Cara Mengatasi Cas HP Lambat Mengisi

Cara Mengatasi Cas HP Lambat Mengisi

Apakah Anda dibuat bingung karena cas hp lambat tidak seperti terlihat normal? Dalam artikel ini Anda akan diberikan pemaparan penyebab cas baterai hp jadi lambat dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Hp atau ponsol merupakan salah satu perangkat kecil nan mobile yang memiliki tingkat utilitas sangat tinggi. Bagaimana tidak, selain dapat disungsikan sebagai alat komunikasi untuk menelepon, hp juga umum digunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan dan bisnis, belanja secara online, dan juga untuk keperluan hiburan serta hal-hal yang dirasa perlu lainnya.

Semakin intens penggunaa sebuah ponsel, maka semakin cepat pula baterai terkuras. Apa jadinya jika disatu sisi penggunaan sangat intens, tapi pada sisi yang lain tidak bisa mengecas hp secara cepat seperti biasanya. Sudah pasti Anda akan merasa kurang nyaman atau bahkan sangat jengkel.

Tenang! Masalah hp sulit di cas bukanlah masalah besar. Penyabab hp lambat di cas bisa jadi datang dari sisi hardware (perangkat keras) dan bisa juga dari sisi software (perangkat lunak). Contoh hardware adalah konektor cas, sementara contoh software adalah aplikasi yang ada di ponsel dan juga platform Android itu sendiri. Namun, untuk lebih tepatnya kalau Android itu adalah sebuah sistem operasi.

Penyebab hp lambat di cas tapi tidak mengisi

Dalam situasi hp di cas lambat, biasanya bahkan tidak hanya lambat saja, tetapi kadangkala juga tidak mengisi – padahal Anda sudah memasang charger selama berjam-jam. Jika situasinya seperti itu, maka Anda tidak perlu lagi bertanya kenapa fast charging tidak berfungsi.
Dan sebagaimana disebutkan diawal, secara umum penyebab hp tidak bisa di cas atau saat pengisian berjalan dengan sangat lambat disebabkan oleh dua faktor, yaitu:
  • Faktor hardware
  • Faktor software

Cara mengatasi cas hp lambat

Cara Mengatasi Cas HP Lambat

Berikut ini beberapa penyebab hp lambat di cas atau malah baterai menurun saat di charge. Anda bisa memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

  Cara Daftar IndiHome Internet Only (IndiHome Gamer)
Nantinya Anda bisa melakukan tindakan atau merespon berdasarkan sisi kerusakan yang kemungkinan besar dialami ponsel Anda, baik itu dari sisi perangkat kerasa maupun perangkat lunaknya.

1. Aksesori Pengisian Daya Tidak Kompatibel atau Rusak

Dengan mengisi daya aksesori , kita berbicara tentang bata daya, kabel USB, dan alas/alas pengisi daya—jika Anda mengisi daya secara nirkabel. Ini adalah hal pertama yang harus diperiksa ketika ponsel Anda mulai mengisi daya dengan sangat lambat.

Pastikan adaptor daya Anda memiliki rating output (ampere) yang cukup untuk mengisi daya ponsel Anda secara optimal. Arus listrik menggambarkan jumlah arus listrik yang dapat disuplai oleh adaptor daya ke telepon Anda. Semakin rendah ampere pengisi daya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai Anda.

Meskipun ponsel Anda hanya dapat mengambil daya sebanyak yang dirancang untuk itu, menggunakan batu bata daya dengan ampere tinggi meningkatkan kemungkinan pengisian cepat. Jika, misalnya, ponsel Anda mendukung 1.6amps, menggunakan adaptor 2.1amps akan mengisi daya ponsel Anda lebih cepat daripada adaptor 1amps. Perhatikan bahwa telepon hanya akan menggunakan/menerima kapasitas maksimumnya (yaitu 1.6A) dari adaptor.

Untuk menikmati pengisian cepat, gunakan batu bata daya dengan setidaknya 2 – 3 amp . Itu tidak berarti telepon Anda akan mengisi daya dua kali lebih cepat, itu hanya akan menjamin bahwa telepon Anda mengisi daya secepat yang dirancang.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kabel asli yang dalam kondisi baik. Kabel USB mudah rusak karena sering dipegang, dipelintir, dan dilipat/ditekuk secara berlebihan—terutama pada titik di mana kabel terhubung ke telepon Anda.

Ini adalah alasan umum ponsel mengisi daya dengan lambat. Adaptor daya yang baik + kabel USB yang buruk akan mengisi daya ponsel Anda sama lambatnya dengan adaptor daya yang buruk + kabel USB yang baik. Periksa kabel USB Anda dan periksa kerusakan eksternal.

Disarankan untuk selalu menggunakan aksesori pengisian daya yang disertakan dengan ponsel Anda yang sudah siap pakai. Atau aksesori pengisian daya yang direkomendasikan oleh pabrikan ponsel cerdas Anda. Jika ponsel Anda tidak dikirimkan dengan pengisi daya, pastikan Anda membeli pengisi daya asli dari toko resmi.

Coba gunakan kabel USB dan adaptor daya yang berbeda, tetapi pastikan kabel tersebut memiliki arus listrik yang disarankan (atau lebih tinggi) untuk mengisi daya ponsel Anda.

