Bagaimana Cara Menjadi Warga Negara Canada? Simak Informasinya

cara jadi warga negara kanda

Tak sedikit yang tertarik untuk menjadi penduduk tetap ata warga negara Kanada. Atas berbagai alasan tertentu sejumlah orang telah menetap dan menjadi warga negara Kanada.

Jika Anda telah tinggal di Kanada selama beberapa tahun dan ingin tahu cara mendapatkan kewarganegaraan Kanada, Anda harus melihat apakah Anda memenuhi syarat terlebih dahulu. Berikut informasinya yang dapat dihimpun oleh Artikeloka.com

Ada banyak faktor yang menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk mengajukan kewarganegaraan Kanada atau tidak. Anda juga harus mengetahui cara kerja aplikasi kewarganegaraan Kanada, apa yang Anda perlukan, dan cara melamar.

Kewarganegaraan Kanada Tempat Tinggal Permanen

Ini diperoleh setelah memiliki tempat tinggal permanen selama beberapa tahun. Anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin tinggal sementara yang mengarah ke tempat tinggal permanen.
Anda harus pernah tinggal di Kanada selama tiga dari lima tahun terakhir. Anda perlu memperbarui izin Anda setiap tahun.

Tidak perlu memperbarui kewarganegaraan Anda. Anda dapat hidup dan bekerja serta memiliki akses ke perawatan kesehatan, tunjangan sosial, dan pendidikan.

Anda dapat memilih dan dipekerjakan di posisi pemerintahan dan keamanan tinggi. Anda tidak dapat memilih atau mencalonkan diri untuk kursi di posisi lokal, kota, atau pemerintahan.

Kriteria Kelayakan Kewarganegaraan Kanada

Ada beberapa persyaratan dan kriteria yang harus Anda penuhi sebelum Anda dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan Kanada. Yaitu:

  • Menjadi penduduk tetap. Untuk dapat mengajukan kewarganegaraan Kanada, syarat terpenting yang harus Anda penuhi adalah memiliki status Permanent Resident Kanada. Ini berlaku berapa pun usia Anda. Selain itu, Anda juga harus memenuhi semua syarat dan ketentuan tempat tinggal permanen Kanada pada saat Anda mengajukan permohonan.
  • Hadir di Kanada setidaknya 1095 hari (3 tahun) dalam lima tahun sebelum aplikasi Anda. Ketentuan ini tidak berlaku untuk anak di bawah umur yang melamar bersama orang tua atau yang memiliki orang tua Kanada. Itu berlaku untuk anak di bawah umur yang tidak memiliki orang tua Kanada atau mereka yang melamar dengan orang tua.
  • Ajukan pajak. Jika diharuskan, Anda harus telah mengajukan pajak di Kanada setidaknya selama tiga tahun dalam lima tahun tepat sebelum permohonan Anda.
  • Memenuhi kriteria kemahiran bahasa. Pelamar berusia 18-54 harus membuktikan bahwa mereka mahir dalam salah satu dari dua bahasa resmi Kanada: Inggris atau Prancis. Anda harus memiliki setidaknya Tolok Ukur Bahasa Kanada (CLB) Tingkat 4 jika Anda ingin menjadi warga negara. Artinya, Anda harus mampu melakukan percakapan sederhana, memahami instruksi, menggunakan tata bahasa dasar, dan mampu mengekspresikan diri. Untuk membuktikan kemahiran bahasa, Anda dapat memberikan
  • skor tes bahasa yang Anda berikan saat pertama kali berimigrasi (meskipun sudah kedaluwarsa),
  • atau sertifikat dari lembaga pendidikan sekunder/pasca-sekolah menengah Kanada yang berbahasa Inggris atau Prancis.
  • Memiliki pemahaman tentang budaya dan sejarah Kanada. Untuk membuktikan pengetahuan ini, Anda mungkin perlu mengikuti tes Kewarganegaraan, tergantung pada usia Anda.
  Link Terbaru Xnxubd 2019 Nvidia India Video Bokeh Full Museum

Dokumen yang Diperlukan untuk Mengajukan Kewarganegaraan Kanada

Jika Anda memenuhi persyaratan kewarganegaraan Kanada, Anda dapat memulai aplikasi. Untuk mendaftar, Anda harus memberikan dokumen dan formulir tertentu serta membayar biaya. Dokumen dan formulir apa yang Anda butuhkan tergantung pada usia dan situasi Anda. Misalnya, anak di bawah umur yang mendaftar sendiri akan memerlukan beberapa dokumen lain dari orang dewasa dan sebaliknya.

Namun, beberapa dokumen yang mungkin harus Anda sediakan meliputi:

  • Formulir aplikasi untuk kewarganegaraan Kanada.
  • Bukti kehadiran fisik. Anda dapat menggunakan kalkulator online.
  • Fotokopi halaman biografi paspor/dokumen perjalanan lainnya.
  • Fotokopi Dokumen Identifikasi Anda.
  • Bukti kemahiran bahasa.
  • Dua gambar sesuai dengan persyaratan kewarganegaraan Kanada .
  • Tanda terima yang menunjukkan bahwa Anda telah membayar biaya.
  • Formulir tempat tinggal di luar Kanada (IMM 5476).
  • Sertifikat polisi dan izin. Mereka harus berasal dari negara mana pun yang pernah Anda tinggali selama lebih dari 6 bulan dalam empat tahun terakhir.
  • Fotokopi dokumen yang menunjukkan perubahan nama. (Jika ada).
  • Fotokopi dokumen yang menunjukkan perubahan tanggal lahir. (Jika ada).
  • Formulir yang meminta perubahan penunjukan jenis kelamin. (Jika ada).
  • Surat dari audiolog Kanada.
  Cara Transfer Pulsa Indosat, Simak Syaratnya!

