Contoh Surat Resign Kerja

contoh surat resign

Dalam kesempatan ini Artikeloka akan berbagi contohs urat resign kerja yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Format penulisan surat pengunduran diri dari perusahaan cukup sederhana, selengkapnya bisa Anda simak dibawah.

Saat Anda memutuskan untuk berpisah dari kantor saat ini, surat resign atau surat pengunduran diri adalah salah satu hal penting yang perlu disiapkan. Surat tersebut ditujukan kepada atasan serta HRD perusahaan sebagai pemberitahuan sekaligus tanda bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan Anda sekarang.

Ada berbagai faktor yang mendorong seseorang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya saat ini. Bisa karena mendapatkan tawaran lebih baik di perusahaan lain, merasa mendapatkan lingkungan kerja yang tidak sesuai passion, tidak berkembang, atau karena lokasi kantor yang terlalu jauh. Apapun alasannya, Anda harus membuat surat resign.

Para karyawan yang mengundurkan diri berarti memutus atau mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan terkait. Dengan begitu, hak dan kewajiban akan berakhir. Hal ini lantaran menyangkut mobilitas perusahaan, biasanya surat resign ini harus diajukan sebelum pengunduran diri yang biasanya satu bulan sebelum berhenti bekerja alias one month notice.

Surat resign tersebut punya fungsi administratif untuk memberitahukan atasan dan HRD bahwa Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dari perusahaan itu.

Jika surat resign diberikan ke atasan atau HRD, maka surat menjadi pemberitahuan bahwa perusahaan harus segera mencari pengganti. Karena perusahaan butuh waktu untuk mencari karyawan pengganti, surat resign tidak bisa diajukan mendadak, jadi Anda harus memberi waktu yang cukup. Ini juga penting agar hubungan Anda dengan perusahaan tetap terjalin baik meski sudah tidak bekerja disitu.

Surat resign atau pengunduran diri perlu dibuat dengan baik dan sopan. Ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja dengan profesionalisme tinggi. Selain bakal membuat citra positif di tempat kerja lama, ini juga menjadi sikap yang perlu Anda miliki sebelum bergabung dengan perusahaan baru yang Anda incar.

  Sebutkan Hari Libur Nasional Amerika, Ini Daftarnya

Contents

Perhatikan Hal-hal Berikut Dalam Membuat Surat Resign Kerja

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat resign dari tempat kerja. Silahkan perhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Melayangkan Surat Resign

Pastikan Anda tidak meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan. Caranya, Anda bisa menulis surat resign yang baik dan sopan. Jadi, gunakan pilihan kata yang tepat dalam menuliskan surat pengunduran diri sebelum menyampaikannya ke atasan dan bagian HRD.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Bertemu Atasan

Komunikasikan secara baik niat mengundurkan diri ini kepada atasan Anda. Memang tidak mudah, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan mencari waktu yang tepat untuk bertemu atasan. Cobalah untuk mencari waktu ketika atasan Anda tidak sibuk, saat beliau punya emosi atau mood yang bagus, atau tidak memiliki janji meeting dengan seseorang.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat janji temu terlebih dahulu via email atau telepon. Saat waktunya dianggap tepat, Anda bisa mengungkapkan alasan pengunduran diri tersebut kepada atasan.

3. Berikan Satu Bulan Pemberitahuan

Pemberitahuan satu bulan atau One month notice ini diperlukan perusahaan lama untuk mencari dan mendapatkan karyawan baru agar posisi yang Anda tinggalkan tidak kosong. Dengan begitu, mobilitas perusahaan tetap bisa terjaga.

Permohonan pengunduran diri sudah diatur oleh UU. Anda dapat mengeceknya jika merasa perlu mengetahui butir-butirnya.

4. Jangan Lupa Mengecek Kontrak

Sebelum Anda resign, cek kontrak yang sudah Anda tanda tangani terlebih dahulu di awal masa kerja. Hal ini berguna untuk melihat apakah ada denda yang harus dibayar jika mengundurkan diri sebelum kontrak habis.

  Hasil akhir dari analisis naskah lakon adalah

Konsekuensi yang akan Anda dapatkan jika memutuskan resign sebelum kontrak habis biasanya berupa pengganti gaji dalam periode tertentu atau senilai gaji di sisa masa kontrak.

5. Periksa Ketentuan Resign

Masing-masing perusahaan punya kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri. Ada juga yang memiliki aturan dua bulan pemberitahuan sebelum resign. Sebisa mungkin, berikan informasi jauh-jauh hari sebelum resign dari tempat Anda bekerja.

6. Jelaskan Jobdes Anda ke Calon Pengganti

Apabila Anda sudah mengetahui siapa yang akan menggantikan posisi Anda nanti, sediakanlah waktu untuk membantu orang tersebut mempelajari job desk yang akan dikerjakan. Ini tentunya akan mempermudah proses transisi.

Jika Anda tidak bisa langsung memberikan panduan, cobalah untuk buat panduan alur kerja hingga kontak yang dapat dihubungi ketika mereka punya pertanyaan. Memang bukan sebuah keharusan, tapi hal ini akan meninggalkan kesan yang profesional serta etis kepada mitra kerja Anda.

1. Contoh Surat Resign Resmi

Berikut ini adalah format surat resign resmi yang dapat Anda buat dengan mudah dengan memperhatikan tata dan bahasa penulisannya.

Makasar, 15 Januari 2024

Kepada Yth,

HRD (Perusahaan Anda) / (nama atasan langsung Anda dan jabatannya)

di (Lokasi Perusahaan)

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Nama Anda

Departemen: Departemen Anda

Jabatan: Jabatan Anda

No Induk Karyawan: NIK Anda

ingin mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan mendapat tawaran kerja baru di perusahaan lain. Melalui surat ini, saya juga ingin mengabarkan bahwa hari terakhir saya bekerja adalah tanggal (masukkan tanggal).

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan Undang-Undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan Industrial (Perusahaan Anda) tanpa ada tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.

  Cara Tetap Tenang Dibawah Tekanan: 7 Strategi Menghadapi Distress

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain. Semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Nama Anda)

2. Contoh Surat Resign yang Benar

Dibawah ini adalah contoh Surat Resign sederhana yang bisa Anda contoh, menyesuaikan dengan kondisi Anda.

Surabaya, 10 Mei 2023

Kepada Yth,

Kepala HRD (Perusahaan Anda) / (nama atasan langsung Anda dan jabatannya)

di (Lokasi Perusahaan Anda)

Dengan hormat,

Dengan surat tertulis ini, saya atas nama (Nama Anda) bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi (masukkan jabatan Anda) di (masukkan nama perusahaan).

Saya mengajukan pengunduran diri karena ingin menjalankan bisnis sendiri. Melalui surat ini, saya juga ingin mengabarkan bahwa hari terakhir saya bekerja adalah tanggal (masukkan tanggal).

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 1 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama saya bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga (Perusahaan Anda) akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

(Nama Anda)

Contoh Surat Terbaru:

3. Contoh Surat Resign Dalam Bahasa Inggris

Nah, jika Anda ingin melayangkan surat resign dalam bahasa Inggris, silahkan perhatikan contoh dibawah ini yang selanjutnya bisa Anda tiru berdasarkan kondisi Anda.

contoh surat resign bahasa inggris
Surat Resign Kerja Bahasa Inggris

Kesimpulan Tentang Menulis Surat Resign

Menulis surat resign pekerjaan tidak sulit. Anda dapat melakukannya dengan mudah, hanya saja Anda perlu memperhatikan tata caranya serta bahasa yang Anda gunakan agar terlihat sopan dan profesional. Tentunya Anda tidak ingin meninggalkan kesan buruk, bukan?

Demikian informasi yang dapat kami share dengan Anda, semoga referensi contoh surat pengunduran diri dari tempat kerja ini berguna bagi Anda semua.

Leave a Reply