  Cara Mengubah Paket Xtra Unlimited Turbo XL Menjadi Kuota Utama

2. Anda Menggunakan Pengisi Daya Nirkabel

Teknologi pengisian nirkabel memang keren dan mewah, tetapi memiliki beberapa kekurangan. Salah satu batasan ini adalah tingkat pengisian yang lambat. Bantalan pengisi daya nirkabel akan mengisi daya ponsel Anda relatif lebih lambat daripada kabel. Casing ponsel dapat mengurangi kecepatan pengisian daya nirkabel, jadi pastikan Anda melepas casing sebelum meletakkan perangkat di pad nirkabel.

Jika ponsel Anda masih tidak mengisi daya dengan cukup cepat, gunakan kabel dan periksa apakah ada bedanya.

3. Masalah dengan Port Pengisian Daya

Perangkat Anda akan mengisi daya lebih lambat dari biasanya jika port pengisian daya rusak. Benda asing yang terperangkap di port dapat menghalangi transfer arus listrik dari kabel pengisi daya ke ponsel Anda. Ini juga dapat memperlambat proses pengisian. Periksa port pengisian daya ponsel Anda menggunakan senter dan periksa debu, serat, dan kotoran.

Jika Anda menemukan partikel pada kontak logam di port pengisian daya, gunakan tusuk gigi atau sikat lembut untuk mengeluarkannya dengan hati-hati. Lakukan selembut mungkin, sehingga Anda tidak mendorong partikel lebih jauh ke dalam port. Lebih baik lagi, gunakan sekaleng udara bertekanan untuk membersihkan port. Itu lebih aman dan direkomendasikan oleh banyak teknisi smartphone.

Catatan: Hindari meniup udara ke port pengisian dengan mulut Anda. Uap air dari napas Anda dapat menimbulkan korosi pada port dan menyebabkan kerusakan serius pada ponsel Anda. Selain itu, Anda tidak boleh membersihkan port dengan benda logam tajam seperti jarum, peniti, atau klip kertas.

4. Aplikasi Latar Belakang

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menyebabkan baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dan mengisi daya dengan lambat. Ini seperti mencoba mengisi ember dengan lubang. Aplikasi latar belakang adalah lubang di ponsel cerdas Anda; energi dari pengisi daya Anda akan secara bersamaan mengisi daya baterai dan aktivitas latar belakang daya Anda. Ini mengurangi jumlah daya yang tersedia untuk mengisi daya baterai Anda.

Periksa penggunaan baterai ponsel Anda dan nonaktifkan penggunaan baterai latar belakang untuk aplikasi yang jarang Anda gunakan. Di Android, luncurkan aplikasi Pengaturan , pilih Baterai , ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih Penggunaan baterai atau Battery usage.

Penggunaan baterai
Cari aplikasi yang jarang digunakan yang menghabiskan sebagian besar baterai Anda. Pilih aplikasi dan ketuk Batasan latar belakang .

  Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Orang Lain

Selanjutnya, ketuk Batasi untuk menghentikan aplikasi menggunakan baterai di latar belakang.

Untuk melihat aplikasi latar belakang di iPhone atau iPad, buka Pengaturan > Baterai dan ketuk Tampilkan Aktivitas untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan aplikasi di layar dan di latar belakang.

Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak digunakan dengan penggunaan baterai dan waktu latar belakang yang tinggi, tutup aplikasi dan lihat apakah ponsel Anda sekarang terisi daya secara normal. Anda juga harus menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang untuk aplikasi yang menguras baterai; buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang . Itu bisa membantu mengurangi aktivitas latar belakang aplikasi.

5. Baterai Anda Lama atau Rusak

Tak ada yang abadi. Orang, kekayaan, rasa sakit, dan bahkan baterai ponsel Anda. Performa, kapasitas, dan efisiensi baterai isi ulang cenderung menurun seiring waktu seiring bertambahnya usia. Baterai ponsel cerdas Anda yang berusia dua tahun akan lebih cepat habis daripada saat masih baru. Demikian juga, ponsel Anda akan mengisi daya lebih lambat.

iOS dan iPadOS akan secara otomatis memperlambat kinerja perangkat dan kecepatan pengisian daya saat kapasitas baterai Anda mencapai 80% atau lebih rendah . Untuk memeriksa kapasitas baterai iPhone atau iPad Anda, buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai . Jika Kapasitas Maksimum 80% atau lebih rendah, baterai telah mencapai masa pakainya dan perlu diganti.

Anda bisa mendapatkan penggantian baterai gratis di Pusat Layanan Apple resmi jika iPhone atau iPad Anda masih dalam garansi. Jika tidak, Anda akan membayar biaya untuk mengganti baterai lama Anda.

Android tidak memiliki alat asli untuk memeriksa kesehatan atau masa pakai baterai; gunakan aplikasi baterai pihak ketiga atau kunjungi pusat layanan untuk mengetahui kondisi baterai Anda. Anda kemungkinan besar memiliki baterai yang rusak jika ponsel Anda berusia lebih dari 2 – 3 tahun.

Lihat video cara memperbaiki charging hp lambat mengisi:

Selain hal di atas, Anda juga harus menghindari penggunaan ponsel saat mengisi daya. Melakukan hal itu menyebabkan ponsel Anda mengisi daya dengan kecepatan rendah, meningkatkan suhu baterai, dan meningkatkan kemungkinan kabel pengisian daya rusak. Sekarang setelah Anda mempelajari beberapa praktik pengisian daya yang baik.