Cara Mencegah Nomor WA Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tidak Dikenal

Cara Mencegah Nomor WA Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tidak Dikenal

Pernahkan Anda menjumpai satu pengalaman dimana nomor WA Anda dimaksukkan ke Grup WA yang tidak Anda kenal? Mari simak cara mengatasi hal tersebut secara mudah.

Faktanya, Grup WhatsApp bisa dimanfaatkan untuk berbagai tindakan yang kurang menyenangkan seperti penyebaran info berbau marketing yang terlalu masif. Oleh karena itu berikut ini Artikeloka.com share cara mencegah agar akun WhatsApp kita tidak mudah dimasukkan ke dalam grup WhatsApp yang tidak dikenal.

Grup WhatsApp dibuat untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Kita bisa berkomunikasi langsung dengan beberapa pengguna lain tanpa perlu melakukan chat kepada mereka satu per satu.

Hal ini yang membuat grup WhatsApp banyak digunakan untuk urusan pekerjaan, kegiatan di sekolah hingga keluarga. Sayangnya ada pula oknum pengguna WhatsApp yang membuat grup untuk tujuan yang tidak jelas.

  6 Simple Ways to Maximize the Battery Life on iPhone 14 Pro

Kita bisa saja tiba-tiba diundang masuk ke dalam grup, yang di dalamnya tidak kita kenal. Situasi semakin kurang nyaman apabila penghuni grup WhatsApp melakukan tindakan yang kurang etis.

Misalnya saja menyebarkan hal-hal yang sangat mengganggu seperti peniupan. Untuk mencegah tindakan yang seperti itu, Anda bisa melakukan proteksi supaya akun WhatsApp tidak dimasukkan ke dalam grup.

Caranya dengan mengaktifkan pengaturan privasi akun, supaya akun WhatsApp Anda tidak otomatis masuk ke dalam grup. Dengan mengaktifkan pengaturan privasi, nantinya perlu ada persetujuan dari Anda terlebih dahulu apakah ingin masuk ke dalam grup atau tidak.

Cara Mencegah WA Kita Dimasukkan ke Grup Tidak Dikenal

Caranya tidak terlalu sulit. Hanya perlu mengaktifkan fitur pengaturan privasi di akun WhatsApp, untuk mencegah agar Anda masuk ke dalam grup yang tidak dikenal bahkan bisa merugikan Anda sendiri.

Cara ini tidak hanya tersedia di aplikasi WhatsApp yang ada di Android dan iOS saja. Anda bisa melakukannya melalui WhatsApp Web. Berikut ini tutorial selengkapnya dalam enam langkah mudah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih tanda titik 3 di bagian kanan atas dan klik Setelan.
  3. Tekan fitur Privasi dan usap layar ke bawah, lalu pilih Grup.
  4. Nantinya pilih siapa saja yang dapat menambahkan Anda ke dalam grup. Opsi pertama Semua orang, lalu Kontak saya dan Kontak saya kecuali. Khusus untuk opsi ketiga ini, Anda bisa mengatur akun WhatsApp siapa saja yang tidak bisa memasukkan Anda ke grup.
  5. Kini fitur tersebut telah aktif. Nanti saat ada dimasukkan ke grup tertentu maka Anda tidak otomatis masuk.
  6. Namun, akan muncul semacam pesan via chat sehingga Anda leluasa apakah mau bergabung atau tidak. Bahkan bisa tanya juga ke admin grup mengenai grup tersebut, dan bentuknya kira-kira seperti ini.
  How to change region or country in the Google Playstore

Nah itulah panduan untuk cara mencegah akun WhatsApp tidak dimasukkan ke dalam grup, yang tidak dikenal. Semoga bermanfaat untuk menjaga privasi akun Anda.