4 Cara Mengatasi HP Ngeblank Secara Mudah

Cara Mengatasi HP Ngeblank

Pernahkah Anda mendapati tiba-tiba HP jadi blank? HP ngeblank menandakan ada trouble serius pada smartphone Android Anda. Dalam artikel ini kita akan bahas solusinya dan Anda bisa memulainya segera.

Penyebab HP ngeblank cukup beragam, dan Anda dapat mengatasi masalah HP bank dengan berbagai langkah sesui dengan kondisi HP Anda.

Penyebab HP Ngeblank

Mengapa layar HP Android saya tiba-tiba ngeblank atau menjadi hitam? Masalah Android yang menyebabkan layar hitam biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Aplikasi tidak diinstal dengan benar: Pengguna mungkin mengunduh aplikasi yang tidak kompatibel, mengandung virus atau bug.
  • Pengisian daya yang tidak perlu: Jika Anda terus mengisi daya ponsel setelah mencapai kapasitas penuh, HP Anda dapat mengalami gejala permasalahan.
  • Baterai atau pengisi daya tidak dapat digunakan: Jika pengisi daya atau baterai yang Anda gunakan terlalu tua atau tidak kompatibel, HP Android Anda tidak akan dapat diisi dengan normal.
  • Faktor cache aplikasi: Aplikasi yang Anda gunakan mungkin meninggalkan perangkat dengan jumlah cache yang berlebihan, yang dapat menyebabkan ponsel Android menjadi lambat.
  • Firmware bermasalah: Penyebab HP Android ngeblank juga sangat mungkin karena adanya masalah pada firmware (sistem operasi) HP tersebut.

Anda mungkin mengalami masalah layar HP Android hitam. Jika ponsel Android Anda mengalami salah satu masalah yang disebutkan diatas, HP ngeblank sangat mungkin terjadi. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Anda dapat menggunakan mencoba beberapa cara yang dijelaskan dibawah ini untuk memperbaiki masalah layar hitam HP Android Anda.

  Kumpulan Kode Rahasia Meteran Listrik (Lengkap & Terbaru)

1. Cara Sederhana untuk Mengatasi HP Android Ngeblank

Boot ulang HP Android Anda adalah cara paling sederhana untuk mengatasi masalah layar hitam atau ngeblank. Berikut tiga teknik berbeda untuk boot ulang perangkat Android jika terjadi “layar blank”.

Metode 1: Untuk melakukan hard reset pada perangkat Android, tekan dan tahan tombol “Home” dan “Power” secara bersamaan selama sekitar sepuluh detik, lepaskan keduanya, lalu tekan dan tahan tombol “Power“.

Metode 2: Anda juga bisa menunggu hingga ponsel Android mati sendiri saat baterai habis. Setelah mengisi baterai, hidupkan dengan menekan tombol “Power“.

Metode 3: Jika baterai HP Anda dapat dilepas dan reboot paksa tidak berhasil, atau jika Anda kurang sabar menunggu hingga baterai benar-benar habis, Anda cukup melepas baterai, memasangnya kembali, lalu menghidupkan HP Anda.

2. Cara Menggunakan Android Repair untuk Memperbaiki HP Ngeblank

Menggunakan alat perbaikan sistem Android khusus, seperti Android Repair/Perbaikan Android, adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah HP ngeblank dan melanjutkan penggunaan normal perangkat Android Anda.

Metode ini mudah diterapkan dan intuitif. Hubungkan ke program dan dengan mudahnya program ini menangani masalah yang muncul.

Layar HP menjadi hitam, tapi masih berfungsi. Jangan khawatir; cukup ikuti panduan lengkap dibawah ini untuk menggunakan Android Repair agar dapat menyelesaikan masalah layar hitam pada perangkat Android.

Langkah 1: Buka tab “Repair” atau “Perbaikan” dari antarmuka utama program Perbaikan Android yang diinstal di komputer Anda.

Langkah 2: Hubungkan ponsel Android Anda ke komputer dengan kabel USB dan pilih tab “Android Repair” dari menu di sisi kiri layar. Anda akan diperlihatkan masalah dengan Android yang dapat diselesaikan oleh program ini. Anda dapat melihatnya dan memilih “Start”.

Langkah 3: Masukkan informasi ponsel Anda di kotak yang tersedia. Alternatifnya, Anda dapat memilih informasi detail dengan mengklik menu drop-down. Dengan menggunakan informasi dari ponsel Android Anda, program ini akan menawarkan paket perbaikan yang dirancang khusus untuk memperbaiki ponsel Anda. Terima peringatan tersebut dan klik “Next” untuk melanjutkan ke layar berikut.

