Tips Memilih Laptop Gaming Murah Terbaik

Tips Memilih Laptop Gaming Murah Terbaik

Selain untuk menunjang aktivitas pekerjaan, perangkat laptop atau notebook umumnya juga digunakan untuk gaming atau bermain game. Gaming memang salah satu cara untuk melepas kepenatan setelah disibukkan dengan kegiatan pekerjaan sepanjang hari.

Memilih laptop gaming sendiri perlu memperhatikan beberapa hal agar sesuai dengan ukuran kebutuhan atau penggunaan Anda. Umumnya laptop untuk gaming membutuhkan spek yang relatif tinggi karena gaming memerlukan banyak sumber daya, baik itu CPU maupun RAM.

Berikut ini diulas beberapa tips memilih laptop gaming murah terbaik bagi Anda para penyuka gaming PC. Pastikan Anda tidak asal beli karena harga laptop tidaklah murah. Pilihlah tipe laptop yang sesuai dengan keperluan Anda agar tidak menyesal setelah membeli.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Jika sudah menyiapkan dananya, perhatikan beberapa hal berikut ini saat Anda ingin membeli laptop gaming.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk gaming berat? Berikut ini 12 tips memilih laptop gaming dengan kualitas terbaik.

1. Processor

Processor laptop gaming

Prosesor merupakan otaknya laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, maka performanya pun semakin baik. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD.

Jika Anda adalah salah satu pemain game berat dengan durasi panjang, baiknya Anda memilih laptop yang menggunakan prosesor Intel. Karena prosesor ini terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas.

Pada laptop gaming yang dibekali prosesor Intel, pastikan Anda memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ. Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan memainkan game, karena prosesor jenis U biasanya digunakan untuk hal-hal yang ringan.

Adapun minimal prosesor Intel yang dibutuhkan untuk laptop gaming adalah Intel Core i5, dan yang disarankan adalah Intel Core i7. Sementara untuk prosesor AMD, rekomendasinya adalah FX Series dan A10.

  Cara Mengubah Paket Edukasi Menjadi Kuota Utama (Reguler)

Semantara itu, aspek lain yang juga perlu diperhatikan adalah soal kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin kencang pula performanya. Usahakan untuk memilih clock speed CPU 2 GHz keatas.

2. VGA (Video Graphic Adapater)

VGA laptop gaming

Komponen VGA (Video Graphic Adapater) atau yang juga disebut kartu grafis merupakan salah satu bagian terpenting pada perangkat laptop yang benar-benar harus Anda perhatikan jika ingin memilih laptop gaming berkualitas.

VGA akan menentukan kualitas display dan game pada saat Anda mainkan. Seperti diketahui, rerata game saat ini sudah memiliki tampilan yang tajam dan tentu saja perangkat Anda harus sudah dibekali VGA yang bagus.

Setidaknya jenis VGA yang dibutuhkan pada laptop gaming adalah Nvidia GT840. Dan jika budget Anda relatif besar, Anda dapat memilih VGA Nvidia GTX950, GTX960, GTX970 GTX980 atau GTX Series lainnya.

Adapun jika Anda lebih memilih VGA AMD, VGA AMD yang dapat Anda pertimbangkan adalah R9 Series atau R7 230 keatas.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM laptop gaming

Anda mungkin sudah tidak asing dengan komponen PC yang satu ini. RAM juga merupakan salah satu komponen terpenting pada laptop. RAM merupakan salah satu komponen penentu kecepatan sebuah laptop. Jadi, pastikan Anda membeli laptop gaming yang memiliki RAM tinggi – harus diatas 4GB.

Dan jika memungkinkan, usahakan juga untuk memilih laptop gaming yang menyediakan slot RAM tambahan sehingga nantinya Anda dapat menambahkan RAM baru jika memang belum sesuai kebutuhan.

Dalam memilih jenis RAM laptop, usahakan untuk memilih RAM DDR4. Berbagai macam game berat saat ini bahkan membutuhkan dukungan RAM mencapai 8GB, jadi jangan membeli laptop dengan single RAM slot dibawah 4GB jika tidak ingin menyesal dikemudian hari.

4. Hard Disk / SSD

hard disk laptop gaming

Terdapat dua pilihan media penyimpanan pada laptop, yaitu hard disk (hdd) dan solid state drive (ssd). Untuk laptop gaming, sebaiknya Anda memilih media penyimpanan HDD minimal 1TB (1000GB), ini karena umumnya game saat ini membutuhkan storage yang besar.

Beberapa tipe laptop gaming terbaru juga dilengkapi slot untuk menambah hard disk untuk keperluan penambahan kapasitas penyimpanan. Anda juga dapat mempertimbangkan aspek ini saat memilih laptop gaming.

  Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Buka Internet

Sebagai informasi, jika kemudian Anda memilih jenis media penyimpanan SSD, pastikan kapasitasnya besar karena saat ini jenis media penyimpanan SSD umumnya relatif kecil jika dibandingkan hard disk konvensional. Kalaupun memilih SSD, usahakan kapasitasnya tidak kurang dari 500GB.

