingatlah untuk tidak menyalin apa pun di antaranya karena ini akan menggantikan tangkapan layar ASUS di clipboard Anda.

Menggunakan tombol Windows + PrtSc

  1. Tekan tombol Windows dan tombol PrtSc secara bersamaan.
  2. Ini secara otomatis akan menyimpan tangkapan layar ke perangkat Anda, serta menyimpannya di clipboard. Anda kemudian dapat menempelkannya ke program lain atau cukup mencari tangkapan layar laptop ASUS yang disimpan di folder Tangkapan Layar Anda.

Menggunakan tombol Alt + PrtSc

  1. Cara screenshot di laptop ASUS menggunakan keyboard yang terakhir adalah dengan menekan Alt + PrtSc secara bersamaan. Metode ini akan menangkap jendela Anda yang sedang aktif, bukan seluruh layar, dan menyimpannya ke clipboard.
  2. Buka program lain dan tempel gambar Anda dari clipboard untuk mengedit atau menyimpannya.

2. Cara screenshot di laptop dengan Snipping Tool

Metode ini sangat sesuai untuk pengguna yang menginginkan solusi tangkapan layar bawaan.

Cara lain untuk mengambil screenshot di perangkat seperti Vivobook atau Zenbook tanpa tombol PrintScreen adalah dengan menggunakan Snipping Tool.

  1. Untuk menemukan Snipping Tool, klik tombol Windows dan ketik Snipping ke dalam kotak pencarian.
  2. Snipping Tool akan muncul di hasil pencarian Anda. Klik untuk membukanya.
  3. Siapkan apa pun yang ingin Anda ambil di tangkapan layar dan gunakan menu tarik-turun Mode untuk memilih mode pengambilan yang ingin Anda gunakan.
  4. Saat Anda siap mengambil tangkapan layar, klik tombol Baru di kiri atas jendela Snipping Tool. Anda kemudian dapat mengklik dan menyeret kotak di sekitar area yang ingin Anda ambil. Setelah Anda melepaskan tombol mouse, tangkapan layar akan diambil dan akan muncul di jendela baru.
  5. Anda kemudian dapat menggunakan fitur pengeditan bawaan Snipping Tool seperti stabilo untuk memberi anotasi pada gambar Anda atau cukup klik tombol Simpan untuk menyimpan tangkapan layar di mana pun Anda inginkan di perangkat Anda, seperti di desktop atau di folder Gambar Anda.
  Cara Daftar Paket Sahur Telkomsel Terbaru & Termurah

3. Cara mengambil screenshot ASUS dengan Windows Snip & Sketch

Pengguna yang menginginkan cara mudah untuk mengambil tangkapan layar yang dapat diedit

Jika Anda bertanya-tanya “bagaimana cara mengambil tangkapan layar di ROG, Zephyrus, Chromebook, atau perangkat lain?”, Windows Snip dan Sketch adalah metode lain yang dapat Anda gunakan.

  1. Untuk menemukan alat ini, buka bilah pencarian dan ketik Snip .
  2. Anda akan melihat Snip & Sketch muncul di daftar hasil pencarian, jadi klik untuk membukanya. Lalu, pilih mode: Anda dapat memilih dari Window Snip , Fullscreen Snip , Rectangular Snip , atau Freeform .
  3. Klik Baru untuk mengambil tangkapan layar Anda dalam mode yang dipilih dan kemudian akan muncul di jendela Snip & Sketch. Anda dapat menggunakan berbagai fungsi untuk menyalin, membagikan, menyimpan, atau mengedit tangkapan layar Anda. Jika Anda ingin mengeditnya, klik ikon Pensil atau Pena untuk menambahkan teks atau klik Pangkas untuk mengubah ukurannya.
  4. Setelah selesai, klik Simpan untuk menyimpan gambar baru Anda di mana saja di laptop atau PC Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 Anda.
  Cara Reset Google Home Mini Secara Mudah

4. Cara screenshot di komputer ASUS

Cara yan ini bagus untuk pengguna yang ingin mengambil banyak tangkapan layar dengan cepat

Gunakan instruksi di bawah ini untuk mempelajari cara mengambil screenshot di laptop ASUS dengan mengklik mouse Anda, dan cara mengatur alat ini sebelum Anda memulai.

  1. Untuk memulai, tekan tombol Windows dan ketik Steps Recorder ke dalam bilah pencarian. Anda juga dapat mengetikkan beberapa huruf pertama dan melihat layar untuk melihat apakah alat Perekam Langkah muncul dalam daftar.
  2. Buka alat Steps Recorder dan klik Start Record di jendela yang muncul. Ini memulai proses perekaman di mana Anda dapat mengklik mouse untuk mengambil tangkapan layar. Setiap kali Anda mengklik mouse, tangkapan layar baru akan diambil dan disimpan, sehingga Anda dapat mengklik di antara jendela yang berbeda atau pada momen yang berbeda saat video atau konten diputar untuk mengambil banyak gambar.
  3. Setelah Anda selesai mengambil tangkapan layar dengan kursor mouse, klik tombol Hentikan Rekam. Setelah Anda melakukan ini, sebuah jendela akan muncul untuk menampilkan semua tangkapan layar yang Anda ambil selama sesi tersebut. Anda kemudian dapat mengklik Simpan untuk menyimpan tangkapan layar ke perangkat Anda.

Ringkasan

Sekarang Anda tahu cara mengambil tangkapan layar di laptop Asus dengan berbagai metode, dan yang paling simple adalah dengan memanfaatkan program bawaan sistem.

Namun, bila Anda ingin tools lainnya, tentu saja Anda juga bisa install program screenshot yang teredia diluarsana. Anda juga dapat memilih yang versi gratis yang memudahkan Anda dalam membuat dan menyimpan tangkapan layar di laptop.

Leave a Reply