Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Membuat Blog WordPress Dengan Hosting Sendiri (Cocok Bagi Pemula)

3 min read

membuat blog wordpress

Membuat blog WordPress self hosting (hosting sendiri) sekarang ini dapat dilakukan secara lebih cepat dan mudah dengan bantuan script auto installer Softaculous.

Cara membuat blog WordPress self-hosted bagi pemula tidak lagi sesulit dulu berkat adanya software auto install CMS di layanan hosting.

Anda hanya perlu menyiapkan hosting besarta nama domain. Selanjutnya, Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk menciptakan blog berbasis WordPress self hosting di WordPress.org.

Persiapan Membuat Blog di WordPress dengan Hosting Sendiri

Pertama-tama yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah nama domain baru.

Anda dapat membeli nama domain baru sesuai kriteria Anda baik yang berekstensi .com, .net, .org ataupun yang lainnya. Rekomendasi saya, pilihlah ekstensi .com jika masih tersedia.

Lebih lanjut tentang pemilihan nama domain dapat Anda baca artikel: Tips memilih nama domain.

Selanjutnya, setelah Anda mendaftarkan sebuah nama domain pada registrar tertentu, silakan membeli paket web hosting dari provider yang Anda inginkan.

Anda bisa memilih provider web hosting luar negeri atau penyedia hosting Indonesia. Jika Anda ingin menyewa web hosting lokal, berikut rekomendasi saya:

  Cara Posting Artikel di Blog WordPress

Selengkapnya, bisa Anda baca postingan: Web hosting terbaik Indonesia.

Provider hosting terbaik dalam review tersebut menawarkan sejumlah benefit kepada para konsumennya mencakup performa server yang reliable, stabil, menyediakan fitur hosting sangat lengkap, aman, dan memberi garansi 30 hari uang akan dikembalikan jika Anda merasa kurang puas dengan layanan yang diberikan.

Selain itu, paket layanan web hosting pada penyedia layanan web hosting tersebut diatas sudah termasuk domain gratis.

Jadi, Anda tidak perlu membeli nama domain secara terpisah, bahkan nama domain tersebut digratiskan untuk selamanya sepanjang Anda masih berlangganan paket web hosting.

Jika Anda memiliki budget relatif terbatas, maka ini adalah sebuah keuntungan bagi Anda.

Cara Install WordPress di Hosting

Setelah Anda mempersiapkan nama domain beserta web hosting, langkah selanjutnya adalah menginstal CMS WordPress di hosting lewat cPanel.

Seperti saya sebutkan diatas, kini instalasi CMS WordPress di hosting dapat dilakukan dengan lebih mudah berkat bantuan script auto installer yang pada umumnya semua penyedia layanan web hosting sudah menyediakannya.

Berikut langkah-langkah menginstal WordPress di hosting Anda sendiri melalui cPanel:

Silakan masuk ke cPanel menggunakan detail akun hosting Anda. Caranya: Ketikkan http://artikeloka.com/cpanel (ganti artikeloka dengan nama domain Anda).

loign cpanel

Masukkan Nama pengguna cPanel / Nama pengguna akun hosting Anda beserta Kata sandinya, kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol Masuk.

Jika tidak bisa masuk ke cPanel, silakan hubungi penyedia layanan web hosting yang Anda gunakan melalui live chat, email, atau tiket bantuan.

  Cara Mengganti Template Blog WordPress

Apabila Anda sudah bisa masuk ke cPanel hosting Anda, silakan cari menu Softaculous, lalu klik menu Softaculous.

softaculous

Selanjutnya arahkan cursor mouse Anda ke icon WordPress, kemudian klikn tombol Install.

install wordpress

Setelah itu, Anda akan diarahkan halaman instalasi WordPress seperti gambar screenshot dibawah ini.

wordpress 1

wordpress 2

Berikut beberapa bidang yang perlu Anda isikan pada halama instalasi WordPress diatas:

  • Choose the version you want to install: Pilih WordPress versi terbaru.
  • Choose Protocol: Pilih http:// atau http://www. (Jika Anda memilih http:// maka nantinya URL website Anda tanpa menggunakan www.)
  • Choose Domain: Pilih domain yang ingin Anda install WordPress
  • In Directory: Jangan isi apapun. Jika ada wp, silahkan dihapus.
  • Site Name: Ketikkan nama blog Anda
  • Site Description: Ketikkan deskripsi blog Anda
  • Enable Multisite (WPMU): Biarkan (jangan dicentang)
  • Admin Username: ‘admin’ merupakan username default (Bisa dirubah menggunakan nama Anda atau yang lainnya)
  • Admin Password: Ketikkan password menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter – tujuannya supaya password tersebut lebih kuat.
  • Admin Email: Biarkan seperti semula.
  • Select Language: Bisa pilih English atau bahasa Indonesia.
  • Unit Login Attempts (Loginizer): Biarkan, tidak perlu dicentang.
  • Classic Editor: Biarkan, tidak perlu Anda centang.
  • Untuk bidang yang lainnya cukup Anda biarkan saja.

Jika sudah, selanjutnya silakan klik tombol Install yang terletak dibagian bawah halaman instalasi WordPress.

Kemudian proses instalasi CMS WordPress di domain Anda akan berlangsung.

  Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

installing wordpress

Silakan tunggu proses instalasi WordPress sampai selesai, jika telah selesai akan muncul informasi instalasi WordPress telah berhasil dilakukan seperti gambar berikut ini.

install wp

Selesai.

Sampai disini Anda telah berhasil membuat blog WordPress self-hosted. Anda bisa mencoba membuka blog Anda atau langsung masuk ke dashboard WordPress untuk memposting artikel.

Cara Masuk ke Dashboard WordPress

Untuk masuk ke dashboard WordPress, caranya adalah sebagai berikut:

Silakan ketikkan http://artikeloka.com/wp-login.php atau http://artikeloka.com/wp-admin pada web browser. (ganti artikeloka dengan nama domain Anda sendiri). Selanjutnya, akan muncul jendela login seperti gambar dibawah ini.

login wordpress

Isikan Username dan Password Anda sesuai pada saat proses instalasi WordPress tadi, kemudian klik tombol Log In.

dashboard wordpress

Di halaman utama (dashboard) WordPress, Anda akan menjumpai berbagai menu, seperti Posts, Media, Pages, Comments, Appearance, Plugin, dll.

Anda bisa langsung menulis artikel, melakukan kustomisasi tampilan blog atau menambahkan widget-widget tertentu sesuai kebutuhan.

Penutup

Demikian tutorial membuat blog di WordPress.org, semoga artikel ini berguna bagi sahabat pembaca. Dan sebagai catatan, WordPress merupakan CMS gratis terpopuler yang digunakan oleh jutaan blogger dan webmaster diseluruh dunia.

Pada dasarnya WordPress merupakan engine blog, namun CMS ini juga digunakan untuk membuat website berskala besar seperti halnya yang dilakukan berbagai perusahaan media dan tekonologi luar negeri.

WordPress diberdayai ribuan plugin yang semakin memudahkan penggunanya untuk membuat serta melakukan tata-kelola website sesuai kebutuhan.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Mengganti Template Blog WordPress

Platform WordPress self hosting menawarkan banyak kemudahan. Salah satu kelebihan yang dimiliki WordPress adalah tersedianya banyak template yang dapat digunakan secara gratis. Untuk mengganti tampilan blog...
Artikeloka
1 min read

Cara Install WordPress dengan Hosting GreenGeeks

Install WordPress lewat cPanel hosting GreenGeeks dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Tersedia software auto install berbagai script website dan blog yang dapat mempermudah...
Artikeloka
3 min read

4 Replies to “Cara Membuat Blog WordPress Dengan Hosting Sendiri (Cocok Bagi…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *