Tips Memilih Warna Cat Rumah: Yang Bagus Warna Apa Saja?

Memilih Warna Cat Rumah

Pada saat kita ingin mengecat rumah kita yang indah, kita kemudian bingung warna apa yang terbaik untuknya. Nah pada artikel kali ini artikeloka.com akan berbagi kepada anda semua bagaimana cara memilih warna cat yang bagus untuk mengecat rumah anda.

Di luar sana ada banyak merk cat seperti Nippon paint, No Drop, Dulux, Avian, dan masih banyak lagi. Merk apa pun yang ingin Anda pilih, yang penting adalah memilih warna cat yang tepat untuk rumah idaman Anda.

Anda pasti ingin mengecat kamar tidur, kamar tamu, kamar mandi, dll. Jika Anda bisa memadukan warna-warna yang bagus untuk rumah Anda, maka akan terlihat sempurna.

Tampaknya seperti sebuah tugas besar untuk memilih warna cat untuk rumah. Terutama jika Anda pernah menghabiskan waktu berjam-jam menggulung cat ke dinding, hanya untuk menyadari bahwa warnanya tidak tepat sama sekali.

Saya sering berkata, “ah.. kan cuma cat” dan bisa dicat ulang. Namun saya merasakan kekesalan Anda karena waktu dan uang hilang karena saya juga telah memilih warna cat yang salah sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara memilih warna cat yang tepat layaknya seorang profesional?

Dengan mempelajari satu kesalahan umum yang dilakukan hampir semua orang, ditambah beberapa trik desainer tentang cara memilih warna cat untuk interior rumah Anda.

Saya telah belajar bagaimana menghindari kesalahan warna cat dan hari ini saya ingin berbagi tips warna cat terbaik dengan Anda. Sehingga Anda bisa dengan percaya diri memilih warna cat untuk rumah Anda.

Pada postingan ini, Anda akan mempelajari cara memilih warna cat untuk interior rumah Anda, antara lain:

  • ruang tamu
  • kamar tidur
  • kamar mandi
  • dapur

7 Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah

Berikut ini 7 parameter yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memilih warna cat yang tepat untuk rumah Anda.

1. Jangan Pilih Cat Dulu

Saya tahu terkadang sepertinya Anda harus memilih warna cat terlebih dahulu karena dinding yang dicat menempati sebagian besar ruang dekorasi di rumah Anda.

Namun jauh lebih mudah memilih salah satu dari ribuan warna cat untuk dipadukan dengan dekorasi Anda yang lain daripada menemukan dekorasi yang cocok dengan warna cat.

  Daftar Paket Bundling iPhone 14 Terbaru

2. Gunakan Karya Inspirasi

Lalu, jika Anda tidak memilih warna cat terlebih dahulu, apa yang Anda lakukan?

Nah, Anda menggunakan karya inspirasi untuk menggambar warna Anda.

Dalam Cara Membuat Palet Warna Seluruh Rumah , saya telah memberi tahu Anda bahwa kiat terbaik untuk memilih warna – termasuk warna cat – adalah dengan menariknya dari sofa multi-warna, seprai, karya seni, atau bahkan karya seni. kain yang Anda sukai.

3. Gunakan Warna Netral untuk Dinding

Jika Anda menyukai warna, Anda mungkin ingin menggunakan warna-warna cerah dan berani di dinding Anda.

Namun, bagi kebanyakan dari kita, yang terbaik adalah menjaga dinding tetap netral dan menggunakan warna-warna berani untuk aksen dan aksesori.

Saya merekomendasikan menggunakan dinding netral karena beberapa alasan:

  • Jika dinding Anda netral, perhatian Anda tertuju pada furnitur dan aksen, bukan pada dinding. Itu pasti yang Anda inginkan!
  • Jika dinding Anda netral, Anda dapat dengan mudah mengganti aksen jika Anda berubah pikiran tentang warna yang Anda suka. Itu memang terjadi!
  • Dinding berwarna netral juga memudahkan Anda mengganti dekorasi sesuai musim, atau bahkan sekadar menambahkan sentuhan liburan dan musiman.
  • Dinding netral dengan warna sedang cocok untuk keluarga karena dapat menyembunyikan lecet dan kotoran dengan cukup baik.

4. Pahami Nada Dasar

Alasan mengapa dinding Anda mungkin tidak terlihat seperti yang Anda bayangkan setelah mengecatnya adalah karena semua warna cat terdiri dari warna lain dan memiliki sesuatu yang disebut rona dasar yang hangat atau sejuk.

