Gerhana Bulan Total Besok, Simak Waktu dan Daftar Wilayah yang Dilintasi

Besok Gerhana Bulan Total, Ini Waktu dan Daftar Wilayah yang Dilintasi

Artikeloka.com – Gerhana Bulan Total akan terjadi besok, Selasa (8/11/2022). Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan bahwa gerhana bulan total ini akan bisa diamati dari seluruh Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, di Instagram, menjelaskan bahwa waktu Gerhana Bulan Total besok akan dimulai sekitar pukul 15.02 WIB. Durasinya 1 jam, 24 menit, dan 58 detik. Tetapi totalnya, proses gerhana sebagian dan total akan berlangsung selama 3 jam, 39 menit, dan 50 detik.

“Puncak Gerhana Bulan Total dapat disaksikan mulai pukul 18.00 WIB / 19.00 WITA / 20.00 WIT,” terang lembaga tersebut.

Fase gerhana bulan total

Proses gerhana akan dimulai pada pukul 15.02 WIB. Fase awal ini disebut Awal Penumbra (P1), lalu disusul oleh Awal Sebagian (U1) sekitar pukul 16.09 WIB.

  Build Pharsa Terbaru November 2022, Lawan Auto Lari

Puncak gerhanan bulan total akan terjadi pukul 18.00 WIB. Sementara fase Akhir Sebagian akan bermula sekitar pukul 19.49 WIB dan fase Akhir Penumbra akan terjadi pada pukul 20.56 WIB.

Dari proses di atas diketahui bahwa fase Awal Penumbra belum bisa diamati di Indonesia, karena hari masih terang di seluruh Nusantara.

Wilayah yang dilintasi gerhana bulan total

Sementara fase awal gerhana sebagian akan bisa dinikmati di sebagian besar wilayah Timur Indonesia, yang sudah melewati pukul 18.00 WIT. Daerah-daerah ini adalah Papua, Papua Barat, Pulau Seram, Halmahera, Kepulauan Aru, Kepulauan Kai dan Tanimbar.

Fase Awal Total (U2) akan bisa dipantau dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi NTT, NTB, Bali, Kaltara, Kaltim, Kalsel, Kalteng dan Kapuas Hulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *