Cara Mengatasi Lampu Check Engine Sigra Menyala Terus

Cara Mengatasi Lampu Check Engine Sigra Menyala

Anda mungkin dibuat bingung kenapa dan apa penyebab lampu check engine mobil Sigra menyala terus, khususnya ketika dikendarai dalam kondisi hujan. Disini Anda bisa menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Seperti diketahui, mobil Sigra dan berbagai mobil keluaran terbaru telah dilengkapi berbagai sensor. Jika terdapat permasalahan atau kerusakan tertentu, maka ECU pada mobil akan mendeteksinya yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk visual.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab lampu check engine mobil Sigra menyala terus dengan warna lampu kuning. Saat dikendarai dalam kondisi hujan deras, tak menutup kemungkinan lampu indikator check engine akhirnya nyala dan berkedip.

Penyebab lampu indikator cek engine menyala bisa jadi karena terdapat kendala pada bagian sensor oksigen. Sensor oksigen atau sensor O2 dalam keadaan basah atau kotor bisa menyebabkan lampu check engine hidup.

  Cara Pindah Indosat Prabayar ke Pascabayar

Cara Mengatasi Lampu Check Engine Sigra Menyala Terus Saat Hujan

Jika penyebab lampu check engin menyala adalah karena masalah pada sensor oksigen, maka fokus Anda bisa tertuju pada bagian ini tentunya.

Untuk diketahui, letak sensor oksigen mobil seperti Sigra berada dibagian bawah knalpot. Silahkan perhatikan gambar sensor oksigen mobil dibawah ini.

Sensor oksigen mobil

Guna dapat menghindari masalah pada ECU akibat terjadi kendala pada sensor oksigen, Anda dapat melakukan tindakan seperlunya sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Cara Membersihkan Sensor Oksigen Mobil

  1. Silahkan temukan lokasi sensori oksigen mobil Anda.
  2. Bersihkan sensor tersebut dari debu
  3. Bersihkan sensor O2 dari air. Keringkan jika terlihat basah.
  4. Nyalakan mobil Anda, dan lihatlah apakah lampu check engine masih menyala.
  5. Jika masih menyala, silahkan menunggu sampai beberapa jam kemudian.

Apabila masih terus menyala, maka kemungkinan terdapat kerusakan pada sensor oksigen. Dalam kondisi ini, tentu Anda perlu memperbaiki sensor tersebut dengan membawa kendaraan Anda ke bengkel. Nantinya jika sensor O2 sudah tidak bisa diperbaiki, Anda dapat menggantinya.

  Mengenal Arti Time Check di Mall yang Lagi Viral

Apakah Lampu Check Engine yang Menyala Berbahaya?

Pada intinya ketika lampu check engine menyala itu artinya ada indikasi permasalahan pada mobil Anda sehingga untuk menghindari kerusakan pada sistem deteksi sebaiknya Anda melakukan pengecekan supaya lampu check engine yang tadinya menyala kembali mati dan unit Anda pun aman.

Leave a Reply