Cara Membuat Meta Description di WordPress Tanpa Plugin

Cara Membuat Meta Description di WordPress Tanpa Plugin

Untuk membantu mesin perayap Google dan search engine lainnya menemukan keberadaan website Anda secara mudah, maka diperlukan sebuah meta description.

Meta description adalah sebuah meta yang berisi gambaran mengenai isi website atau blog Anda secara keseluruhan. Adanya meta description dapat memudahkan mesin crawler untuk megindentifikasi website Anda.

Di WordPress, Anda dapat menambahkan meta deskripsi tanpa plugin atau dengan menggunakan bantuan plugin, seperti Yoast SEO, All in One SEO Pack, Rank Math, dan lain sebagainya.

Apa itu Meta Description

Apa itu Meta Description
Pengertian Meta Description

Mesin pencari seperti Google menggunakan robot yang disebut crawler web untuk mengindeks situs web yang ada di internet. Deskripsi yang diberikan dengan benar kemudian akan ditampilkan di hasil pencarian, sehingga blog Anda dapat ditemukan dengan lebih mudah ketika ada orang yang mencari kata kunci yang relevan dengan deskripsi blog Anda.

Namun begitu, karena crawler hanya berupa program, ia tidak secara otomatis dapat mengetahui isi website Anda tentang apa. Anda perlu menginformasikannya menggunakan elemen yang berbeda seperti peta situs, schema markup, dan meta tag. Itulah sebabnya deskripsi meta sangat penting.

Calon pengunjung website Anda melihat deskripsi meta halaman dibawah judul di hasil pencarian. Deskripsi meta dimaksudkan untuk memberi tahu mereka tentang konten atau kandungan informasi halaman web Anda sehingga mereka dapat memutuskan apakah akan mengkliknya atau tidak.

  Trik Meningkatkan Pengunjung Blog WordPress

Dalam perkembangannya, sebenarnya mesin perayap Google lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, mereka sekarang dapat mengekstrak judul dan deskripsi meta secara otomatis, dan mencari tahu topik halaman tanpa Anda harus menentukan kata kunci secara manual.

Jika Anda tidak menambahkan deskripsi, Google akan menghasilkan sebuah meta deskripsi secara otomatis dari halaman website Anda. Tetapi Anda bisa kehilangan kesempatan untuk meyakinkan orang agar mengklik tautan dengan cuplikan bertarget yang disesuaikan untuk mendapatkan konversi.

Apakah Meta Description Mempengaruhi SEO

Apakah Meta Description Mempengaruhi SEO
Meta Description Mempengaruhi SEO

Meta deskripsi sebenarnya tidak memiliki efek langsung pada peringkat SEO, namun Google tetap menyarankan untuk membuat meta deskripsi yang unik untuk setiap halaman situs Anda agar semakin memperjelas informasi apa yang dimuat di halaman situs web Anda.

Pikirkan tentang ketika Anda mencari sesuatu di Google. Apa yang membuat Anda memilih untuk mengklik tautan tertentu? Mungkin judul, deskripsi, atau keduanya yang terasa lebih meyakinkan Anda.

Mesin telusur dapat secara otomatis menghasilkan cuplikan, tetapi jika cuplikan yang dihasilkan oleh mesin telusur tersebut kurang menarik dalam menyampaikan konten Anda, maka kemungkinan orang akan mengabaikannya dan memilih situs web lain.

Nah, membuat meta deskripsi sendiri memastikan bahwa Anda memiliki kontrol lebih besar atas apa yang akan dilihat orang. Dari sini saja Anda sudah bisa mendapatkan benefit berupa CTR (Click Through Rate) yang cenderung tinggi.

Jadi, selain untuk tujuan SEO, membuat meta deskripsi akan memainkan peran besar dalam menarik dan mengonversi pengunjung. Meskipun meta deskripsi tidak secara langsung mempengaruhi SEO, tetapi ini akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan pengunjung karena CTR yang tinggi.

Tips Menambahkan Meta Description di WordPress

Tips Menambahkan Meta Description di WordPress
Menambahkan Meta Description di WordPress

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda hendak menambahkan meta deskripsi di blog.

1. Panjang Kata Ideal

Anda tidak dapat membuat cuplikan meta deskripsi terlalu panjang. Jika Anda melebihi jumlah karakter ideal, meta deskripsi akan terpotong. Buatlah meta dekripsi yang singkat tapi menggambarkan isi website Anda. Adapun jumlah karakter idealnya adalah berkisar antara 155-160 karakter.

  Cara Optimasi Blog Agar Banyak Pengunjung

2. Fokus Pada Keyword

Sebaiknya sertakan kata kunci dalam meta description yang Anda buat. Jika Anda membuat cuplikan untuk posting blog, Anda dapat menargetkan kata kunci yang sama dengan artikel yang Anda tulis. Jika tidak, lakukan riset kata kunci dan pilih satu yang sesuai dengan target Anda.