Bagaimana Cara Daftar Untuk Menjadi Kewarganegaraan Kanada?

Pemerintah Kanada mengizinkan Anda mengunduh semua formulir yang Anda perlukan serta daftar dokumen yang diperlukan dari situs web IRCC (Immigration, Refugees and Citizenship Canada). Anda harus mengisinya secara elektronik, mencetaknya, lalu mengirimkannya.

Bersama dengan paket aplikasi Anda, Anda akan menerima alamat tujuan pengiriman aplikasi Anda yang sudah selesai. Anda harus memasukkan semua formulir dan dokumen di dalam amplop dan mengirimkannya ke alamat itu.

Apa yang terjadi setelah Anda mengajukan diri?

Setelah Anda mengirimkan aplikasi Anda, dan pejabat yang meninjaunya menentukan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan, mereka akan mengirimkan tanda terima (AOR) kepada Anda. Bersama dengan AOR Anda, Anda akan mendapatkan pengidentifikasi klien unik (UCI).

Jika Anda tidak memiliki semua yang Anda butuhkan, mereka akan mengirimkannya kembali kepada Anda dan meminta Anda mengisi apa yang kurang. Kemudian, Anda harus mengirimkan kembali aplikasi Anda.

Kemudian, beberapa minggu setelah Anda menerima tanda terima, mereka akan mengundang Anda untuk mengikuti tes Kewarganegaraan serta mengikuti wawancara.

Berapa Lama yang Dibutuhkan untuk Memproses Permohonan Jadi Kewarganegaraan Kanada?

Waktu pemrosesan untuk aplikasi kewarganegaraan Kanada dapat bervariasi tergantung pada jenis aplikasi kewarganegaraan (sertifikat kewarganegaraan, pemberian kewarganegaraan untuk pertama kalinya, retensi kewarganegaraan, dll.). Namun, biasanya diperlukan waktu 26 bulan untuk memproses aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan pemeriksa waktu pemrosesan yang disediakan oleh pemerintah Kanada di sini .

Tes dan Wawancara Kewarganegaraan Kanada

Pelamar berusia antara 18 dan 54 tahun harus mengikuti tes kewarganegaraan Kanada yang menguji pengetahuan Anda tentang:

  • sejarah
  • geografi
  • ekonomi
  • pemerintah
  • hukum
  • Simbol

Mereka akan memberi tahu Anda pada tanggal ujian Anda empat minggu sebelum Anda harus memasukkannya.

Ada panduan belajar yang disebut “Temukan Kanada: Hak dan Tanggung Jawab Kewarganegaraan” di mana mereka mendasarkan tes tersebut. Anda dapat menemukannya secara online, mengunduhnya atau mendengarkannya sebagai buku audio. Anda juga dapat memesan salinan berbasis kertas.

  Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe, Termasuk Tanpa Tombol Power!

Tes akan memiliki 20 pertanyaan (Anda membutuhkan 15 pertanyaan yang benar untuk lulus). Itu bisa dalam bahasa Inggris atau Prancis dan memiliki jawaban benar / salah atau pilihan ganda. Dalam kebanyakan kasus, itu tertulis tetapi kadang-kadang bisa lisan.

Jika Anda memiliki kebutuhan khusus, Anda harus memberi tahu kantor yang mengirimkan pemberitahuan tentang tes tersebut.

Setelah tes, kemungkinan besar pada hari yang sama, Anda akan diminta untuk mengikuti wawancara. Wawancara wajib untuk semua pelamar berusia di atas 18 tahun (bahkan jika mereka lebih tua dari 54 tahun), serta anak di bawah umur 14-17 tahun yang melamar tanpa orang tua atau yang tidak memiliki orang tua Kanada.

Dalam beberapa kasus, pejabat Kanada juga dapat meminta anak di bawah umur yang tidak diharuskan melakukannya, untuk mengikuti wawancara. Mereka melakukan ini jika mereka memiliki pertanyaan spesifik. Jika mereka meminta mereka untuk mengikuti wawancara, orang tua juga akan hadir.

Sumpah Kewarganegaraan Kanada

Jika aplikasi kewarganegaraan Kanada Anda diterima, Anda harus mengambil Sumpah Kewarganegaraan.

Anda mengambil Sumpah selama upacara kewarganegaraan, yang dapat diadakan beberapa kali dalam setahun. Siapa pun yang berusia 14 tahun atau lebih harus menghadiri upacara ini dan mengucapkan Sumpah.

Di sana, Anda juga akan menerima sertifikat kewarganegaraan dan menandatangani formulir Sumpah atau Penegasan Kewarganegaraan.

Kewarganegaraan Ganda Kanada

Anda dianggap memiliki kewarganegaraan ganda jika lebih dari satu negara menerima permohonan kewarganegaraan Anda. Kanada mengizinkan warganya untuk mengambil kewarganegaraan baru dari negara lain sambil tetap mempertahankan kewarganegaraan Kanada mereka. Dalam hal ini, mereka akan memiliki kewarganegaraan ganda.

Negara lain juga mengizinkan kewarganegaraan ganda. Misalnya, jika Anda adalah warga negara AS dan mendapatkan kewarganegaraan Kanada, Anda akan tetap memiliki status sebagai warga negara AS. Tetapi Anda akan memiliki kewarganegaraan ganda untuk AS dan Kanada.

Namun, di negara-negara tertentu, Anda mungkin harus melepaskan kewarganegaraan Anda saat ini jika ingin memperoleh kewarganegaraan lain. Itu tergantung pada negaranya, jadi Anda harus memeriksa aturan kewarganegaraan negara Anda.

Leave a Reply