Cara Mengatasi Laptop Windows 11 Lemot

Cara Mengatasi Laptop Windows 11 Lemot

Terdapat berbagai parameter mendasar yang membuat laptop Windows 11 Anda terasa lemot dan sangat mengganggu saat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran maupun yang lainnya.

Jika sebelum ini mayoritas pengguna komputer Windows menggunakan versi Windows 10, kini sebagian besar telah beralih ke Windows 11.

Secara keseluruhan, sepertinya tidak banyak perbedaan diantara kedua versi tersebut.

Kenapa Windows 11 sangat lemot?

Yang menyebabkan laptop dengan OS Windows 11 sangat lambat pastinya disebabkan oleh berbagai faktor.

Windows 11 tidak akan menjadi lemot jika spek laptop Anda relatif tinggi.

Jadi, setidaknya terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab Windows 11 lambat yang antara lain adalah sebagaimana disebutkan dibawah ini:

  • CPU Clock speed rendah
  • Kapasitas RAM terlalu kecil
  • Windows melakukan update otomatis
  • Disk tidak memadai
  • Infeksi virus
  • Sistem terjadi crash
  • Terlalu banyak program aktif

Windows update otomatis merupakan salah satu penyebab paling utama dibalik lambatnya kinerja laptop berbasis Windows 10 maupun Windows 11.

Anda perlu sedikit bersabar ketika sedang terjadi update WIndows. Setelah proses update Windows selesai, laptop Anda akan kembali berjalan secara lancar, terkecuali terdapat penyabab lain yang juga memberikan sumbangsih kinerja lambat secara signifikan.

Update Windows otomatis sebabkan laptop lemot

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab utama Windows 11 lelet. Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, sekarang kita bisa beralih ke bagian cara mengatasi Windows 11 lemot.

  Cara Scan Barcode di Android

Cara Mudah Untuk Mengatasi Laptop Windows 11 Lemot

Dalam membeli laptop, kita memang wajib memikirkan spek dari laptop tersebut, dan jangan hanya tergoda pada bagian casing semata.

Baca: Tips Memilih Laptop Gaming Murah Terbaik

Parameter spsifikasi laptop yang akan Anda beli akan menentukan apakah laptop tersebut dapat bekerja secar lancar atau lebih banyak ngadat, khususnya saat digunakan untuk membuka program yang agak berat.

Nah, tanpa mempersoalkan jenis dan spek laptop Anda yang notabene itulah milik Anda saat ini, berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasi laptop Windows 11 yang seringkali berjalan dengan sangat lambat.

1. Kurangi data/file di drive C

Ingat, sistem Windows itu berada di drive C sehingga Anda perlu menjaga drive tersebut dengan memastikan tidak dalam kondisi full.

Jika Anda melihat data ataupun file seperti foto, video, dsb. di drive C sudah terlalu banyak, sebaiknya Anda pindahkan ke drive D atau drive lainnya.

2. Batasi program aktif

Cara berikutnya untuk mengatasi laptop Windows 11 lemot adalah dengan membatasi program aktif.

  Cara Membuat LED notifikasi di Tepian layar untuk semua Android dan iPhone

Anda mungkin tidak menyadari bahwa di laptop Anda sebenarnya terdapat berbagai program aktif di background. Jadi, sebaiknya dinonaaktifkan saja program tersebut apabila tidak seberapa dibutuhkan.

Bagaimana cara melakukannya?

Silahkan buka Task Manager dengan menekan tombol kombinasi di keyboard: Ctrl+Delete
Perhatikan program apa saja yang paling banyak memakan memory, lalu matikan program tersebut dengan cara klik kanan, lalu pilih End task.

Baca juga: Cara Mengatasi Disk 100% Laptop Windows 10/11

Kemudian, Anda juga bisa masuk ke jendela Settings di Windows, lalu masuk ke bagian Apps, kemudian temukan Startap, lalu pilih untuk menontaktifkan program yang tidak terlalu penting.

Cara lainnya adalah dengan mengetikkan tombol keyboard berupa icon Windows + R, kemudian pada kotak dialog yang muncul silahkan ketikkan services.msc.

Selanjutnya akan muncul jendela baru, disana carilah program yang ingin Anda matikan dan jika sudah ketemu silahkan klik dua kali, lalu pilih Disable pada program tersebut.

3. Hapus instalasi program yang tidak penting

Cara selanjutnya untuk mengatasi Windows 11 lambat adalah dengan menghapus sejumlah program di laptop Anda yang tidak dirasa penting.

  15 Perbedaan Android dan iPhone

Dengan melakukan langkah tersebut, laptop Anda akan memiliki sumberdaya yang lebih besar sehingga tidak akan terjadi laptop hang dan sebagainya.

Cara uninstall program di Windows 11 adalah sebagai berikut:

Silahkan klik pada icon Windows, pilih Settings, kemudian klik pada Apps, pilih Installed apps, lalu klik pada bagian titik tiga horizontal, kemudian pilih Uninstall.

Kesimpulan

Terdapat sekian macam cara untuk mempercepat laptop Windows 11. Namun, parameternya adalah sebagaimana yang telah diulas diatas tadi.

Dan sebagai tambahan, saat ini pabrikan telah men-set laptop baru dengan OS minimal Windows 10.

Masalahnya adalah, banyak laptop dipasaran yang masih menggunakan RAM 2-4GB dengan CPU Clock speed yang sangat rendah, padahal untuk bisa menjalankan Windows 10-Windows 11 secara lancar, setidaknya dibutuhkan RAM 4GB ketas dengan Clock speed minimal 1.6Ghz.

Leave a Reply