  Cara Mengedit Pesan di Instagram Setelah Dikirim

Langkah 4: Ketik secara manual nomor “000000” di area kosong dan klik tombol “Confirm” untuk melanjutkan. Harap konfirmasi bahwa perbaikan sistem dapat menghapus semua data di perangkat.

Langkah 5: Gunakan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini untuk memulai perangkat Android Anda dalam mode download:

Situasi 1:

  • Tombol Beranda di ponsel Android Anda.
  • Matikan tablet atau ponsel Android Anda.
  • Tahan tombol Beranda, Power, dan Volume Turun selama lima hingga sepuluh detik.

Untuk masuk ke mode download, lepaskan semua tombol dan tekan dan tahan tombol Volume Naik.

Situasi 2:

  • Tidak ada tombol Beranda di HP Anda.
  • Matikan tablet atau ponsel Android Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun, Power, dan tombol Bixby selama lima hingga sepuluh detik.

Untuk masuk ke mode download, lepaskan semua tombol dan tekan dan tahan tombol Volume Naik.

Langkah 6: Klik “Next” setelah ponsel Android Anda memasuki mode unduh dan program mulai mengunduh firmware perbaikan untuk ponsel Anda. Perangkat Android Anda akan mulai diperbaiki oleh program setelah pengunduhan selesai.

Langkah 7: Cukup tunggu hingga proses perbaikan selesai sebelum me-reboot perangkat Android Anda ke pengaturan default. Demikian yang perlu dilakukan menggunakan Android Repair dalam mengatasi masalah layar hitam di Android.

3. Cara Mengatasi HP Android Ngeblank Tidak Bisa Disentuh Melalui Partisi

Silahkan ikuti panduan berikut ini untuk mengatasi HP Android ngeblank tidak bisa disentuh melalui partisi.

Menghapus Cache

Solusi umum namun efisien untuk masalah layar HP ngeblank adalah dengan menghapus partisi cache. Hal ini disebabkan oleh cache ponsel Anda akan mengganggu pengoperasian sistem serta memperlambat perangkat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba mem-boot ponsel Anda ke mode pemulihan dan menghapus partisi cache Android.

  • Pertama, matikan smartphone Android Anda dengan menahan tombol “Power” dalam waktu lama.
  • Untuk mengakses Mode Pemulihan atau Recovery Mode, tekan “Power” dan “Kecilkan Volume” secara bersamaan.
  • Pilih “wipe cache partition” dari daftar di layar setelah itu, lalu tekan “Power” untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
  • Saat ponsel Android menjadi hitam, hapus instalan aplikasi apa pun yang tidak kompatibel.
  8 Cara Mengatasi Google Maps Error Tidak Bisa Dibuka

Banyak masalah Android yang dapat disebabkan oleh malware, aplikasi yang tidak kompatibel, atau pemasangan yang tidak tepat. Oleh karena itu, Anda harus menghapus instalasi aplikasi dari Safe Mode jika Anda baru saja menginstalnya tetapi tidak berfungsi dengan baik.

Langkah 1: Pertama, matikan perangkat Anda. Setelah itu hidupkan kembali. Tekan dan tahan tombol “Kecilkan Volume” di sini setelah Anda melihat logo boot hingga layar kunci muncul. Setelah itu, Anda akan melihat tulisan “Safe mode” di bagian bawah layar, yang menunjukkan bahwa Anda berhasil masuk ke Safe mode;

Langkah 2: Pilih aplikasi terbaru yang Anda instal dengan masuk ke “Pengaturan” > “Manajer Aplikasi”. Halaman “Info Aplikasi” kemudian akan muncul setelah mengklik Aplikasi. Cukup pilih “Copot” untuk menghapusnya dari perangkat Anda.

Langkah 3: Terakhir, alihkan ponsel Anda kembali ke mode biasa dengan menekan tombol “Power”.

4. Mengatasi Layar Hitam HP Android Dengan Software Ulang

Penyebab HP Android tiba-tiba blank tidak bisa disentuh tak menutup kemungkinan karena adanya masalah pada sisi sitem atau firmware. Jika masalahnya disini, maka Anda dapat mencoba flashing HP Android Anda.

Dalam ulasan ini tidak dijelaskan cara flashing HP Android. Namun, Anda bisa mendapatkan tutorial flash HP Android diluarsana. Jika Anda punya laptop, Anda bisa flashing HP dengan mudah.

Catatan:

Flashing HP dapat menyebabkan HP mati total. Pastikan Anda melakukannya dengan benar agar tidak terjadi kerusakan serius pada HP Anda.