Macam-macam Sumber Energi Yang Paling Aman Bagi Lingkungan

Sumber Energi Yang Paling Aman Bagi Lingkungan Adalah

Jenis-jenis sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah energi air salah satunya. Adapun untuk macam-macam sumber energi teraman yang lainnya bisa disimak sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Mengetahui sumber energi yang aman untuk lingkungan tentu sangat penting bagi kita semua. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah sumber energi alternatif dimana sebenarnya terdapat banyak energi alternatif yang ada di bum.

Energi ini merupakan jenis energi terbarukan yang bisa mengganti bahan bakar konvensional. Lazimnya, energi alternatif digunakan untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

Hal ini karena emisi karbondioksida yang dikeluarkan cukup tinggi dan menyebabkan gencarnya pemanasan global. Jadi, sumber energi alternatif sangat aman digunakan di bumi sepanjang itu dimanfaatkan secara benar.

Kemudian, pertanyaannya adalah apa saja sumber energi tersebut? Sobat Artikeloka.com bisa membaca penjelasan lengkapnya dalam uraian dibawah ini.

  Sebutkan Hari Libur Nasional Amerika, Ini Daftarnya

Contents

Sumber Energi Yang Paling Aman Bagi Lingkungan Adalah

Apa saja sumber energi yang paling aman bagi lingkungan? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah termasuk enegeri air hingga energi matahari.

1. Energi Air

Air adalah salah satu energi alternatif yang dihasilkan dari bumi. Supaya dapat menghasilkan energi air, maka perlu dibuat bendungan untuk menampung air yang disalurkan dengan pipa yang mengarah ke turbin. Manakala volume air yang mengalir banyak, maka energi yang dihasilkan juga semakin besar.

2. Energi Angin

Energi angin adalah energi yang diperoleh dari kekuatan angin. Sumber energi ini diolah dan dikumpulkan ke dalam satu energi besar. Energi angin dapat dihasilkan melalui kincir angin. Kendati bergerak lambat, tetapi energi yang dikeluarkan cukup besar. Energi angin juga bisa dijadikan sumber listrik jika disalurkan dengan generator.

  Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Pilihan Ganda

3. Energi Panas Bumi

Sumber energi ini menggunakan daya panas yang ada di dalam bumi. Indonesia punya letak geografis yang strategis karena ada banyak gunung vulkanik di dalamnya. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi energi panas bumi yang tinggi adalah Pulau Flores. Diketahui bahwa pulau ini memiliki 16 titik panas bumi yang bisa dikembangkan menjadi energi listrik dan non-listrik.

4. Energi Matahari

Energi matahari adalah energi terbarukan yang banyak digunakan oleh umat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Energi matahari bersumber dari sinar atau panas matahari yang dipakai untuk menjemur pakaian, menjemur ikan, menjemur padi, menyehatkan tulang, membentuk vitamin D, dan lain sebagainya.

Sumber Energi Apa yang Paling Baik Atau Ramah Lingkungan Untuk Dimanfaatkan?

Nah, berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa sumber energi yang paling aman dan ramah lingkungan adalah matahari, air, angin, dan panas bumi.

Dengan memanfaatkan bahan bakar terbarukan tersebut, harapannya adalah keseimbangan bumi dapat terjaga dengan lebih maksimal.

  Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profile Twitter Kita

Leave a Reply