Cara Membuat Invoice di Excel Dalam 7 Langkah Mudah

Cara Membuat invoice di Excel

Membuat invoice otomatis dengan Microsoft Excel bisa dikerjakan secara mudah. Program aplikasi Excel sejatinya memang sangat membantu untuk berbagai keperluan yang menunjang aktivitas pekerjaan perkantoran.

Dalam artikel hari ini Artikeloka.com akan membahas cara membuat invoice di Excel. Sebelum mendalami langkah-langkahnya, mari kita telusuri mengapa Excel sangat populer dalam pembuatan faktur dan dokumen keuangan lainnya.

Microsoft Excel telah menjadi salah satu alat bantu bagi individu maupun bisnis di seluruh dunia karena kemudahan penggunaan dan keserbagunaannya. Meskipun opsi perangkat lunak lain mungkin tersedia dengan fitur serupa, Excel tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna.

Menurut sebuah sumber, Excel merupakan software spreadsheet paling populer, terbukti dengan tingkat kepuasan pelanggan yang cukup tinggi.

Selain penggunaannya yang luas di kalangan individu, Excel juga banyak diadopsi oleh perusahaan di berbagai industri. Ada ratusan ribu perusahaan di Amerika Serikat saja menggunakan Excel untuk tujuan akuntansi.

Selain itu, banyak perusahaan besar telah mengintegrasikan Excel ke dalam operasi keuangan mereka. Excel cukup diminati karena mudah digunakan dan sangat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sekarang setelah kita memahami beberapa alasan di balik popularitas Excel, mari beralih ke cara membuat invoice di Excel. Berikut ini kami akan membagikan contoh invoice di Excel beserta template invoice Excel.

Cara Membuat Invoice di Excel Download

Bagaimana cara membuat faktur menggunakan template Excel di laptop atau PC Windows?

  Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profile Twitter Kita

Jika Anda ingin mendesain templat faktur khusus menggunakan Excel di PC Windows Anda, bisa dipelajari tentang beberapa langkah mudah membuat faktur melalui program Excel yang canggih secara efektif.

Diakhir panduan ini, Anda akan memperoleh pemahaman berharga dan pengalaman langsung dalam membuat invoice profesional dengan cepat dan efisien menggunakan format invoice profesional di Excel, dan Anda mungkin tidak perlu lagi mencari referensi cara membuat invoice di Excel PDF.

Adapun jika salah satu templat faktur tidak cocok dengan gaya bisnis Anda, dalam ahal ini Anda juga dapat membuat templat faktur sendiri sesuai dengan yang Anda perlukan.

Setelah selesai membuat invoice di Excel, nantinya Anda juga bisa share template invoice buatan Anda agar bisa di download oleh yang membutuhkan.

Mari kita mulai…

Langkah 1: Buka Buku Kerja Kosong di Excel

Ingin membuat faktur? Membuka buku kerja baru atau templat kosong di Excel adalah langkah pertama dalam membuat invoice.

Saat Excel muncul, buka jendela utama program dan pilih tab “File”, lalu “New.”

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, Anda dapat memilih templat faktur Excel apa pun yang tersedia dari Microsoft. Anda dapat mengetikkan nama template tertentu (jika Anda sudah mengetahuinya) di bilah pencarian. Jika Anda ingin membuat template sendiri, mulailah dengan spreadsheet kosong.

cara membuat invoice excel 1

Langkah 2: Masukkan Rincian & Branding Perusahaan Anda

Setelah menyelesaikan Langkah pertama, templat invoice Anda siap untuk disesuaikan dengan data bisnis dan branding Anda. Harus ada bilah menu di bagian atas layar dengan opsi seperti “File,” “Home,” “Insert,” “Design,” “Formulas,” dan seterusnya.

Untuk menambahkan logo dan gambar bisnis ke faktur Anda, klik tab “Insert” dan masukkan gambar, logo, dan kolom teks baru di templat faktur saat ini.

  Apa Fungsi Dari Aplikasi Barcode?

Jangan lupa untuk menyesuaikan header faktur Anda. Berikan tanggal faktur yang tepat, rincian kontak bisnis, rincian kontak klien, dan rincian faktur lain yang diperlukan.

membuat invoice excel 2

Langkah 3: Tambahkan Informasi Produk/Layanan

Setelah memperkenalkan bisnis Anda dan mereknya, saatnya menjelaskan barang dan jasa yang Anda berikan dalam faktur penjualan atau faktur layanan Anda. Ringkasan item, jumlah, harga per unit, dan garis total dapat dilihat dengan memilih sel di kolom A hingga D.

