Penyebab HP Android Tidak Bisa di Cas dan Cara Mengatasinya

penyebab hp tidak bisa di cas

Permasalahan pada HP bisa muncul sewaktu-waktu, khususnya jika HP terseut sudah relatif berusia atau sudah digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama, salah satunya adalah HP tidak bisa dicas.

Untuk mengatasi HP tidak bisa dicas ada beberapa langkah yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan kemungkinan penyebabnya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab HP Android dicas tidak masuk serta cara memperbaiki masalah tersebut.

HP Android tidak mengisi baterai saat dicas bisa dikarenakan hal yang sepeleh dan bisa juga karena adanya kerusakan komponen. Jika yang terjadi karena kerusakan komponen, maka solusinya adalah dengan menggantinya.

Beberapa Penyebab HP Android Tidak Bisa di Cas dan Cara Mengatasinya

Anda dapat memulai dengan langkah-langkah yang sederhana untuk mengidentifikasi penyebab HP tidak bisa di charge serta cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan.

  Cara Sadap No HP yang Paling Mudah

1. Cek Kondisi Kabel Charger

HP yang tidak mengisi daya bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi kabel adalah salah satu hal pertama yang harus diperiksa. Apalagi jika aksesori tersebut sudah digunakan sangat lama, mungkin sejak ponsel tersebut dibeli.

Periksa kabel cas HP Android atau iPhone Anda secara menyeluruh dan lihat apakah ada tanda-tanda kerusakan yang jelas. Robekan, bengkok, terpotong, atau kerusakan umum apa pun akan menjadi penyebab utama kerusakan kabel.

Selain itu, coba isi daya perangkat lain dengan perangkat tersebut dan lihat apakah perangkat tersebut berfungsi. Jika ya, masalahnya mungkin pada perangkatnya. Anda juga dapat mencoba menggunakan kabel lain untuk melihat apakah kabel tersebut dapat mengisi daya baterai dengan normal.

2. Cek Adaptor Charger

Tentu saja adaptor charger HP sama pentingnya dengan kabelnya. Periksa apakah ada indikasi kerusakan pada bagian adaptor. Retakan atau stopkontak yang bengkok adalah tanda ada masalah. Demikian pula, coba gunakan dengan perangkat lain dan ganti dengan perangkat lain untuk melihat apakah ini masalahnya.

  8 Cara Mengatasi PlayStore Tidak Bisa Download

Baca juga:

3. Periksa Lobang Colokan Charging di HP

Masalahnya bisa jadi sesuatu yang sederhana seperti port yang kotor. Jadi, silahkan cek dan periksa apakah ada kotoran pada port HP Anda. Anda dapat mencoba membersihkan port pengisian daya dengan sikat atau alat pembersih yang relevan.

Jika Anda kesulitan menjangkau port USB-C, sesuatu yang kecil dan tipis, seperti tusuk gigi, juga bisa digunakan. Anda bisa dengan hati-hati membersihkan debu atau kotoran dibagian dalamnyauntuk dapat menghilangkan kotoran yang menempel.

4. Coba Colokan Listrik Lain

Colokkan perangkat elektronik lain ke stopkontak yang sama dengan tempat Anda mencoba mengisi daya ponsel dan lihat apakah berfungsi. Terkadang, stopkontak rusak, atau ada bagian rumah Anda yang mengalami masalah listrik. Selain itu, beberapa sumber listrik mungkin lemah.

Mereka yang mencoba mengisi daya menggunakan port USB di komputer atau soket ekstensi mungkin tidak mendapatkan daya yang dibutuhkan smartphone untuk mengisi daya dengan benar. Pindah ke stopkontak biasa dan lihat apakah hal tersebut menghilangkan masalah HP tidak bisa di cas yang Anda alami.

  Cara Mengatasi Your Device Ran into a Problem and Needs to Restart

5. Terjadi Kerusakan Pada IC Charger

IC charger adalah salah satu bagian terpenting dalam komponen HP. Fungsi IC charger adalah sebagai media penghantar arus listrik dari kabel charger ke baterai untuk proses pengisian daya. Ketika terjadi kerusakan pada IC charger, maka tentunya akan mempengaruhi pola charging ponsel Anda.