Asuransi Kecelakaan Diri: Pengertian, Manfaat dan Tips Membelinya

Asuransi Kecelakaan Diri

Banyaknya jenis asuransi membuat banyak orang tidak bisa membedakan jenis asuransi, padahal setiap dari jenis asuransi memiliki perbedaan yang cukup jelas. Salah satu jenis asuransi yang cukup penting untuk diperhatikan yaitu asuransi kecelakaan diri.

Asuransi jenis ini biasanya cukup populer dan sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi, di mana asuransi ini berfungsi untuk melindungi terjadinya kerugian finansial akibat terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen ataupun kematian.

Apa sih Asuransi Kecelakaan Diri?

Adapun pengertian dari asuransi kecelakaan diri menurut Otoritas Jasa Keuangan ialah sebuah perlindungan yang diberikan untuk memberikan jaminan kepada para nasabah dari kecelakaan yang dapat menimpanya dalam periode tertentu.

Suatu hal bisa dikatakan sebagai suatu kecelakaan dan bisa mengklaim asuransinya jika:

  4 Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (Panduan Lengkap)
  • Mati karena lemas atau karena terbenam
  • Keracunan karena sudah menghirup uap ataupun gas yang beracun
  • Terjangkit penyakit
  • Melakukan pengasingan di tempat yang sunyi karena adanya bencana

Umumnya, produk asuransi ini bisa berlaku untuk usia mulai dari 17 tahun hingga 60 tahun, di mana terdiri atas dua pilihan jenis asuransi yaitu asuransi konvensional dan syariah.

Manfaat dari Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri ini memiliki banyak manfaat, adapun beberapa di antaranya ialah:

Mendapatkan santunan kematian

Adanya santunan kematian ini biasanya berupa sejumlah uang yang akan diberikan kepada ahli warisnya, besarnya santunan berbeda-beda antara perusahaan asuransi satu dengan lainnya, biasanya berdasarkan pada premi yang disetorkan setiap bulannya.

Penggantian biaya untuk perawatan dan pengobatan

Manfaat selanjutnya ialah kita akan mendapatkan biaya ganti untuk biaya perawatan serta pengobatan. Sehingga hal ini tidak akan membuat kita langsung tiba-tiba miskin karena biaya berobat yang tinggi, mengingat biaya perawatan serta pengobatan akan di tanggung oleh pihak asuransi. Sangat menguntungkan bukan?

Santunan untuk cacat tetap

Bagi pihak tanggungan yang mengalami cacat permanen dan tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasanya, maka kita akan mendapatkan santunan dengan jumlah uang yang tidak sedikit, sehingga bisa digunakan sebagai modal usaha ataupun biaya hidup selama cacat.

Beberapa Tips Sebelum Membeli Asuransi Kecelakaan Diri

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum membeli asuransi jenis ini, adapun beberapa tips yang perlu untuk diperhatikan, di antaranya yaitu:

  4 Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (Panduan Lengkap)

Memilih reputasi perusahaan asuransi yang bagus

Dalam memilih perusahaan asuransi yang akan dipercaya kita maka kita perlu memilih perusahaan yang memiliki reputasi yang bagus, kita tidak boleh asal memilih tanpa adanya pengetahuan jelas terkait dengan perusahaan asuransi tersebut.

Untuk dapat melihat reputasi dan kredibilitas dari perusahaan asuransi, kita bisa melihat dari jejak digital yang ada atau bisa juga dengan banyak bertanya kepada yang sudah pernah menggunakan jasa asuransi pada perusahaan tersebut, sehingga penilaian akan lebih objektif.

Memilih jenis perlindungan yang sesuai

Setelah memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi yang baik serta terpercaya, langkah berikutnya yaitu memilih jenis perlindungan yang sesuai. Kita bisa memilih disesuaikan dengan kondisi kita, jika kita sering bepergian maka kita bisa memilih jenis perlindungan asuransi kecelakaan.

Melakukan perbandingan

Dalam memilih perusahaan asuransi, kita perlu melakukan pertimbangan dan perbandingan. Kita harus membandingkan antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya serta memilih yang terbaik dari yang baik. Kita bisa memilih perusahaan asuransi dengan premi yang tidak memberatkan.

Memilih tanggungan premi yang sesuai

Pemilihan premi yang sesuai bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita, kita perlu memilih premi yang tidak memberatkan. Kita juga tidak perlu memaksakan untuk memilih premi yang tinggi karena hanya akan membuat kita akan merasa terbebani. Oleh karena itu kita perlu memilih premi yang tidak memberatkan dan sesuai kemampuan saja.

  4 Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (Panduan Lengkap)

Mempelajari proposal asuransi dengan baik dan teliti

Pada saat sedang memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya, kita perlu mempelajari dan membaca proposal asuransi dengan baik dan teliti. Jangan sampai kita asal-asalan memilih yang dapat membuat kita tidak mengetahui isi perjanjian dari sistem asuransi seperti apa. Oleh karena itulah kita perlu lebih berhati-hati dan teliti memilih perusahaan asuransi.

Perhitungan Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Dalam memilih premi, kita perlu menyesuaikan dengan kondisi finansial, karena sebagai pemilik polis kita memiliki kewajiban membayar premi setiap bulannya. Adapun besar kecilnya premi biasanya akan ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Kondisi fisik pendaftar asuransi
  • Riwayat penyakit yang dimiliki oleh pendaftar
  • Usia pendaftar
  • Aktivitas keseharian yang dilakukan oleh pihak pendaftar
  • Pengalaman serta peristiwa kerugian yang pernah di alami.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan pengertian, manfaat serta tips yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kecelakaan diri. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang masih ragu dalam menentukan jenis asuransi. Kita juga bisa berkonsultasi langsung pada Garda Me sebagai perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *