Cara Mengatasi Hotspot Android Sering Terputus

Smartphone Android menawarkan sejumlah fitur berguna didalamnya. Salah satu fitur yang cukup berguna yang terdapat pada smartphone Android adalah Hotspot. Dengan adanya Hotspot ini, user dapat berbagi koneksi data dengan teman, keluarga, atau siapa saja yang membutuhkan koneksi internet.

Hotspot Android memungkinkan penggunanya untuk berbagai koneksi internet hingga untuk beberapa orang. Untuk jenis smartphone yang saya gunakan adalah Asus Zenfone Max. Tipe ponsel ini dapat digunakan untuk sharing koneksi internet sampai dengan 8 orang. Akan sangat berguna jika ada teman-teman yang membutuhkan koneksi data.

Penyebab Hotspot Android Sering Terputus

Sebelum beranjak ke cara mengatasi Hotspot Android sering terputus, terlebih dulu mari dipahami apa yang menyebabkan Hotspot di Android sering putus sendiri sehingga klien tidak bisa menggunakan internet melalui Wifi.

Lihat juga: Aplikasi Video Bokeh Full Apk

Jika tidak terjadi permasalahan pada sektor hardware, penyebab wifi Android sering putus sendiri umumnya dikarenakan dua hal, yakni:

1. User pernah menonaktifkan proteksi
Seperti diketahui, umumnya setiap hotspot di proteksi dengan password. Tujuannya agar tidak kecolongan kuota. Dan dalam hal ini jika Anda pernah menonaktifkan proteksi, ada kemungkinan hotspot di Android Anda menjadi sering terputus. Bagaimana cara mengatasinya? akan dijelaskan dibawah.

2. User mengaktifkan pilihan batas waktu
Pada ponsel Android biasanya akan ada pilihan batas waktu koneksi; 5 menit, 10 menit, 15 menit. Jika user memilih opsi ini, maka ketika klien tidak aktif dalam hitungan 5 s.d 15 menit, maka hotspot akan nonaktif dengan sendirinya – sehingga perlu dihidupkan ulang.

  Cara Memperbaiki Speaker HP Rusak (Tidak Keluar Suara)

Cara Mengatasi Hotspot Android Sering Mati Sendiri

Nah berikut ini adalah cara mudah untuk membuat hotspot Android tetap dalam kondisi aktif meskipun klien (pengguna koneksi) idle dalam kurun waktu tertentu.

Silakan masuk ke menu Settings

Hotspot Android

Pilih opsi More

Hotspot Android

Pilih Tethering & portable hotspot

Hotspot Android

Pilih Wi-Fi hotspot

Hotspot Android

Tap pada Keep Wi-Fi hotspot on

Hotspot Android

Pilih opsi Always.

Hotspot Android

Selesai.

Setelah Anda mengaktifkan pilihan “Always” on atau “Selalu” nyala, maka hotspot di Android Anda tidak akan mati sendiri. Adapun untuk menutup hotspot tersebut, Anda harus melakukannya secara manual karena pilihan Turn off when idle tidak dalam kondisi aktif.