Memasukkan kata kunci akan membantu Anda menyusun deskripsi dengan cara yang menarik. Plus, Google terkadang menyoroti kata kunci yang cocok dengan istilah pencarian pengguna. Menargetkan kata kunci yang populer dan memasukkannya dalam deskripsi blog Anda nantinya teks akan terlihat tebal di hasil pencarian Google.

3. Hindari Cuplikan Ganda

Meta deskripsi membuat Anda memiliki peluang untuk menjangkau pelanggan potensial dan mengonversinya, jadi jangan sia-siakan dengan membuat duplikat cuplikan. Buatlah meta deskripsi yang unik dan mampu menarik orang untuk mengklik tautan website Anda di hasil telusur search engine.

4. Buat Meta Deskripsi yang Jelas

Uraikan meta blog Anda seperti halnya iklan – singkat, jelas, dan menarik. Anda tidak harus menulis semua hal yang ada di blog Anda, tapi cukup sebutkan kategori utamanya. Ini adalah cara memasukkan meta deskripsi yang baik katimbang Anda membuatnya sangat panjang dan justru menjadi tidak menarik dihadapan calon visitor blog Anda.

5. Tidak Perlu Dimanipulasi

Seperti disebutkan sebelumnya, meta description bukan senjata utama untuk memenangkan persaingan di SERPs. Meta deskripsi dibuat dengan tujuan untuk mempermudah mesin crawler dan meningkatkan CTR. Jadi, buatlah meta description yang mewakili isi blog Anda secara keseluruhan.

Anda tidak perlu memanipulasinya dengan harapan dapat meningkatkan SEO blog Anda. Ini justru akan membuatnya menjadi kacau, sementara yang Anda harapkan adalah berupa dampak baik.

Cara Membuat Meta Description Otomatis Dengan Yoast

Catatan: Ini adalah panduan membuat meta description untuk homepage (halaman utama blog).

  Cara Meningkatkan Peringkat Keyword di Google

1. Silahkan install plugin SEO Yoast di blog WordPress Anda.

2. Jika sudah selesai memasang plugin Yoast, dan konfigurasi plugin ini telah Anda selesaikan. Kemudian buka SEO > Search Appearance.

3. Kemudian, tulislah deskripsi blog Anda pada kolom Meta description.

Cara Membuat Meta Description Otomatis Dengan Yoast
Membuat Meta Description dengan Yoast

4. Tulis meta deskripsi dengan jumlah karakter antara 155-160. Jika sudah, silahkan geser kebawah dan klik tombol Save changes.

5. Selesai. Jika Anda ingin melihat hasilnya langsung di Google, Anda perlu meminta Google merayapi ulang blog Anda melalui fitur yang tersedia di Google Search Console.

Baca juga:

Cara Membuat Meta Description di WordPress Tanpa Plugin

Jika tidak ingin menggunakan plugin, Anda juga dapat memasang meta deksiprisi di WordPress tanpa plugin. Berikut ini langkah-langkah membuat meta description di WordPress tanpa plugin, namun tetap SEO friendly.

1. Silahkan masuk ke cPanel menggunakan detial akun hosting Anda.

2. Klik pada menu File Manager.

Cara Membuat Meta Description di WordPress Tanpa Plugin

3. Kemudian klik folder nama blog Anda.

klik folder nama blog

4. Kemudian klik wp-content > themes > pilih theme yang aktif di blog Anda > klik folder theme tersebut >klik kanan pada file header.php > pilih Edit.

file header

5. Kemudian, masukkan kode meta deskripsi dibawah diantara kode <head></head>.

<meta name="description" content="ganti teks ini dengan DESKRIPSI blog Anda" />

6. Agar deskripsi tersebut tidak tampil di semua halaman, melainkan hanya di homepage, silahkan tambahkan juga kode berikut ini.

<meta name="description" content="<?php if ( is_single() ) {
        single_post_title('', true); 
    } else {
        bloginfo('name'); echo " - "; bloginfo('description');
    }

7. Klik Save changes, dan selesai.

Contoh Meta Description

Seperti apa cuplikan meta deskripsi di Google? Berikut ini beberapa contoh meta description (homepage) di hasil penelusuran mesin pencari Google.

Contoh Meta Description
Meta Description Google
Meta Description Artikeloka
Meta Description Artikeloka

Apakah blog Anda belum dilengkapi meta description? Anda dapat membuatnya sekarang.

3 Cara Mengatasi Artikel Blog Hilang Dari Google

Anda mungkin pernah dihadapkan dengan sebuah pengalaman dimana URL blog atau postingan-postingan blog Anda tiba-tiba hilang dari pencarian Google. Hal ini disebabkan oleh berbagai...
Artikeloka
1 min read

Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas

Untuk urusan SEO off-page, salah satu faktor penentunya adalah backlink. Membangun backlink sendiri bukan pekerjaan mudah yang dapat kita lakukan hanya dalam hitungan menit. Terlebih...
Artikeloka
4 min read

Leave a Reply