Mengenal Apa itu Mode Pesawat, Mode Jangan Ganggu, dan Mode Tidur

Apa itu Mode Pesawat, Mode Jangan Ganggu, dan Mode Tidur

Di smartphone Android terdapat beberapa pilihan mode yang bisa diaktifkan sewaktu-waktu jika Anda membutuhkannya, mulai mode pesawat, mode jangan ganggu, hingga mode tidur.

Setiap mode yang tersedia di HP Android tentunya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna. Misalkan mode Jangan Ganggu atau Do Not Disturb, mode ini bisa Anda aktifkan saat sedang meeting atau ada keperluan penting dimana Anda tidak ingin menerima notifikasi pesan atau adanya panggilan masuk.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai perbedaan Mode Tidur dan mode Jangan Ganggu, serta penjelasan tentang mode pesawat di Android.

Di HP Jadul, mode yang sudah tersedia pada saat itu sepertinya hanya mode pesawat saja atau airplane mode. Kini, seiring dengan semakin canggihnya teknologi ponsel pintar seperti Android dan iOS, semakin banyak fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan pengguna.

  Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Apa itu Mode Pesawat di Android?

Mode Pesawat atau Airplane Mode adalah sebuah mode dimana ketika Anda mengaktifkannya, maka jaringan akan terputus sehingga HP Anda dalam kondisi offline alias tidak bisa dihubungi, baik melalui panggilan suara maupun chat.

Biasanya mode Pesawat ini diaktifkan untuk beberapa keperluan, misalkan untuk mencegah adanya panggilan masuk karena pengguna besangkutan sedang ada rapt atau karena alasan lainnya. Selain itu, mengaktifkan mode pesawat biasanya juga dimaksudkan untuk me-refresh jaringan ketika jaringan terlihat buruk.

Tentang Mode Jangan Ganggu

Mode Jangan Ganggu atau dikenal juga Mode Do Note Disturb adalah sebuah mode yang manakala diaktifkan, maka seluruh notifikasi (pesan chat, panggilan, email, dsb) tidak akan muncul.

Mode ini cukup berguna bagi users yang dalam waktu tertentu tidak ingin diganggu dengan adanya rentetan pesan atau panggilan masuk karena sedang sibuk. Jadi, Anda juga bisa menggunakan mode ini apabila sedang membutuhkannya.

  Cara Mengatasi Video YouTube Sering Buffering Atau Tiba-tiba Berhenti

Mengenal Apa itu Mode Tidur

Satu lagi mode yang bisa digunakan di Android adalah Mode Tidur atau Bedtime. Mode waktu tidur saat diaktifkan akan memblokir semua penggunaan data selama rentang waktu yang Anda tetapkan. Fitur Mode Tidur ini berguna bagi Anda yang ingin mengontrol penggunaan data saat Anda tidak secara aktif menggunakan aplikasi di HP Anda.

Cara Mengaktifkan Mode Tidur di Android

Jika Anda ingin mengaktifkan mode Tidur di HP Android, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini:

  • Buka HP Android Anda, dari layar bagian atas silahkan Anda suap kebawah sampai muncul daftar tampilan short menu.
  • Temuka menu Mode Tidur, lalu silahkan sentuh untuk mengaktfkannya.
  • Untuk menyetel waktu mulai, sentuh jam digital. Setting jamnya terlebih dahulu, kemudian menitnya dengan cara menggerakkan jarum jam, lalu sentuh OK. Pastikan Anda memilih opsi AM atau PM.
  • Untuk setting waktu berakhir, sentuh pada jam digital. Gerakkan jarum jam ke waktu berakhir yang diinginkan, lalu sentuh OK.
  • Untuk melihat jam dalam format digital, sentuh Masukan di pojok kiri bawah. Ketik waktu mulai yang diinginkan, lalu sentuh OK.
  • Dibagian bawah aplikasi, silahkan Anda sentuh Aktifkan mode tidur.
  6 Cara Melihat Tipe HP OPPO Secara Mudah

Sebagai catatan, apabila penghemat data belum diaktifkan, Anda akan diminta untuk menonaktifkannya agar menggunakan Mode waktu tidur. Untuk melanjutkan, silahkan sentuh Aktifkan.