Peralatan Dapur yang Harus Dimiliki Ketika Membuka Restoran

Peralatan Dapur yang Harus Dimiliki Ketika Membuka Restoran

Apakah Anda berencana untuk membuka bisnis restoran? Bisnis kuliner memang banyak diminati karena memiliki potensi yang besar. Restoran memiliki banyak potensi untuk berkembang tanpa batas. Anda dapat mengembangkan menu atau membuka cabang restoran baru saat mulai naik daun. Dan tentunya menjalani bisnis restoran akan menyenangkan, khususnya bagi Anda yang memiliki hobi memasak.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuka restoran adalah membeli peralatan dapur yang diperlukan. Bersiaplah untuk menulis daftar peralatan dapur yang perlu Anda beli, dan kami akan membantu Anda. Inilah beberapa peralatan dapur yang harus dimiliki ketika membuka restoran.




  1. Kompor
    Kompor merupakan peralatan yang paling penting untuk memasak. Pilihlah kompor yang sesuai dengan kapasitas restoran Anda. Umumnya restoran memakai kompor gas untuk memasak. Perhatikan jumlah tungku yang Anda perlukan untuk kelancaran proses memasak. Pilihlah merk yang berkualitas dan awet, karena kompor adalah investasi jangka panjang Anda.
  2. Rice cooker
    Setiap restoran umumnya memiliki alat yang satu ini. Sebagian besar restoran di Indonesia umumnya memakai nasi sebagai menu utama. Jenis rice coohttps://www.bestspy.id/rice-cooker/ker yang Anda pilih akan tergantung dari seberapa banyak nasi yang Anda tawarkan dalam menu dan seberapa besar kapasitas restoran Anda. Umumnya restoran memerlukan rice cooker berkapasitas jumbo sebesar 10 liter hingga 20 liter.
  3. Deep fryer
    Deep fryer mutlak diperlukan khususnya jika Anda berencana untuk memiliki menu crispy fried chicken atau french fries di restoran Anda. Deep fryer juga dapat Anda gunakan untuk menggoreng makanan lainnya seperti perkedel, donat, dan lain-lain.
  4. Microwave
    Microwave umumnya diperlukan jika Anda menawarkan menu masakan asing. Microwave akan Anda perlukan untuk menghangatkan menu masakan yang siap saji atau untuk melumerkan keju.
  5. Blender
    Selain menawarkan menu masakan, tentu Anda juga harus menyiapkan menu minuman juga untuk restoran Anda. Memiliki blender untuk restoran akan membuat Anda lebih kreatif membuat menu minuman. Blender digunakan untuk membuat jus, milkshake, atau minuman mix lain hasil kreasi Anda.
  6. Lemari es
    Alat yang satu ini juga mutlak harus ada di dapur restoran Anda. Sesuaikan ukuran lemari es yang Anda beli dengan perkiraan jumlah bahan baku restoran yang akan Anda buka. Untuk bisnis restoran, pertimbangkan untuk memiliki lemari es berkapasitas besar dan hemat listrik.
  7. Freezer
    Beberapa restoran kadang memerlukan freezer khusus untuk menyimpan bahan baku yang dibekukan. Stok daging dan makanan beku lainnya kadang tidak cukup jika disimpan di dalam lemari es saja.
  8. Toaster
    Toaster atau pemanggang roti diperlukan khususnya jika Anda berencana memiliki menu roti panggang. Saat ini banyak sekali pilihan toaster dari berbagai merk yang dapat Anda pilih. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, dan apakah toaster ini akan sering digunakan. Jika sering digunakan atau jika roti panggang adalah salah satu menu utama di restoran Anda, pilihlah merk toaster yang berkualitas dan awet.
  9. Oven
    Oven adalah salah satu alat dapur yang penting untuk dimiliki restoran. Oven merupakan alat utama untuk membuat menu pizza, lasagna, atau masakan lain yang perlu pemanggangan. Oven juga dapat digunakan untuk membuat menu kue kering, cake, atau roti. Terdapat dua jenis oven, yaitu oven listrik dan oven manual yang dipanaskan di atas kompor.
  10. Grill
    Grill atau pemanggang adalah alat penting jika Anda memiliki menu bakaran seperti ayam bakar, ikan bakar, atau sate. Menggunakan pemanggang akan lebih bersih karena tidak menimbulkan asap. Grill juga dapat digunakan untuk memanggang sosis atau steak.
  Daftar Nomor Telepon PLN Lengkap Terbaru

Itulah beberapa alat masak yang harus Anda miliki ketika membuka restoran. Tentunya kini Anda sudah memiliki gambaran alat-alat masak apa saja yang akan dibeli. Buatlah daftar peralatan apa saja yang kira-kira akan dibutuhkan restoran yang akan Anda buka.

Tentunya alat-alat dapur yang dibutuhkan akan tergantung dari jenis restoran dan menu yang akan disajikan. Perhatikan kualitas dan kapasitasnya. Pastikan kualitasnya awet untuk pemakaian jangka panjang, dan kapasitasnya cukup untuk memenuhi kebutuhan restoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *