Penyebab Utama Laptop Windows 10 Lemot

Laptop dengan OS Windows 10 atau Windows 11 acapkali terasa sangat lambat saat digunakan. Ada beberapa penyebab laptop Windows 10 lemot yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Untuk laptop dengan spec hardware kelas menengah-atas, tidak ada masalah dengan beban Windows 10 yang cukup berat. Namun, untuk PC dengan spesifikasi rendah atau bahkan pas-pasan, pengguna akan sangat merasakan kendala loading lambat saat mengoperasikan laptop miliknya.

Idealnya kita membutuhkan sebuah perangkat laptop dengan spesifikasi hardware CPU Clock-speed diatas 2Ghz, RAM minimal 8GB. Dengan spesifikasi tersebut, umumnya kita sudah bisa menggunakan laptop secara lancar walau hal tersebut tentunya juga bergantung pada jenis program yang kita buka.

Kenapa Laptop Windows 10 Sangat Lemot?

Untuk menjawab pertanyaan kenapa laptop Windows 11 lemot, maka jawaban singkatnya adalah karena spesifikasi hardware seperti RAM dan CPU Clock-speed cukup kecil.

  Cara Mudah Menghapus Cache DNS di Android

Namun, tentunya ada sejumlah hal yang juga menjadi penyebab lain dari penyebab laptop Windows 10 lambat yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Terjadi Update Windows

Setiap laptop keluaran terbaru dengan sistem operasi Windows saat ini telah dilengkapi fitur update Windows otomatis. Ketika system sedang melakukan update, maka akan banyak resources yang diperlukan sehingga membuat laptop Anda hang atau macet karena minimnya resources pada laptop Anda.

Anda bisa perhatikan gambar screenshot dibawah ini, terlihat dengan jelas dalam program Task Manager pada kolom CPU terlihat bahwa resources CPU telah mencapai 100% karena tersita untuk alokasi update Windows.

windows CPU mencapai 100%
Task Manager Windows CPU 100%

Jika situasinya karena Windows sedang melakukan update, maka Anda perlu menunggu sampai proses update Windows tersebut selesai sehingga nantinya laptop akan bekerja dengan normal lagi.

Sebenarnya terdapat juga cara untuk menonaktifkan update Windows otomatis, namun itu juga bukan solusi yang efektif untuk mengatasi laptop Windows 10 lemot karena update otomatis. Jadi, Anda perlu sedikit bersabar sampai update selesai.

  4 Cara Membuka Kunci Pola HP Android yang Lupa

2. Membuka Program Berat

Beberapa program di laptop Anda mungkin membutuhkan sumberdaya yang cukup besar yang menyebabkan sumberdaya CPU mencapai batasnya. Jika hal ini terjadi, maka sudah pasti laptop akan macet.

Program aplikasi di komputer yang umumnya sangat berat dan membutuhkan RAM besar antara lain adalah program video editing, software desain rumah, games berat, dan sebagainya.

Jadi, sebaiknya batasi penggunaan aplikasi berat jika spesifikasi laptop Windows 11 milik Anda relatif terbatas. Tidak bisa dipaksakan, kecuali Anda mau melakukan upgrade perangkat keras agar dapat meningkatkan performa laptop tersebut.

3. Terlalu Banyak Program Aktif

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa program tertentu dapat memakan semua resources CPU Anda. Pun demikian ketika Anda membuka program yang terlalu banyak dalam waktu bersamaan tentunya juga akan memicu laptop Anda menjadi lambat hingga hang.

Usahakan untuk membuka progam aplikasi di laptop Anda hanya yang dirasa perlu saja. Dengan begitu, potensi laptop menjadi macet saat sedang digunakan menjadi berkurang.

  8 Cara Mengatasi Google Maps Error Tidak Bisa Dibuka

Kesimpulan

Diluar tiga hal penyebab laptop Windows 10 lempot yang diuraikan diatas, pada intinya penyebab utamanya adalah karena spesifikasi hardware laptop Anda relatif kecil dan belum memenuhi standar kebutuhan karena seperti diketahui bahwa Windows 10 dan Windows 11 itu membutuhkan resources yang besar.

Kinerja laptop lemot tersebut akan semakin terasa ketika sedang terjadi update OS Windows. Dalam kondisi ini, Anda perlu sedikit bersabar sampai proses update Windows selesai. Setelah itu, laptop akan kembali normal.