Cara Agar Telegram Tidak Pending

cara agar telegram tidak pending

Cara mengatasi Telegram pending atau Telegram tidak bisa kirim pesan chat padahal sinyal bagus penting untuk diketahui bagi Anda yang memiliki aplikasi pesaing WhatsApp ini.

Di halaman ini kita akan menguraikan penyebab Telegram pending dan cara mengatasinya menggunakan beberapa metode mudah yang dapat Anda terapkan jika mendapati aplikasi Telegram tidak bisa mengirim pesan.

Selama bertahun-tahun, Telegram memimpin dalam platform pesan instan yang berfokus pada privasi dan menyaingi WhatsApp. Selain itu, Telegram meluncurkan pembaruan untuk pengalaman aplikasi yang kaya fitur.

Meskipun fitur-fitur baru telah dimasukkan, sebagian besar pengguna mengandalkan fungsi dasar Telegram – untuk mengirim pesan. Apa yang terjadi jika aplikasi Telegram tidak mengirim pesan di Android atau iPhone Anda?

Berbagai kemungkinan bisa menjadi penyebabnya, baik itu karena izin aplikasi atau data cache yang rusak, dan disini akan ditunjukkan cara untuk memperbaiki masalah Telegram terus pending atau tidak mengirim pesan di iPhone dan Android iOS.

Contents

  10 Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

Cara Mengatasi Telegram Pending

Bagaimana agar chat Telegram tidak pending? Berikut ini beberapa penyebab chat Telegram pending serta cara untuk mengakhirinya.

1. Restart Ponsel Anda

Langkah pertama dan yang paling mudah adalah silahkan restart ponsel Anda terlebih dahulu untuk memulai ulang sistem. Jika tidak ada kendala lain, cukup dengan restart ponsel aplikasi Telegram dapat digunakan secara normal kembali.

2. Izinkan Telegram Menggunakan Data Seluler

Tidak adanya izin untuk aplikasi juga dapat mencegah Telegram mengirim pesan. Khususnya, jika Telegram tidak diizinkan mengakses data seluler di iPhone atau HP Android Anda. Aplikasi akan gagal mengirim atau menerima pesan atau tertera keterangan pending. Dibawah ini panduan cara Anda dapat mengubahnya.

Buka aplikasi Pengaturan di HP Anda dan gulir ke bawah untuk mengetuk Telegram. Pastikan tombol di sebelah Data Seluler dihidupkan.

3. Nonaktifkan Pembatasan Latar Belakang

Telegram terkenal dengan kemampuannya mengirim file berukuran besar. Namun, aplikasi mungkin gagal mengirimkan file sebesar itu jika tidak memiliki izin yang diperlukan untuk bekerja di latar belakang. Berikut ini cara memperbaikinya.

Cara Menonaktifkan Pembatasan Latar Belakang di Android

  • Langkah 1: Tekan lama ikon aplikasi Telegram dan ketuk ikon info dari menu yang muncul.
  • Langkah 2: Pilih Data seluler & Wi-Fi dan aktifkan sakelar di sebelah Data latar belakang.
  5 Cara Membobol Sandi Wifi di Android

Cara Menonaktifkan Pembatasan Latar Belakang di iPhone

  • Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah ke Telegram dan ketuk diatasnya.
  • Langkah 2: Aktifkan sakelar di sebelah Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

Selanjutnya silahkan cek apakah Telegram sudah bisa mengirim pesan atau masih terlihat pending.

4. Matikan Penghemat Data

Penghemat data di ponsel Anda dapat membatasi penggunaan data Telegram secara normal. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kesulitan mengirim file atau pesan saat penghemat data diaktifkan. Berikut cara menonaktifkannya.

Cara Mematikan Penghemat Data di Android:

Untuk mematikan penghemat data, buka Pengaturan di Android. Kemudian, navigasikan ke Jaringan dan Internet. Pastikan untuk menonaktifkan mode Penghemat Data.

Cara Mematikan Penghemat Data di iPhone:

Untuk menonaktifkan Mode Data Rendah di Wi-Fi, buka aplikasi Pengaturan dan pilih Wi-Fi. Ketuk ikon info di sebelah jaringan Wi-Fi Anda saat ini dan matikan Mode Data Rendah.

Buka Data Seluler di aplikasi Pengaturan jika Anda menggunakan Telegram pada data seluler. Ketuk Opsi Data Seluler dan nonaktifkan Mode Data Rendah.

5. Matikan Penghemat Baterai

Android atau iPhone Anda cenderung membatasi beberapa aktivitas latar belakang saat Anda mengaktifkan mode penghemat baterai. Jadi, jika Telegram kesulitan mengambil notifikasi atau mengirim pesan, Anda harus mempertimbangkan untuk menonaktifkan mode penghemat baterai dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  Cara Melihat Password Wifi di HP Android & iPhone

Cara Menonaktifkan Mode Penghemat Baterai di Android:

Untuk mematikan penghemat daya di Android, buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan navigasikan ke Baterai. Selanjutnya, matikan mode Penghemat Baterai.

Cara Menonaktifkan Mode Penghemat Baterai di iOS (iPhone/iPad):

Untuk mematikan penghemat baterai di iPhone, buka pengaturan Baterai di iPhone dan matikan Mode Daya Rendah.

6. Hapus Cache Aplikasi

Jika Telegram masih gagal mengirim pesan atau terjadi pending, mungkin karena data cache yang rusak. Dalam hal ini, menghapus data cache akan membantu meluruskan segalanya. Untungnya, Telegram menawarkan opsi untuk menghapus data cache di dalam aplikasi.

7. Perbarui Telegram

Seringkali penggunaan aplikasi yang sudah usang menjadi masalah yang membuat aplikasi Telegram tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya. Masalah Telegram pending juga bisa Anda coba atasi dengan melakukan update.

Saat Anda menjumpai kondisi gagal kirim pesan chat di Telegram, memperbarui aplikasi akan membantu. Silahkan install pembaruan apa pun yang tertunda dan lihat apakah Anda dapat mengirim pesan secara normal setelah update selesai dilakukan.