Cara Nonaktifkan Google Assistant dengan Mudah

Cara mematikan Google Assistan [tomsguide]

Artikeloka.com – Cara mematikan Google Assistant sangat mudah. Sebagian besar pengguna Android mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mematikan Google Assistant.

Google Assistant sendiri merupakan asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google, yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Tidak seperti Google Now, Google Assistant dapat terlibat dalam percakapan dua arah.

Anda pun terkadang tak sengaja memicu asisten suara bawaan. Asisten Google muncul saat anda mengucapkan frasa tertentu dalam percakapan, atau menanggapi sesuatu yang dikatakan seseorang di acara TV atau iklan.

Meskipun fitur ini tidak diragukan lagi berguna, tawarannya untuk membantu pada saat yang tidak tepat terbukti sangat mengganggu. Tapi jangan khawatir, berikut ini terdapat cara mematikan Google Assistant.

Berikut adalah cara mematikan Asisten Google di ponsel atau tablet Android anda, atau speaker pintar Google Home atau Nest anda, untuk mencegah fitur tersebut mengganggu anda seperti dilansir dari Toms Guide, Jumat (11/11/2022).

  One Piece: Ibu Luffy Jadi Main Character, Pegang Rahasia Pemerintah Dunia?

Cara mematikan Asisten Google di ponsel Android

  1.  Buka aplikasi Google di ponsel (atau tablet) Android anda. Ketuk ikon profil anda di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan. Jika anda tidak melihat opsi ini, ketuk tombol Lainnya tiga titik di sudut layar anda, dan pilih pengaturan di sana.
  2. Saat layar Pengaturan terbuka, ketuk opsi “Asisten Google”. Anda akan menemukan ini sekitar setengah daftar.

3. Pada beberapa ponsel Android, anda sekarang dapat menonaktifkan Google Assistant hanya dengan mematikan sakelar di sebelah opsi itu.

4. Jika anda tidak melihat opsi ini, geser ke bawah ke “Perangkat Asisten” (atau Perangkat di beberapa ponsel), ketuk Telepon dan matikan Google Assistant  menggunakan sakelar di sana.

5. Beberapa ponsel Android, seperti model Motorola terbaru, memiliki Google Assistant yang terpasang di firmware mereka, yang berarti tidak dapat dinonaktifkan menggunakan metode di atas.

Jika anda tidak melihat tombol yang disebutkan di langkah 3 dan 4, geser ke bawah ke bagian “Semua Setelan” di layar setelan Google Assistant. Ketuk Umum dan matikan Google Assistant di sana.

  One Piece: Kaido Pernah Ajak Roronoa Zoro Gabung Bersama Kelompoknya

Ketuk “Matikan” untuk mengonfirmasi bahwa anda ingin menonaktifkan fitur tersebut sepenuhnya.

Cara mematikan Google Assistant di speaker Google Home

Anda tidak dapat mematikan Google Assistant di speaker Google Home atau Nest, tetapi anda dapat membisukan mikrofon agar Google tidak mendengarkan anda.

  • Tekan tombol mikrofon pada speaker anda untuk menghidupkan dan mematikannya.

Anda akan menemukan tombol ini di bagian belakang speaker Google Home dan Google Nest, dan di samping kabel daya di Google Home Mini/Google Nest Mini.

Itulah cara mematikan Google Assistant di ponsel Android yang dapat anda coba. Selamat mencoba!