6 Cara Menyikapi Laptop Lemot Windows 11

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi versi terkini dari Microsoft. Sistem operasi ini memang menawarkan berbagai fitur menarik, tapi sayangnya membutuhkan resources yang besar. Artinya, jika spek laptop Anda rendah, maka laptop hang atau macet saat digunakan pasti akan sering Anda jumpai.

Untuk mengoperasikan Windows 11 secara lancar, terlebih jika program aplikasi di laptop yang Anda buka relatif membutuhkan sumberdaya yang tinggi, seperti misalnya untuk membuka aplikasi editing dan sebagainya, maka resources yang tersedia tidak akan mampu mengakomodir kebutuhan. Alhasil, laptop berjalan dengan sangat lambat, bahkan macet ditengah jalan.

Agak ironis memang, laptop dengan CPU clock speed kurang dari 1.5 Ghz dan RAM 4GB digunakan untuk mengoperasikan Windows 11. Padahal, untuk menggunakan Windows 11 secara lancar dibutuhkan sumberdaya CPU dan RAM yang lebih besar. Jadi, tidaklah mengherankan apabila Anda sering dihadapkan dengan kendala laptop lemot manakala Anda menggunakan Windows 11 sementara spesifikasi laptop Anda cukup rendah.

Contents

  Cara Membuat PDF di HP Android & iPhone

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 11

Terlepas dari situasi yang digambarkan diatas, ada beberapa cara untuk mengatasi laptop Windows 11 lemot yang mana ini sebenarnya adalah lebih kepada cara penggunaan yang menyesuaikan dengan sumberdaya laptop Anda. Jadi, jika Anda mencari solusi yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah Windows 11 lemot, maka Anda perlu beli laptop dengan spek yang relatif bagus.

1. Perhatikan Jumlah Penggunaan Disk

Kiat pertama untuk mengatasi laptop Windows 11 lambat adalah dengan membatasi pengguna disk di laptop Anda. Pastikan disk tidak dalam kondisi penuh karena dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda. Sebaiknya hapus file atau data yang tidak penting agar storage masih tersisa dalam ukuran hang ideal, misalkan masih menyisakan 25% dari total kapasitas.

Baca Juga:

2. Jangan Menginstal Terlalu Banyak Program

Dengan tidak memasang terlalu banyak program akan membantu laptop Anda bekerja secara normal. Berbeda ceritanya ketika laptop Anda dipenuhi banyak program dan sebagian darinya berjalan aktif di background, maka hal ini dapat memperlambat performa laptop Windows 11 Anda. Periksa kembali semua program yang telah terinstal, lalu hapus yang tidak Anda butuhkan.

  4 Cara Melacak HP Android yang Hilang

3. Batasi Program Aktif Dalam Waktu yang Bersamaan

Semakin Anda memaksakan laptop untuk multi-tasking, maka hal ini akan memicu laptop Anda hang ditengah jalan karena kehabisan sumberdaya. Jadi, sebaiknya cukup buka progam aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan. Selebihnya, silahkan close semua program.

4. Anda Tidak Bisa Membuka Program Berat

Walaupun Anda mungkin membutuhkannya, namun Anda harus menyadari bahwa laptop Anda memiliki sumberdaya yang sangat terbatas (sebagaimana yang dijelaskan diawal tadi). Untuk itu, usahakan untuk tidak membuka program berat karena dipastikan laptop Anda akan kehabisan sumberdaya. Program aplikasi berat seperti editor video dan lainnya membutuhkan sumberdaya tinggi, dan jikapun Anda perlu membukanya, maka pastikan hanya ada satu program yang Anda buka. Close semua program aktif agar sumberdaya laptop Anda masih cukup untuk bekerja secara normal.

5. Hindari Membuka Program Berat Ketika Windows Sedang di Update

Windows 11 melakukan update secara otomatis. Apa yang terjadi ketika Windows sedang melakukan update? Laptop akan berjalan dengan sangat lambat, dan disini Anda perlu menunggu sampai update tersebut selesai agar performanya kembali normal. Jika Anda memaksakan menggunakan laptop untuk membuka program-program berat sebelum proses update Windows berakhir, maka laptop Windows 11 Anda kemungkinan besar akan terjadi hang.

  Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan Atau Terhapus

6. Kurangi Tab Browser Aktif Saat Membuka Internet

Tips mengatasi laptop Windows 11 lemot yang berikutnya adalah dengan membatasi jumlah tab aktif saat Anda membuka internet lewat browser. Semakin banyak tab aktif yang Anda buka saat internetan, maka semakin besar pula resources yang digunakan, dan hal ini dapat menyebabkan kinerja laptop Anda menjadi lambat dan semakin lambat. Oleh sebab itu, cukup buka beberap tab saja agar performa laptop tetap memberikan Anda kenyamanan.