Setelah Anda menyelesaikan keempat bagian tersebut, klik “Enter” untuk menuju ke baris berikutnya, tempat Anda dapat menambahkan item baris lainnya. Jangan lupa tambahkan harga satuan jika sudah menjual bahan apa pun.

membuat invoice excel 3

Gambar diatas menunjukkan daftar terperinci. Jika Anda berkecimpung dalam bisnis penjualan produk maka ini adalah template pilihan untuk Anda dimana Anda selalu dapat memperbaiki informasi kontak bisnis Anda.

Langkah 4: Hitung Subtotal Untuk Invoice

Fitur bawaan Excel menyederhanakan penghitungan pajak dan menyediakan subtotal untuk invoice. Pertama, buat dua kolom baru (E dan F) setelah melengkapi informasi pada kolom A sampai D.

Untuk menjumlahkan jumlah di kolom E, mulailah baris 5 dengan fungsi SUM excel dan tanda kutip (‘) sebelum setiap referensi sel, seperti pada: ‘=’A5′-A6’. Jika Anda ingin jumlah sel A5 hingga C5 muncul di sel E5, masukkan =SUM(A5:C5).

Untuk setiap sel di kolom E, gunakan rumus ini. Kemudian, di kolom F, kalikan harga dari kolom D dengan nilai dari kolom E (‘=F5E5′). Misalnya, untuk memasukkan rumus =B5E5 di sel F5, Anda harus mengganti B5*E5 dengan seluruh rumus.

Untuk dicatat, rumus ini harus digunakan untuk setiap entri di kolom F. Dengan mendapatkan subtotal tidak termasuk pajak, kurangi total dari kolom F hingga E: =SUM(F5:F9)-SUM(E5:E9). Masukkan rumusnya ke dalam G5, lalu tempelkan di sepanjang sisa kolom G. Bagian pajak dari total dimasukkan dalam penghitungan ini.

  Bagaimana Cara Blokir Pajak Kendaraan yang Sudah Dijual?

Pajak dapat berupa pajak penjualan, PPN, atau GST.

membuat invoice excel 4

Langkah 5: Terapkan Diskon dan Selesaikan Jumlah

Menerapkan diskon sangatlah mudah setelah Anda menghitung subtotal di templat Excel Anda. Sesuaikan jumlah di kolom E atau F berdasarkan nilai yang diberikan oleh klien Anda.

Langkah 6: Hasilkan Pratinjau Faktur

Sekarang Anda sudah menyiapkan semuanya – saatnya melihat pratinjau invoice Anda yang sudah selesai. Anda dapat memformat tabel sesuai keinginan, termasuk batas dan bayangan.

membuat invoice excel 5

Langkah 7: Simpan dan Kirim Invoice

Terakhir, simpan invoice Anda dengan nama file yang relevan.

Menyimpan invoice Anda:

  • Pilih “File” dan kemudian klik “Save As.”
  • Pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan File.
  • Berikan nama bermakna pada faktur Anda yang mencakup tanggal, nama klien, dan nomor invoice.
  • Pilih format file untuk invoice Anda, seperti file PDF, DOCX, atau XPS.

Mengirim invoice Anda:

  • Setelah menyimpan invoice Anda, pertimbangkan untuk melampirkan dokumen atau file pendukung terkait layanan yang diberikan.
  • Pilih “File” > “Share” untuk membagikan faktur lengkap Anda secara digital melalui email atau metode lainnya. (Tanggal penagihan dan tanggal pengiriman bisa berbeda)
  • Alternatifnya, jika Anda perlu mengirim salinan fisik, pilih “Print” untuk membuat salinan cetak invoice. Lakukan pemeriksaan terakhir untuk kesalahan ketik sebelum mengirim apa pun ke printer.
  • Setelah dicetak, kemas faktur dan semua dokumen yang menyertainya dan kirimkan ke klien melalui surat pos atau layanan kurir.
  • Catat faktur Anda, baik salinan digital maupun fisik, untuk referensi dan tujuan akuntansi di masa mendatang.

Penutup

Cara membuat faktur di Excel sangat mudah, Anda bisa menyimak panduan diatas jika sebelumnya belum memiliki pengalaman dalam membuat invoice menggunakan Excel. Lembar kerja dan fitur yang disediakan Excel cukup memudahkan sehingga Anda bisa menyelesaikan pembuatan invoice secara otomatis dan cepat.