5. Ukuran Layar

ukuran layar laptop gaming

Layar merupakan salah satu bagian terpenting, terlebih untuk kegunaan gaming. Layar menjadi media visual dari game yang akan Anda mainkan. Untuk pengalaman gaming yang lebih menyenangkan, Anda perlu memilih besaran layar yang tergolong luas.




Namun demikian, setiap game mania memiliki kriteria layar gaming tersendiri yang menurut mereka dirasa pas, jadi untuk hal ini kembali kepada Anda. Adapun untuk ukuran display, sebagian besar gamer memilih laptop dengan ukuran layar 14 inci keatas.

6. Baterai

memilih baterai laptop gaming

Agar tidak mengganggu kenyamanan Anda dalam memainkan game favorit Anda sehari-hari, pertimbangkan untuk memilih laptop gaming yang dilengkapi baterai dengan kapasitas besar.

Perlu diingat juga, life time baterai pada laptop gaming sering menjadi masalah bagi banyak pengguna. Karena laptop gaming berkualitas memiliki spesifikasi tinggi dan bekerja cukup berat, maka umumnya baterai hanya dapat bertahan kurand dari 2-3 jam saat digunakan untuk gaming.

Dengan demikian, maka memilih baterai dengan kapasitas yang relatif besar menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membeli laptop gaming.

7. Keyboard

jenis keyboard untuk laptop gaming

Berbeda dengan keyboard komputer desktop yang dapat Anda beli dengan harga yang sangat murah, keyboard laptop harganya cukup mahal. Sementara disisi lain, gaming akan membuat Anda dengan sesering mungkin menggunakan keyboard. Jadi, Anda perlu memilih jenis keyboard laptop yang kualitasnya bagus aga lebih tahan lama.

Selain itu, pilihlah jenis keyboard laptop gaming yang sudah dilengkapi backlight agar kian memudahkan Anda saat memainkan game kesukaan Anda saat berada di area yang tidak terdapat cahaya.

8. Operating System (OS)

OS Windows untuk laptop gaming

Sebagian besar laptop keluaran baru dilengkapi sistem operasi Windows 10. Dalam hal ini Anda bisa memilih Windows seri 7 keatas, namun jika spek latop gaming yang Anda pilih tidak terlalu gahar, ada baiknya Anda memilih OS Windows 7 karena lebih ringan.

Windows 10 sejatinya menawarkan fitur yang lebih lengkap karena ini merupakan seri Windows terbaru, namun saya tidak merekomendasikan Anda menggunakan Windows 10 jika RAM atau clock speed laptop Anda relatif kecil.

  Paket Malam Smartfren Jam Berapa dan Ketentuannya

9. Kualitas Audio

kualitas audio laptop gaming

Kualitas audio tentu akan menambah kehangatan saat bermain game. Cukup penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan kualitas suara laptop yang akan Anda beli karena suara yang kurang bagus dapat mengganggu kenyamanan Anda selama memainkan game.

Sebelum memilih tipe laptop gaming, sebaiknya Anda tes terlebih dulu kualitas audio laptop tersebut. Namun, sebenarnya ini sifatnya opsional mengingat Anda juga bisa menambahkan speaker eksternal jika memang dirasa perlu.

10. Port

Port laptop gaming

Pertimbangan yang juga tidak kalah penting saat memilih laptop gaming adalah kesediaan port. Untuk gamer, biasanya yang mungkin dibutuhkan adalah USB 3.0 dan HDMI.

Agar sesuai dengan kebutuhan, pilihlah laptop gaming yang setidaknya memiliki 3 buah Port USB tipe 3.0. Dengan tersedianya port dalam jumlah yang banyak, hal ini akan mempermudah Anda untuk menghubungkan perangkat lain dengan laptop Anda.

11. Harga

harga laptop gaming murah terbaik

Setiap konsumen pasti menginginkan harga murah, namun laptop spek tinggi pastinya berharga mahal. Pilihlah laptop gaming murah terbaik (sesuai dengan ukuran budget dan kegunaan Anda). Tidak semua laptop gaming murah performanya dibawah standar, sepanjang Anda pandai dalam memilih, Anda juga bisa mendapatkan laptop gaming murah berkualitas.

Dengan semakin banyaknya produsen laptop seperti sekarang ini, harga dipasaran pun kian kompetitif, jadi Anda bisa berburu laptop murah untuk gaming.

12. Garansi

garansi beli laptop gaming

Dimanapun Anda ingin membeli laptop gaming, pastikan Anda mendapatkan garansi. Sekalipun Anda membeli merk laptop gaming terbaik, yang namanya barang elektronik itu tidak ada jaminan 100%. Tetap saja ada kemungkinan rusak lebih cepat dari perkiraan.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, jangan mengabaikan soal masa garansi. Pilihlah laptop yang dilengkapi garansi minimal 1 tahun. Dan jika toko komputer tempat Anda membeli laptop enggan memberikan garansi, sebaiknya cari toko PC lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop gaming. Sebaiknya beberapa aspek diatas tidak Anda abaikan agar laptop yang Anda dapatkan benar-benar siap mendukung rutinitas gaming Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *