3 Cara Mengatasi Artikel Blog Hilang Dari Google

Anda mungkin pernah dihadapkan dengan sebuah pengalaman dimana URL blog atau postingan-postingan blog Anda tiba-tiba hilang dari pencarian Google. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, dan yang terpenting adalah bagaimana mencari solusinya sehingga blog Anda bisa kembali didatangi pengunjung.

Ada banyak faktor yang menyebabkan artikel hilang dari index Google Search, mulai faktor spam, perubahan algoritma Google itu sendiri, dan lain sebagainya. Adapun artikel ini tidak akan mengulas lebih rinci penyebab artikel hilang dari Google Search, tetapi lebih kepada cara untuk mengatasinya.

Baca juga:

Cara Mengatasi Blog Tidak di Index Google

Tentunya sebuah kerugian bagi pemilik blog manakala blog yang ia kelola tiba-tiba hilang dari Google. Blog yang tadinya dikunjungi banyak orang akhirnya hanya ada beberapa pengunjung saja setiap harinya. Bagi Anda yang dihadapkan dengan pengalaman ini, silakan ikuti beberapa kiat untuk mengatasi artikel deindex seperti diulas berikut ini.

  Trik SEO Terbaru Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

1. Review Aktivitas Anda

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah mereview aktivitas (optimasi) yang Anda lakukan sebelum blog Anda hilang dari hasil telusur Google. Ini amat penting karena salah satu penyebab blog hilang dari Google adalah akibat tindakan over optimasi, sehingga blog tersebut di list sebagai blog spam.

Jika kondisinya demikian, maka blog Anda sedang mendapat hukuman dari Google sehingga butuh waktu untuk bisa keluar dari hukuman tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap memposting artikel seperti biasa, namun pastikan Anda tidak lagi melakukan tindakan yang mencirikan kegiatan spam.

2. Submit Ulang Sitemap

Langkah kedua adalah dengan mengirim ulang sitemap blog Anda ke Google Console. Resubmit sitemap ini bertujuan agar dilakukan indexing kembali oleh mesin perayap Google. Cara submit ulang sitemap adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Google Console
  • Klik pada menu Crawl
  • Pilih Sitemaps, kemudian silakan submit ulang sitemap yang sebelumnya sudah Anda submit.
  Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas

3. Gunakan Fitur Fetch as Google

Di Google Console terdapat fitur Fetch as Google. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminta Google segera mengindex artikel blog Anda secara lebih cepat.

Fitur Fetch as Google benar-benar berguna jika Anda menginginkan salah satu artikel harus di index secara cepat. Untuk meminta Google mengindex blog Anda, silakan pilih menu Fetch as Google > klik tombol FETCH AND RENDER.

Demikian cara untuk mengatasi blog hilang dari Google, semoga setelah menerapkan langkah-langkah diatas nantinya blog Anda kembali di index sebagaimana mestinya.

Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas

Untuk urusan SEO off-page, salah satu faktor penentunya adalah backlink. Membangun backlink sendiri bukan pekerjaan mudah yang dapat kita lakukan hanya dalam hitungan menit. Terlebih...
Artikeloka
4 min read

5 Replies to “3 Cara Mengatasi Artikel Blog Hilang Dari Google”

  1. ini baru terjadi sama saya, tiba-tiba seluruh postingan saya (5504 post) dari google habis tak tersisa, bahkan untuk menemukan postingan tersebut harus mencarinya dengan menggunakan link postingan.
    visitor langsung menurun drastis 95%
    sampai sekarang belum tahu apakah serp seo web saya akan balik atau tidak, yang jadi masalahnya mungkin karena hosting saya yang selalu down dan susah untuk diakses.

Leave a Reply