Cara Menghapus Aplikasi Snipping Tool di Windows

Snipping Tool

Untuk memudahkan pengguna yang perlu melakukan tankapan layar atau screenshots, Windows menghadirkan fitur berupa Snipping Tool dimana dengan aplikasi ini pengguna dapat menangkap layar secara mudah.

Namun, seiring dengan penggunaan PC hingga sekian tahun, tidak menutup kemungkinan program Snipping Tool ini justru memberikan masalah terhadap pengguna dimana aplikasi Snipping Tool selalu aktif dengan sendirinya.

Disaat kita sedang menggunakan komputer seperti biasanya, tiba-tiba jendela munculan Snipping Tools aktif dan aktivitas kita menggunakan komputer pun menjadi terganggu.

Nah, jika kondisinya demikian, maka Anda mungkin terpikir untuk mencari cara menghapus aplikasi Snipping Tools di Windows 10 maupun pada versi Windows yang lebih baru, misalkan Windows 11.

Contents

  Cara Mengubah Paket Ilmupedia Menjadi Kuota Flash

Cara Uninstall Program Sinpping Tools di Windows 11

Secara keseluruhan, cara uninstall program Snipping Tools di Windows 10 dan Windows 12 sama saja. Adapun langkah-langkahnya yang dapat Anda ikuti adalah seperti dijelaskan dibawah ini.

Anda bisa remove Snipping Tools dari komputer Anda terlebih dahulu, dan selanjutnya bisa di install ulang agar error yang terjadi tidak menggangu kenyamanan Anda dalam menggunakan komputer.

Jika Anda mengalami masalah dengan Snipping Tool, Anda dapat mengatur ulang, memperbaiki, dan menginstalnya kembali untuk menyelesaikan masalah.

Baca juga: Cara Mengambil Gambar Screenshot di Laptop

Panduan ini menunjukkan cara menginstal ulang Snipping Tool di Windows 11.

Install ulang Snipping Tool di Windows 11

Langkah 1: Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan. Di aplikasi Pengaturan, navigasikan ke halaman Aplikasi > Aplikasi terinstal.

Langkah 2: Halaman ini menampilkan semua aplikasi yang diinstal di sisi kanan. Di sini, cari entri Snipping Tool.

Langkah 3: Setelah Anda menemukan entri Snipping Tool, klik tiga titik di sebelahnya lalu klik opsi Uninstall.

  Tips Memilih Laptop Gaming Murah Terbaik

Langkah 4: Saat dimintai konfirmasi, klik tombol Uninstall untuk menghapus instalasi dan menghapus Snipping Tool dari instalasi Windows 11 Anda.

Langkah 5: Sekarang Anda telah menghapus Snipping Tool, saatnya menginstal salinan baru yang sama.

Buka aplikasi Microsoft Store menggunakan pencarian, cari Snipping Tool, lalu klik tombol Dapatkan / Instal untuk mengunduh dan menginstal Snipping Tool.

Demikian tadi langkah-langkahnya. Anda telah berhasil menginstal ulang Snipping Tool.

Cara Setel Ulang Atau Memperbaiki Snipping Tool di Windows 11

Langkah 1: Buka halaman Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi terinstal.

Langkah 2: Klik tiga titik di sebelah Snipping Tool lalu klik Opsi lanjutan.

Langkah 3: Terakhir, di bagian Reset, klik tombol Repair untuk memperbaiki Snipping Tool dan klik tombol Reset untuk meresetnya ke pengaturan default.

Kesimpulan

Itulah cara mudah untuk mengatasi program Snipping Tool error dimana Anda bisa uninstall dan install ulang agar kembali berfungsi secara normal.

Snipping Tool adalah perangkat lunak tangkapan layar default di Windows 11. Dengan Snipping Tool, Anda dapat mengambil tangkapan layar dan membuat anotasi.

  Daftar 14 HP Android Versi 5 Kebawah

Bagian terbaiknya adalah Snipping Tool versi terbaru juga mendukung perekaman layar. Jadi, Anda bisa merekam area yang dipilih atau menggunakan mode layar penuh.