  • Warna cat yang hangat akan memiliki warna dasar (undertone) dari warna yang hangat, misalnya kuning atau merah.
  • Warna cat yang sejuk akan memiliki warna dasar (undertone) warna yang sejuk, seperti biru, hijau, atau abu-abu.

5. Test & Uji Di Rumah Dengan Pencahayaan Akurat

Setelah Anda memilih beberapa kemungkinan warna cat, ambil contoh cat terbesar yang dimiliki toko Anda dan bawa pulang. Atau dapatkan penguji berukuran sampel dan catlah pada papan bristol sehingga Anda dapat memindahkannya ke sekitar ruangan Anda.

Lihatlah sampel besar dalam berbagai jenis cahaya, pada waktu berbeda dalam sehari, di berbagai bagian ruangan. Lihatlah mereka di samping sofa, permadani, dan karya seni.

Pencahayaan akan memengaruhi tampilan warna cat di rumah Anda, dan bahkan mungkin membuat warna yang sama terlihat berbeda di satu ruangan dibandingkan ruangan lainnya. Semakin besar contohnya, semakin mudah menentukan warna cat mana yang paling cocok untuk ruangan Anda.

  • Kamar yang menghadap ke selatan cenderung memiliki cahaya yang sedikit lebih hangat, karena sinar matahari masuk sepanjang hari. Artinya, pencahayaan alami akan berupa cahaya kuning-putih dan mungkin menghilangkan sedikit warna. Meski begitu, sebagian besar warna cat dapat digunakan di ruangan dengan pencahayaan selatan, namun warna yang lebih sejuk mungkin lebih disukai untuk menyeimbangkan pencahayaan yang lebih kuning.
  • Kamar yang menghadap ke utara akan memiliki pencahayaan alami yang lebih sejuk, biru, atau abu-abu. Untuk ruangan ini, Anda dapat menggunakan warna yang sejuk, namun warnanya mungkin tampak lebih sejuk dan biru keabu-abuan serta dingin dibandingkan ruangan lain. Warna cat yang hangat lebih disukai di ruangan dengan paparan utara.
  • Kamar yang menghadap ke timur dan barat akan memiliki pencahayaan yang hangat atau sejuk, tergantung waktu. Jadi, Anda bisa menggunakan warna cat hangat atau sejuk di ruangan dengan eksposur timur dan barat.
  Ini Video Viral TKW Tiktok yang Lagi Ramai

6. Pilih Jenis Cat yang Tepat – Cat Berkilau

Hal lain yang mempengaruhi tampilan warna cat Anda adalah kilaunya. Secara umum, semakin tinggi kilaunya, semakin mudah untuk menjaga kebersihannya.

Sayangnya, semakin tinggi kemilaunya, maka akan semakin terlihat ketidaksempurnaan pada suatu ruang. Jadi, jika Anda mencoba menyembunyikan kekurangan apa pun pada dinding Anda, gunakan warna yang lebih rendah.

  • Gloss akan sangat mudah dibersihkan dan mudah dibersihkan, namun terlalu mengkilat untuk dinding. Gloss cocok untuk alas tiang, trim, dan terkadang lemari.
  • Semi-gloss akan mudah dibersihkan, dengan kilap yang jauh lebih sedikit, meskipun tidak bagus untuk dinding di ruangan besar. Semi-gloss sangat bagus untuk trim, lemari, dan area dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi.
  • Saya menyarankan lapisan satin untuk digunakan pada dinding di area dengan lalu lintas tinggi seperti lorong dan kamar anak-anak. Cat finishing satin juga bagus untuk kamar mandi karena bisa dilap.
  • Kulit telur akan sedikit lebih tahan lama dibandingkan cat datar atau matte, jadi pilihlah cat tersebut untuk ruangan yang sering dilalui lalu lintas dan mungkin sedikit disalahgunakan, seperti ruang keluarga atau ruang makan.
  • Flat atau matte paling baik digunakan di ruangan yang dindingnya tidak banyak disentuh, seperti kamar tidur utama.

7. Buat Palet Warna Seluruh Rumah

Meskipun Anda tidak ingin mengecat seluruh interior rumah Anda dengan satu warna, jika Anda menginginkan aliran yang kohesif di rumah, Anda sebenarnya tidak ingin memilih warna cat secara terpisah atau satu ruangan pada satu waktu tanpa rencana juga.

Anda memerlukan palet warna seluruh rumah . Palet warna seluruh rumah akan memberi Anda pedoman untuk keseluruhan warna di rumah Anda sekaligus memberi Anda kreativitas untuk menggunakan warna-warna tersebut dengan cara berbeda di ruangan berbeda.

Misalnya saja di rumah kita, kita mempunyai nuansa warna putih, abu-abu, dan hitam.

Namun kami menggunakan warna-warna tersebut dalam proporsi yang berbeda-beda di setiap ruangan.

Berapa Banyak Warna Cat yang Harus Ada dalam Sebuah Rumah?

Ya, itu tergantung. Ide umum skema warna seluruh rumah adalah memiliki:

  • 1 putih,
  • 1 netral,
  • dan 3 warna lainnya
  • (ditambah kayu dan logam)

Itu tidak harus berupa warna cat, melainkan warna pada umumnya. Jadi, total besarnya adalah 5 warna, meskipun Anda juga dapat memiliki corak dan corak warna utama sebagai warna cat.

(Kamar anak-anak tidak harus disertakan dalam seluruh skema warna rumah Anda, karena kamar tersebut cenderung lebih cerah/berwarna dan sering kali didasarkan pada temanya sendiri.)

  Link Nonton Film Operation Fortune (2023) Sub Indo Full Movie

Apa Warna Cat Terbaik untuk Ruang Tamu Kecil?

Warna cat terbaik untuk ruangan kecil (ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur) adalah yang membuatnya terasa lebih besar dan terbuka.

Warna-warna yang lebih terang cenderung membuat ruangan tampak lebih besar karena warna-warna tersebut tampak semakin menjauh dari Anda dalam pikiran Anda.

Jadi, pertimbangkan warna putih, krem, abu-abu muda, atau bahkan versi lebih terang dari warna favorit Anda seperti hijau atau biru. Anda benar-benar dapat melanggar pedoman ini untuk ruangan kecil seperti kamar mandi!

Sebaliknya, jika Anda ingin membuat ruangan yang luas terasa lebih nyaman, coba gunakan warna-warna hangat dan gelap.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Memilih Warna Cat

Jadi, sekarang setelah Anda mengetahui trik desainer terbaik dalam memilih warna cat, ada satu hal lagi yang perlu Anda ketahui. Sesuatu yang tidak seharusnya Anda lakukan. Hal ini sangat penting sehingga saya ingin Anda berjanji bahwa Anda tidak akan pernah melakukan ini lagi.

Ada cerita familiar yang selalu saya dengar sepanjang waktu. Seseorang pergi ke toko cat ingin membeli cat untuk perombakan ruangan DIY akhir pekan yang rencananya akan dimulai pada hari berikutnya.

Mereka memiliki gambaran umum tentang warna apa yang mereka inginkan (biru, hijau, merah, kuning), namun mereka tidak yakin dengan warna catnya. Jadi, mereka berbaris cat untuk melihat serpihan cat.

Setelah beberapa kali mempertimbangkan dan memikirkan semua pilihan, mereka memilih warna yang mereka sukai dan mencampurkan satu atau dua galon. Mereka sangat bersemangat untuk mengecat dinding itu.

tapi,

Ketika mereka sampai di rumah dan mulai mengecat, catnya tidak terlihat seperti di toko. Ada yang tidak beres.

Ada alasannya, mereka melanggar aturan terbesar yang HARUS Anda ikuti saat memilih warna cat.

Ingin tahu satu hal yang JANGAN PERNAH Anda lakukan saat memilih warna cat?

Sebaiknya memilih warca cat jangan dilaukan di toko cat, karena cat terdiri dari berbagai warna, yang menciptakan rona dasar, yang terlihat berbeda dalam kondisi pencahayaan berbeda.

Kesimpulan dalam Memilih Warna Cat yang Tepat

  • Bawalah contoh cat ke rumah Anda . Rekatkan sampel ke dinding. Atau belilah contoh pot dan cobalah beberapa warna pada dinding ruangan yang ingin Anda cat.
  • Kemudian tempatkan beberapa aksen (lantai jika belum dipasang, furnitur, bantal, dll.) dan/atau karya inspirasi Anda di dalam ruangan.
  • Sekarang lihatlah cat dalam pencahayaan yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari .
  • Dengan mempertimbangkan skema warna seluruh rumah Anda , pilih warna cat yang paling cocok dengan ruangan dengan aksen dan pencahayaan sebenarnya.

Demikian, semoga masukan ini berguna bagi Anda yang mungkin sebelum ini masih bingung memilih warna cat paling sesuai untuk rumah Anda.

Leave a Reply