Tanda-tanda Baterai HP Akan Meledak atau Terbakar

Tanda-tanda Baterai HP Akan Meledak atau Terbakar

Sepeleh tapi sangat perlu kehati-hatian, demikian perilaku charging bateri HP yang harus Anda perhatikan karena faktanya ada kita dengar baterai HP meledak atau terbakar saat di cas.

Ada banyak pemicu yang jadi penyebab baterai HP terbakar ataupun meledak. Beberapa diantaranya adalah karena kondisi baterai sudah bermasalah, suhu baterai terlalu panas, pola charging yang tidak benar, dan juga karena adanya air pada bagian konektor atau colokan charger.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri-ciri baterai HP akan meledak yang perlu Anda waspadai dan perhatikan.

Tanda-tanda Baterai HP Akan Meledak

Ada beberapa indikasi yang dapat Anda perhatikan untuk mencegah baterai ponsel meledak. Misalnya apabila Anda mendengar suara mendesis atau letupan dari dalam ponsel atau mencium bau plastik terbakar, kemungkinan baterai ponsel sudah rusak dan dalam kondisi ini bataerai HP tersebut mungkin telah terbakar.

  9 Cara Untuk Merawat Baterai iPhone Agar Awet

Selain itu, harap diperhatikan juga apakah tempartur HP terasa sangat panas, terutama saat sedang dicas. Jika terlalu panas sampai menyebabkan rasa sakit saat disentuh, segera cabut dari charger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Indikator lain yang harus diperhatikan adalah baterai yang sudah menggelembung. Hal ini bisa terjadi jika baterai mengalami kerusakan fisik atau ada komponen internal yang kinerjanya sudah menurun.

Walaupun baterai menggelembung belum tentu akan meledak dan sebagian orang masih menggunakannya, namun kondisi ini patut Anda waspadai secara lebih.

Penyebab Baterai HP Meledak

Terdapat sejumlah penyebab mengapa baterai HP bisa terbakar atau meledak. Secara umum, hal ini disebabkan oleh baterai yang digunakan.

Ketika ada sesuatu yang salah, komponen di dalam baterai seperti baterai lithium-ion dapat mengalami kerusakan dan menimbulkan reaksi berbahaya yang bisa menyebabkan kebakaran.

Hal tersebut dapat disebabkan beberapa faktor, namun faktor utamanya adalah suhu panas yang berlebihan.

  Tips Memilih Laptop Gaming Murah Terbaik

Untuk baterai HP, reaksi berantai yang disebut thermal runaway bisa membuat baterai menjadi terlalu panas saat di cas dan kemudian terbakar atau meledak.

Adapun baterai ponsel bisa menjadi sangat panas suhunya akibat sejumlah faktor. Misalnya HP sempat jatuh hingga menimbulkan kerusakan fisik, HP dibiarkan di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, virus atau malware yang membuat prosesor bekerja ekstra keras, hingga cara cas HP yang tidak benar.

Penyebab Baterai HP Bisa Terbakar

Adapun penyebab baterai HP Android bisa terbakar salah satunya adalah karena adanya keringat atau air dibagian colokan charge smartphone tersebut.

Selain itu, adanya debu campuran yang mengandung zat bahaya didekat colokan charger sehingga memicu terjadinya kebakaran atau hubungan pendek (korsleting).

Dari hasil sebuah penelitian, apabila terjadi charging baterai pada smartphone maka suhu alat tersebut bisa melonjak menjadi 300 derajat Celcius setelah lima menit.

Konektor akan meleleh lantas panas yang timbul akan mendadak membakar smartphone sehingga terjadi kebakaran.

  Paket Internet GIG Indosat Kecepatan Hingga 1Gbps

Oleh sebab itu, disarankan agar pemakai smartphone sering memperhatikan bagian charger agar tetap bersih jangan terpolusi oleh apa pun, karena bagian tersebut sangat sensitif dan sumber kebakaran pada HP.

Jangan juga Anda meninggalkan smartphone yang sedang di cas berlama-lama karena segala kemungkinan bisa terjadi pada smartphone tersebut saat atau selama pengisian ulang baterai.