Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Menggunakan WA di Laptop (WhatsApp Web)

4 min read

Cara Menggunakan WA di Laptop / Komputer (WhatsApp Web)

Untuk Anda yang dalam sehari-hari sering berinteraksi dengan laptop atau komputer, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan WA di laptop dengan layanan WhatsApp Web.

WhatsApp atau yang juga familiar dengan sebutan WA, merupakan salah satu aplikasi sosial messaging dengan jumlah pengguna paling banyak.

Dibanding aplikasi sejenis lainnya, saat ini WhatsApp bahkan telah digunakan lebih dari satu miliar orang diseluruh dunia. Sebuah fakta yang sangat fenomenal.

Seiring dengan kecenderungan masyarakat pada aplikasi yang dimiliki Facebook ini, kini WhatsApp tidak hanya dapat digunakan melalui perangkat smartphone, tapi juga dapat diakses dari laptop atau PC.

Baca juga: Cara Membuat WA Centang 1 Meski Pesan Sudah Dibaca

Sekarang pengguna WA juga bisa menggunakan WA di laptop atau komputer. Jadi, jika dalam sehari-hari Anda sering berinteraksi dengan PC, maka Anda dapat menggunakan WhatsApp Web di komputer.

Cara menggunakan WA di laptop sangatlah mudah. Dan bagi kalian yang mungkin saja masih membutuhkan panduan cara install WhatsApp di laptop, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorialnya untuk Anda.

Langkah-langkah cara menggunakan WhatsApp Web cukup mudah, hanya dalam beberapa menit Anda akan segera bisa menggunakan WA di laptop Anda.

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop & Komputer

Apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk dapat mengakses WA di laptop? Berita baiknya tidak ada persyaratan khusus yang berpotensi merepotkan. Anda dapat mengakses WhatsApp lewat PC cukup dengan dua modal, yaitu laptop atau komputer dan paket data.

Untuk jenis PC-nya bisa menggunakan PC spek apapun, begitu juga dengan jenis paket datanya. Intinya, semakin tinggi spek PC Anda, maka semakin bagus pula. Pun begitu dengan jenis paket data yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan paket internet non-unlimited, maka kecepatan aksesnya juga akan semakin lebih cepat.

  Kode Rahasia Paket Murah Indosat Promo 50 GB

Baca juga: Cara Sadap No HP Jarak Jauh

Berikut langkah-langkah untuk membuka chattingan WhatsApp lewat laptop atau komputer di rumah dan dikantor:

Step #1 – Silahkan buka laptop Anda lalu bukalah web browser, kemudian silahkan akses URL berikut: web.whatsapp.com, selanjutnya layar laptop Anda akan menampilkan sebuah QR code (kode pemindai). Kemudian, silahkan dibuka aplikasi WhatsApp di perangkat yang Anda gunakan dan ingin Anda hubungkan ke laptop agar bisa chatting lewat laptop Anda.

Step #2 – Jika Anda sudah membuka WhatsApp di perangkat Anda, lalu silahkan klik icon tiga titik horizontal yang lataknya ada di pojok atas layar agar dapat membuka menu options, kemudian pilihlah menu WhatsApp Web.

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop
Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Step #3 – Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan menu seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Anda akan diminta untuk membuka web dari WhatsApp yang tadi sudah Anda buka lewat laptop pada step #1 tadi. Silahkan Anda klik OK untuk melanjutkan prosesnya.

Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer
Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer

Step #4 – Kemudian aplikasi akan menyalakan kamera yang mana fungsinya adalah sebagai QR scanner (pemindai). Silahkan Anda arahkan lensa kamera ke layar laptop yang sudah menunjukkan QR code tadi.

Cara Menggunakan WhatsApp Web
Cara Menggunakan WhatsApp Web

Step #5 – Jika telah selesai, kemudian web WhatsApp yang Anda buka di laptop akan melakukan sinkronisasi chat pada aplikasi WhatsApp yang terpasang di perangkat yang Anda gunakan untuk scan tadi. Apabila sudah, maka itu berarti Anda sudah bisa mulai membuka pesan di WA serta membalas chat WA lewat laptop.

Dan untuk penggunaan WhatsApp di laptop berikutnya, sepanjang Anda masih menggunakan laptop dan web browser yang sama, Anda tidak perlu mengulangi proses diatas karena di laptop Anda akan secara otomatis menampilkan chat WA tanpa perlu melakukan scan terlebih dulu.

  Cara Mengubah Paket Ilmupedia Menjadi Kuota Flash

Bagaimana, sangat mudah bukan? Dengan memilih opsi diatas, Anda dapat membuka chat WA lewat PC hanya dengan lima langkah.

Nah, kabar menyenangkannya lagi, cara membuka WhatsApp lewat komputer tidak hanya dengan metode diatas. Masih ada alternatif lainnya yang mungkin Anda tertarik untuk mencobanya.

Baca juga: Cara Hack WA dengan Atau Tanpa Nomor

Cara Membuka WA di Laptop dengan WhatsApp Desktop (Microsoft Store)

Cara Membuka WA di Laptop dengan WhatsApp Desktop
Cara Membuka WA di Laptop dengan WhatsApp Desktop

Anda juga dapat membuka chat di WhatsApp lewat PC menggunakan WhatsApp Deskstop yang disediakan oleh Microsoft Store.

Untuk kalian para pengguna OS Windows 10, sepertinya ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp Desktop yang disiapkan oleh Microsoft Store.

Kenapa perlu dipertimbangkan?

Seperti diketahui, native app dari OS Windows 10 biasanya lebih ringan, dan sudah terbukti memang lebih ringan.

Untuk mulai menggunakannya, silahkan Anda install dengan membuka Microsoft Store, kemudian cari “WhatsApp Desktop”. Silahkan Anda install seperti biasa. Dan untuk login caranya adalah kurang-lebih seperti yang dijelaskan pada pilihan membuka WA di laptop no. 1.

Cara Buka Chat WA di Laptop dengan Aplikasi WhatsApp Desktop

Jika masih belum cukup dengan dua pilihan sebelumnya, Anda juga bisa membuka chat WA di laptop menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop.

Anda hanya perlu memasang aplikasi WhatsApp Desktop di laptop Anda. Jika memilih cara yang ini, Anda tidak perlu login setiap kali ingin membuka aplikasi seperti pada WhatsApp Web. Hanya perlu login sekali dan untuk selanjutnya Anda dapat login secara otomatis sepanjang ponsel yang terinstall WhatsApp dalam kondisi on.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuka WhatsApp di laptop dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop:

  • Pertama, silahkan Anda dowload aplikasinya melalui tautan ini: www.whatsapp.com/download/
  • Selanjutnya install aplikasi tersebut. Jika sudah selesai menginstall, jalankan aplikasi tersebut dan nantinya akan muncul halaman barcode.
  • Di perangkat ponsel, bukalah aplikasi WhatsApp kemudian tap pada menu tiga titik horizontal.
  • Lalu pilih WhatsApp Web, lalu tap pada icon +.
  • Selanjutnya kamera scanner akan muncul, silahkan Anda arahkan pada barcode pada aplikasi.
  • Kemudian WhatsApp akan login secara otomatis.
  Cara Mengubah Kuota Malam Smartfren Menjadi Reguler

Supaya WA di perangkat laptop tetap dalam keadaan login Anda perlu mengaktifkan fitur Keep me signed in sebelum melakukan scan barcode.

Cara Buka Chat WA di Laptop dengan Aplikasi WhatsApp Desktop
Cara Buka Chat WA di Laptop dengan Aplikasi WhatsApp Desktop

Selesai – Anda sudah bisa membuka chat WA semau Anda menggunakan laptop. Anda bisa mencobanyak sekarang.

Mengapa Perlu Mengakses WhatsApp Web?

Smartphone merupakan jenis gawai yang sangat mendukung pengguna dengan tingkat mobilitas tinggi. Tentu saja, karena dengan bentuknya yang cukup kecil, smartphone bisa dibawa kemana-mana oleh penggunanya. Berbeda halnya jika Anda mengandalkan laptop saja, tentu Anda tidak dapat memasukkannya ke kantong celana.

Namun, bagi pengguna WhatsApp yang dalam sehari-hari mereka berhadapan dengan komputer, tentu menggunakan WhatsApp dengan komputer bisa menjadi alternatif. Misalkan Anda tidak bisa lepas dari komputer, dan disisi yang lain Anda juga perlu membuka WhatsApp, maka ketika Anda dapat membuka WA lewat komputer tentunya akan lebih memudahkan Anda.

Dan berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memasang WhatsApp di laptop dirasa perlu bagi sebagian orang:

  • Bisa membuka WA tanpa harus menggenggam smartphone.
  • Sambil mengoperasikan komputer pengguna juga bisa membuka chat WhatsApp.
  • Sebagian orang membutuhkan chat menggunakan perangkat komputer.
  • Cara menggunakan WA lewat komputer sangat mudah.
  • Tidak ada perangkat tambahan apapun untuk menggunakan WA lewat komputer, dll.

Rekomendasi: Cara Mengembalikan Pesan Chat Terhapus di WhatsApp

Penutup

WhatsApp merupakan aplikasi pesan dengan fitur multimedia yang cukup lengkap yang telah digunakan sebagian besar pengguna smartphone, baik itu yang berbasis Android maupun iOS.

Jika memang dirasa perlu, Anda diberikan pilihan untuk menggunakan WhatsApp melalui perangkat komputer sehingga Anda tidak harus mengandalkan smartphone saja ketika ingin mengakses WhatsApp.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *