Cara Mengatasi FUP Indosat Unlimited

cara mengatasi fup indosat

Indosat Ooredoo menyediakan paket internet Unlimited YouTube bulanan dimana didalamnya terdapat ketentuan batas pemakaian wajar atau yang disebut dengan FUP. Dan dalam artikel ini kita akan berbagi cara mengatasi FUP Indosat Unlimited dengan mudah.

Fair Usage Policy diberlakukan Indosat guna dapat menjaga kualitas layanan internet mereka terhadap konsumen yang tentunya menginginkan koneksi internet cepat serta stabil.

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Apa itu FUP Indosat

Saat Anda mengaktifkan paket internet Unlimited YouTube Indosat, Anda akan mendapatkan rincian informasi paket berupa keterangan kuota utama, kuota apps, dan pemberlakukan FUP pada paket unlimited tersebut.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak tabel batas FUP Indosat berikut ini.

Nama PaketMasa AktifFUP upto 512KbpsFUP upto 64KbpsHarga
Unlimited + 1GB30 Hari800 MB4.5 GB
Unlimited + 2 GB1.5 GB7.5 GB
Unlimited + 3 GB2 GB15 GB
Unlimited + 7 GB2 GB 20 GB
Unlimited + 10 GB3 GB 25 GB
Unlimited + JUMBO4 GB 38 GB

Seperti terlihat pada tabel diatas, jika kemudian pemakaian data Anda sudah mencapai sekian giga / mb (sesuai dengan ketentuan), maka speed akses akan diturunkan secara otomatis.

  Paket Malam Smartfren Jam Berapa dan Ketentuannya

Jadi, jika pemakaian data paket Indosat Unlimited telah mencapai FUP, maka Anda tidak bisa lagi menikmati speed internet normal, kecuali Anda membeli paket Booster untuk menghilangkan FUP.

Cara Mengatasi FUP Indosat Unlimited YouTube

Cara Mengatasi FUP Indosat Unlimited YouTube

Agar tidak bermasalah di koneksi yang lemot, ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk menghindari mencapai batas penggunaan wajar.




Disini saya tidak membahas cara hack FUP Indosat atau trik mengatasi FUP Indosat Unlimited dengan metode tertentu, tapi lebih kepada pencegahan agar tidak melampaui batas pemakaian wajar.

Supaya tidak dihadapkan dengan internet lemot akibat FUP, berikut ini beberapa cara untuk menghindari FUP:

1. Batasi Penggunaan

Membatasi penggunaan yang saya maksudkan bukan dengan mengekang diri Anda untuk mengakses internet, namun lebih kepada untuk tidak “membuang-buang” kuota jika tidak terlalu penting.

Jadi, usahakan untuk membuka internet jika memang dirasa benar-benar perlu. Terkadang saking asyiknya kita internetan, sampai-sampai kita internetan dengan berlarut-larut padahal sejatinya tidak ada yang terlalu penting.

Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan kuota internet cepat habis dan pada akhirnya Anda akan dihadapkan dengan masalah FUP.

  Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Dipakai

2. Kurangi Streaming Video

Seperti diketahui, streaming video merupakan salah satu aktivitas penyedot kuota paling besar. Semakin sering Anda streaming video, maka semakin cepat pula Anda mencapai batas pemakaian wajar.

Tidak ada salahnya untuk mengurangi aktivitas streaming demi menghemat kuota internet Anda. Silahkan saja streaming video, namun jika Anda benar-benar merasa memerlukannya.

3. Aktifkan Fitur Penghemat Data

Di sebagian browser kenamaan seperti Google Chrome, didalamnya terdapat fitur data save atau penghemat data. Silahkan aktifkan fitur tersebut agar halaman web yang Anda kunjungi memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran normalnya.

Dengan memanfaatkan fitur kompres halaman web yang tersedia di aplikasi browser, Anda bisa menghemat kuota utama dan tentunya dapat menghindarkan Anda dari FUP. Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mengatasi FUP Indosat ataupun FUP operator lainnya.

4. Matikan Fitur Sinkronisasi yang Tidak Penting

Smartphone seperti Android dilengkapi fitur sinkronisasi email atau aplikasi sejenis lainnya. Hal ini dapat memudahkan pengguna karena setiap pemberitahuan akan muncul secara otomatis. Namun, jika Anda mengaktifkan fitur sinkronisasi untuk sekian banyak aplikasi, hal ini dapat mendekatkan Anda pada FUP.

  Cara Mengatasi FUP Smartfren Unlimited

Sinkronisasi aplikasi merupakan salah satu penyedot kuota di ponsel cerdas, jadi sebaiknya hanya aktifkan fitur sinkronisasi untuk yang dirasa perlu, misalkan sinkronisasi Gmail.

5. Batasi Update Aplikasi Otomatis

Untuk pengguna smartphone Android, aplikasi yang terpasang di smartphone mereka dapat melakukan update aplikasi secara otomatis ketika ponsel terhubung dengan internet.

Nah agar Anda dapat mengatasi FUP internet unlimited Indosat dengan cara meminimalisir penggunaan kuota, ada baiknya Anda batasi update aplikasi otomatis lewat Google Play.

Anda bisa update aplikasi di smartphone Anda saat tersambung dengan WiFi. Hal ini dapat mengurangi konsumsi data sekaligus dapat menghindarkan Anda dari FUP.

Cara Menonkatifkan Update Aplikasi Otomatis di Android:

  • Buka aplikasi Google Play.
  • Tap pada icon Pilihan dibagian atas layar ponsel.
  • Tap menu Settings.
  • Tap pada Auto-update apps.
  • Kemudian silahkan pilih Over WiFi only jika hanya menginginkan update lewat WiFi, atau Don’t auto-update apps jika ingin mematikan auto update aplikasi.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi FUP Indosat unlimited agar terbebas dari masalah internet lemot.

Dengan pemakaian data yang relatif normal, Anda akan dengan mudah dapat menghindari FUP Indosat bagi yang mengaktifkan paket Unlimited. Anda tidak perlu mencari APN Indosat anti FUP atau mencari trik-trik tertentu yang belum tentu work.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *