10 Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Secara Tiba-tiba

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

HP tidak ada sinyal tentu tidak dapat digunakan apa-apa selain untuk memainkan aplikasi permainan offline. Padahal, umumnya HP digunakan untuk komunikasi via data dan juga membuka internet.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP tidak ada sinyal atau sinyal HP tiba-tiba hilang. Hal tersebut bisa jadi karena terdapat gangguan jaringan dari sisi operator dan bisa juga karena ada permasalahan pada sisi hardware ponsel.

Dalam artikel ini, Artikeloka akan membahas tentang beberapa penyebab signal HP hilang serta cara mengatasinya. Jika saat ini Anda memiliki masalah pada HP Anda yang mana sinyalnya secara tiba-tiba tidak muncul, ada baiknya Anda simak artikel ini.

Penyebab Sinyal HP Hilang Secara Tiba-tiba

Terdapat beberapa penyebab kenapa sinyal HP Android maupun jenis HP lainnya tiba-tiba hilang. Untuk mengetahui apa kira-kira penyebab hilangnya sinyal di HP Anda, berikut ini adalah beberapa penyebab umum dari hilangnya sinyal di HP.

1. Bahan Bangunan

Bahan bangunan di rumah, kendaraan, tempat kerja, atau pusat perbelanjaan biasa Anda adalah penyebab utama melemahnya sinyal seluler di Amerika. Sinyal seluler sulit menembus logam, kaca berwarna E rendah, beton, dan banyak bahan lainnya.

Jika Anda sering melihat sinyal masuk dan keluar menghilang saat berada di dalam ruangan, kemungkinan sinyal Anda diblokir oleh bahan konstruksi. Berikut adalah daftar bahan bangunan yang memblokir sinyal ponsel dan seberapa banyak.

Meskipun bukan solusi yang paling nyaman, coba gunakan ponsel Anda di dekat jendela yang terbuka atau keluarlah. Pilihan yang lebih baik adalah penguat sinyal ponsel. Ini dapat membantu melewati material yang memblokir sinyal dan memberikan sinyal yang lebih kuat di mana pun Anda membutuhkannya. Kami akan segera membicarakannya lebih lanjut.

2. Jarak BTS Cukup Jauh

Sinyal HP hanya dapat menjangkau sejauh ini. Tidak jelas seberapa jauhnya, karena beberapa sumber menyatakan hingga 25 mil sementara yang lain menyatakan 45 mil. Jarak sebenarnya bervariasi tergantung pada frekuensi, daya pemancar, dan medan (gedung, pohon, bukit, dll.).

Semakin jauh Anda dari menara seluler, dan semakin banyak rintangan yang menghalangi, semakin lemah sinyal yang didapat. Hal ini menyebabkan suara “tangki ikan”, momen ucapkan dan ulangi yang terus-menerus, dan layanan satu bar yang ditakuti. Masyarakat yang tinggal atau bepergian di pedesaan cenderung menjadi korban utama.

Karena pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan menara seluler operator Anda tidak praktis bagi banyak orang, penguat sinyal seluler adalah cara yang tepat. Mereka menggunakan amplifier dan antena yang kuat untuk berkomunikasi dengan menara seluler yang jauh guna mengirimkan sinyal yang lebih kuat ke tempat yang Anda butuhkan. Alternatifnya, Anda dapat beralih ke operator yang menawarkan jangkauan terbaik di wilayah Anda.

  Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor Berbasis Aplikasi di Twitter Secara Gratis

3. Jaringan Sibuk

Ponsel berkomunikasi dengan situs seluler untuk mengirim dan menerima panggilan, teks, dan data. Menara seluler dan sel kecil hanya dapat menangani begitu banyak perangkat dalam satu waktu.

Di daerah padat penduduk, semua perangkat berebut tempat di menara seluler terdekat. Semakin banyak orang yang terhubung, sinyal menjadi lemah bagi semua orang, sehingga menyebabkan panggilan terputus dan buffering video. Hal ini dapat terjadi saat terjebak kemacetan, di festival, atau di rumah pada jam sibuk.

Karena kapasitas yang terbatas, penyedia seluler mempunyai kebijakan pengelolaan jaringan. Mereka membatasi koneksi Anda selama masa kemacetan setelah melebihi jumlah GB tertentu yang ditentukan pada paket Anda. Semakin mahal paket Anda, semakin besar prioritas yang diberikan kepada Anda dalam jaringan. Mereka juga memprioritaskan perangkat dengan koneksi yang lebih kuat ke menara.

Untuk mengurangi atau mengakhiri sinyal seluler yang tidak dapat diandalkan karena lalu lintas seluler yang padat, pertimbangkan untuk meningkatkan paket nirkabel Anda. Anda juga dapat menggunakan penguat sinyal untuk memperkuat sinyal yang dikirimkan antara menara seluler dan perangkat Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjaga koneksi Anda tetap kuat bahkan pada saat kemacetan.

4. Dead Spots

Ada banyak wilayah di negara ini yang tidak tercakup oleh penyedia layanan tertentu. Jika Anda tiba-tiba kehilangan layanan seluler, rumah atau kendaraan Anda mungkin berada di zona mati.

Zona mati adalah area tanpa sinyal seluler. Hal ini terjadi setiap kali ada hambatan apa pun antara pengguna dan menara telepon seluler atau kurangnya menara secara umum.

Anda dapat menggunakan peta jangkauan operator Anda untuk mengetahui apakah Anda berada di titik mati.

Meskipun demikian, peta cakupan hanyalah perkiraan; mereka tidak 100% akurat. DeadCellZones.com juga merupakan sumber yang bagus. Semua data berasal dari crowdsourced.

Cara terbaik untuk mendapatkan layanan di area tanpa sinyal adalah dengan menggunakan panggilan WiFi atau berinvestasi di Femtocell. Internet broadband diperlukan untuk keduanya. Namun, kadang-kadang, ada sinyal lemah tetapi terlalu lemah untuk dideteksi oleh ponsel Anda. Dalam kasus tersebut, penguat sinyal dapat membantu.

5. Landscape

Fitur geografis sering kali menyebabkan sinyal menjadi buruk. Pohon, misalnya, terkenal suka menghalangi sinyal telepon seluler. Baik saat Anda sedang hiking atau rumah Anda dikelilingi oleh dedaunan besar, kanopi daun dapat menyebabkan penurunan penerimaan seluler secara besar-besaran.

Gunung, bukit, dan lembah juga. Sama seperti bahan bangunan, sinyal seluler sulit menembus penghalang alami. Jika Anda tinggal di satu sisi gunung, dan satu-satunya menara seluler di daerah Anda berada di sisi lain, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapat sambutan yang baik.

Kecuali Anda dapat menebang pohon atau mengubah lokasi, penguat sinyal adalah pilihan terbaik Anda untuk melawan penghalang alami.

6. Faktor Cuaca

Yang mengejutkan, cuaca dapat mempengaruhi layanan seluler. Ponsel mengirimkan dan menerima gelombang elektromagnetik. Fenomena cuaca, seperti kelembapan, guntur, kilat, angin, hujan, salju, dan es, mengganggu gelombang, sehingga menurunkan kinerja.

Sayangnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan mengenai cuaca, hal ini berada di luar kendali siapa pun. Padahal, penguat sinyal dapat membantu menyempurnakan sinyal yang diterima dari menara seluler terdekat. Bahkan saat cuaca buruk, Anda tetap dapat menikmati percakapan, SMS, dan data yang andal.

7. Antena

Semua ponsel menggunakan antena untuk mengirimkan sinyal seluler. Dulu, ponsel memiliki antena luar yang dapat diekstraksi. Tentu saja, mereka besar, berat, dan berat, tetapi sinyalnya cukup konsisten. Hal ini sebagian disebabkan oleh antena luarnya yang tidak mungkin diblokir.

  Cara Membuat Chat Kosong di WA, Coba Sekarang 100% Berhasil!

Ponsel masa kini memiliki antena yang tertanam di dalamnya. Apa pun yang menghalangi antena, baik itu tangan Anda, pelat magnet, atau wadah logam, dapat mengganggu penerimaan sinyal. Di mana tepatnya letak antena internal tergantung pada model ponsel Anda. Pencarian Google cepat dapat membantu Anda mengidentifikasi lokasinya.

Penurunan kekuatan sinyal akibat pemblokiran antena mungkin tidak terlihat di area dengan penerimaan yang kuat. Namun, hal ini dapat membuat perbedaan besar di lingkungan yang hampir zona mati.

Temukan lokasi antena Anda dan hindari memblokirnya dengan tangan Anda atau pelat dudukan telepon magnetis. Usahakan untuk tidak menggunakan casing tebal atau logam yang dapat menghalangi jumlah sinyal yang diterima antena.

8. Baterai Lemah

Telepon seluler membutuhkan energi untuk menjaga koneksi dengan menara seluler. Mereka mungkin kesulitan mengirim dan menerima sinyal kuat saat baterai lemah.

Jangan menunda pengisian daya ponsel Anda. Anda mungkin mendapatkan sinyal yang lemah saat Anda sangat membutuhkannya. Jika Anda tidak memiliki akses ke sumber listrik, usahakan selalu membawa bank daya yang terisi daya untuk berjaga-jaga.

9. Penangkap Sinyal HP Bermasalah

Setiap smartphone dilengkapi hardware berupa penangkap sinyal. Jika hardware ini rusak atau mengalami penurunan kinerja, maka sudah pasti sinyal HP Anda menjadi sangat lemah atau bahkan hilang sama sekali. Solusinya adalah Anda perlu membawanya ke tukang servis dan melakukan pergantian.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Total

Jika Anda sudah mengetahui apa penyebab sinyal HP Android hilang, maka sekarang Anda bisa beralih ke langkah-langkah untuk mengatasi sinyal HP hilang agar bisa kembali muncul dan HP dapat digunakan secara normal lagi.

1. Restart Ponsel

Memulai ulang sering kali memperbaiki gangguan acak pada Perangkat. Berikut cara memulai ulang Perangkat Anda.

  • Tekan tombol power pada Perangkat Android Anda masing-masing.
  • Kemudian pilih opsi Mengulang kembali.
  • Anda juga dapat mematikannya dan menekan tombol daya lagi untuk menghidupkan Perangkat.

2. Lakukan Pembaruan Sistem

Untuk memperbaiki bug apa pun pada sistem ponsel Android Anda, tingkatkan ke versi Android terbaru. Sebelum memperbarui, pastikan untuk menghubungkan ponsel Anda ke jaringan WiFi.

  • Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.
  • Perangkat akan mulai mencari pembaruan versi yang tersedia.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem.

3. Aktifkan Roaming di Perangkat Anda

Jika Anda bepergian ke luar negara bagian Anda, sebaiknya aktifkan roaming di perangkat Android Anda untuk menghindari kehilangan konektivitas jaringan karena menggunakan data seluler. Untuk mengaktifkan roaming di perangkat Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Luncurkan aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke WiFi & Jaringan dan ketuk di atasnya.
  • Ketuk SIM & Jaringan.
  • Pilih penyedia Anda.
  • Navigasikan ke Roaming dan ketuk tombol di sampingnya untuk mengaktifkan fitur tersebut.

4. Lepas dan Masukkan Kartu SIM dengan Benar di Perangkat Android

Seringkali tidak memasukkan kartu SIM dengan benar akan mengganggu jaringan meskipun jangkauan jaringan di wilayah Anda bagus dan server ISP bekerja dengan baik. Sebaiknya keluarkan kartu SIM dan masukkan sekali lagi untuk memastikan kartu terpasang dengan benar di tempat SIM.

  • Gunakan alat pelepas SIM untuk mengeluarkan tempat SIM.
  • Keluarkan kartu SIM dan letakkan di tempat SIM.
  • Dorong kembali tempat SIM ke dalam slotnya.
  • Sekarang amati apakah jaringan berfungsi dengan benar atau tidak.

Selain itu, hubungi penyedia layanan Anda untuk memastikan bahwa SIM Anda telah diaktifkan jika itu adalah kartu SIM baru yang telah Anda beli dan pasang di Perangkat. Biasanya, aktivasi mungkin memerlukan waktu beberapa jam setelah Anda memasukkan SIM ke ponsel Anda.

  Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

5. Alihkan Mode Penerbangan di Perangkat Android

Berikut tip pemecahan masalah umum lainnya yang digunakan untuk memperbaiki masalah jaringan pada ponsel cerdas. Nonaktifkan jaringan menggunakan mode penerbangan dan aktifkan kembali sekali lagi.

  • Geser ke bawah pusat notifikasi untuk menampilkan beberapa tombol pintasan.
  • Ketuk mode penerbangan untuk memutuskan sambungan Perangkat dari semua jaringan aktif.
  • Tunggu beberapa detik sebelum mengetuk lagi tombol mode penerbangan untuk memulihkan jaringan.

6. Periksa Ponsel Android untuk Kerusakan Perangkat Keras

Apakah ponsel Android Anda terjatuh ke lantai atau permukaan keras lainnya? Hampir setiap orang yang menggunakan ponsel pintar, pasti pernah mengalami ponsel terlepas dari tangan dan terbentur tanah. Hal ini dapat merusak modem di dalam Perangkat dan menyebabkan jaringan berfluktuasi.

Jika ponsel Anda jatuh dari tangan Anda, bawalah ke pusat layanan OEM dan periksakan ke teknisi. Jika modemnya rusak, segera perbaiki. Jika tidak, menerapkan perbaikan lain tidak akan banyak membantu dalam mendapatkan kembali jaringan stabil di Perangkat Anda.

7. Perbarui Paket Telekomunikasi Anda

Gunakan aplikasi khusus penyedia layanan Anda untuk memeriksa apakah Anda kehabisan paket yang terakhir aktif di Perangkat Anda. Jika demikian, perbarui paket dan mulai ulang Perangkat. Seandainya paket telekomunikasi yang sudah kadaluwarsa menyebabkan jaringan terhambat, sebaiknya diperbaiki sekarang.

8. Hubungi Penyedia Layanan Telekomunikasi Anda

Mungkin ada masalah teknis yang lebih luas di pihak penyedia layanan yang menyebabkan masalah jaringan pada ponsel Android Anda. Hubungi tim dukungan ISP Anda dan beri tahu mereka tentang masalahnya. Jika mereka mengakui ada masalah dengan server mereka, tunggulah sampai mereka memperbaikinya.

9. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Menyetel ulang jaringan akan menyelesaikan semua masalah terkait jaringan dengan Perangkat. Ini akan menghapus semua data, seperti jaringan WiFi yang disimpan, secara permanen dari Perangkat. Ini adalah metode pemecahan masalah yang berguna untuk memperbaiki masalah jaringan umum yang tidak dapat diselesaikan menggunakan metode pemecahan masalah lainnya.

  • Buka Pengaturan > Sistem.
  • Ketuk Opsi Atur Ulang > Pilih Atur Ulang WiFi, seluler, dan Bluetooth
  • Untuk mengonfirmasi, ketuk Atur Ulang Pengaturan.

10. Lakukan Reset Pabrik Lengkap

Ketika tidak ada cara lain yang berhasil untuk menyelesaikan masalah jaringan, termasuk mengatur ulang elemen jaringan, sekarang saatnya untuk mengatur ulang seluruh Perangkat. Ini berarti melakukan reset pabrik yang akan menghapus semua data di Perangkat Android.

Selain itu, ini akan mengatur semua pengaturan pada Perangkat Anda ke parameter defaultnya. Ini sering diamati dan disarankan untuk melakukan reset pabrik ketika masalah teknis terus berlanjut pada Perangkat Anda. Berikut langkah-langkah untuk mereset Perangkat.

  • Buka Pengaturan > Sistem.
  • Ketuk Opsi Atur Ulang.
  • Pilih Hapus Semua Data (Reset pabrik)
  • Aktifkan Penyimpanan Internal.
  • Ketuk Hapus Semua Data untuk mengonfirmasi dan melanjutkan dengan reset pabrik.

Perhatikan bahwa beberapa langkah mungkin berbeda dari satu Perangkat ke Perangkat lainnya, tetapi opsi reset pabrik biasanya ditemukan di Pengaturan Sistem di semua perangkat Android.

Kesimpulan

Memiliki jaringan yang stabil penting untuk semua aktivitas yang diperlukan seperti menelepon, browsing, atau mengirim pesan. Jika Anda merasa terganggu karena ponsel Android Anda sering kehilangan koneksi jaringan, terapkan tips pemecahan masalah ini, dan kami yakin ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan mudah.

Jika Anda memiliki pemikiran tentang cara mengatasi sinyal HP hilang, silahkan mampir dibawah kotak komentar untuk berbagi dengan kami dan para sahabat pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *