Cara Mengatasi Aplikasi tidak Terinstal di Android

Cara Mengatasi Aplikasi tidak Terinstal di Android

Anda mungkin penasaran penyebab aplikasi tidak terpasang di Android. Berikut ini diulas lengkap mengenai penyebab serta beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di Android.

Saat mencoba memasang aplikasi dari file APK, pengguna Android mungkin pernah melihat munculnya pesan “Aplikasi tidak Terpasang”. Anda mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi dan game favorit perangkat Anda karena masalah ini. Tapi tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatasi masalah aplikasi tidak terinstal di Android dengan beberapa langkah mudah.

Dalam postingan ini, kami akan menjelaskan penyebab kesalahan “App not installed” di Android dan banyak solusi untuk memperbaikinya. Kami juga akan memberikan beberapa panduan tentang cara agar tidak muncul error serupa di waktu lain.

4 Cara Mengatasi Aplikasi tidak Terinstal di Android

Munculnya pesan aplikasi tidak terinstal di HP Android saat Anda ingin memasang aplikasi baru secara manual (install lewat file APK) disebabkan oleh beberapa hal yang disebutkan dibawah ini.

1. Penyimpanan

Untuk memulai, tentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang masih tersedia di perangkat dan kartu SD di HP Android Anda. Buka Pengaturan >> Penyimpanan untuk melakukan ini. Anda bisa mendapatkan rincian jumlah ruang yang digunakan dan yang masih tersisa untuk setiap jenis file, termasuk aplikasi, gambar, film, musik, dll.

  Kenapa Instagram Keluar Sendiri di Android dan Cara Mengatasinya

Jika memori internal atau kartu SD Anda tampak hampir penuh, Anda harus memberi ruang dengan menghapus file atau memindahkannya ke media lain, misalkan dipindah ke komputer dulu.

2. File APK Rusak

File APK yang rusak atau hilang dari perangkat adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah “aplikasi tidak diinstal”.

Format paket untuk aplikasi Android dikenal sebagai file APK, dan mencakup semua file dan data yang diperlukan agar program dapat berfungsi. Sistem operasi Android tidak akan dapat menginstal file APK dengan benar jika file tersebut rusak atau ada file yang hilang.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Hapus file APK yang rusak dan download salinan baru dari sumber yang memiliki reputasi baik dan tepercaya: Pastikan unduhan berhasil dan ukuran file sesuai dengan aslinya.
  • Verifikasi penyimpanan dan izin di perangkat Anda: Pastikan HP Anda memiliki cukup ruang kosong untuk menginstal aplikasi dan pengaturan untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal diaktifkan. Anda juga dapat mencoba menghapus cache dan data aplikasi penginstal paket.
  • Verifikasi peningkatan aplikasi dan kompatibilitas perangkat Anda: Pastikan HP Android Anda memenuhi persyaratan minimum aplikasi dan pembaruan keamanan terkini serta versi Android telah dimuat. Untuk menghilangkan potensi error, Anda juga dapat mencoba restart ponsel Anda atau memulainya dalam mode aman.
  Cara Memindahkan WA Ke HP Baru

3. Izin

Anda harus memverifikasi dan mengubah pengaturan izin aplikasi perangkat Anda untuk mengatasi masalah ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih Izin aplikasi di bawah Pengaturan >> Aplikasi & notifikasi >> Lanjutan. Berikut adalah daftar izin yang mungkin diminta oleh berbagai aplikasi.
  • Tap pada izin yang Anda yakini sebagai sumber masalahnya. Misalnya, ketuk Kamera jika Anda ingin memasang aplikasi kamera.
  • Daftar aplikasi yang meminta atau menerima izin ini akan ditampilkan. Pastikan aplikasi aktif dengan mencarinya dan menyalakannya. Aktifkan jika tidak aktif dengan mengetuknya.
  • Ulangi langkahnya untuk izin lebih lanjut yang mungkin diperlukan aplikasi.
  • Kembali ke file APK dan coba menginstalnya sekali lagi. Anda seharusnya sudah dapat menyelesaikannya tanpa ada kendala.

4. Kartu SD

Meskipun beberapa aplikasi dapat diunduh dan diinstal pada kartu SD, jika kartu SD tidak terpasang pada perangkat, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa program tersebut belum diinstal. Anda dapat mencoba perbaikan berikut jika menurut Anda kesalahan “aplikasi tidak terinstal” disebabkan oleh kartu SD yang tidak dipasang di perangkat Anda:

  • Restart HP Anda: Terkadang memulai ulang dengan cepat dapat menyelesaikan masalah kecil dan memulihkan pengenalan kartu SD di perangkat Anda.
  • Keluarkan kartu SD dari slotnya dan masukkan kembali setelah mematikan ponsel Anda: Pastikan kartu SD tidak rusak dan bersih. Ini harus dibersihkan dengan kain lembut jika Anda melihat ada debu atau kotoran di atasnya. Pasang kembali kartu SD di slotnya lalu hidupkan perangkat Anda. Periksa untuk melihat apakah perangkat memasang kartu SD dan mengaktifkan instalasi aplikasi.
  • Format kartu SD: Anda mungkin perlu melakukan ini jika kartu SD Anda tidak diformat dengan benar atau bermasalah. Sebelum memformat, pastikan Anda memiliki cadangan file penting apa pun karena hal itu akan menghancurkan data di kartu SD sepenuhnya. Buka Pengaturan >> Penyimpanan >> Kartu SD >> Format untuk memformat kartu SD. Coba instal aplikasi sekali lagi setelah memformat.
  6 Penyebab Internet Sering Lemot

Kesimpulan

Jika muncul pesan error aplikasi tidak terinstall di Android, sekarang Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas tanpa ada kendala lagi.

Demikian panduan untuk mengatasi aplikasi tidak terinstal di Android. Dengan mengiuti langkah demi langkah yang dijelaskan, mestinya kedepannya Anda tidak akan mengalami kesulitan sekedar untuk menginstal APK di HP Android Anda.