Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Simpel dan Efektif, Ikuti Langkahnya Berikut!

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Simpel dan Efektif, Ikuti Langkahnya Berikut!

Artikeloka.com – Cara memperbaiki keyboard laptop sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan sesuai rekomendasi di kawangadget.com. Keyboard yang rusak memang sangat mengganggu. Karena, hal ini sudah pasti akan menghambat pekerjaan Anda padahal sekarang ini sebagian pekerjaan pasti dikerjakan dengan laptop.

Apalagi jika keyboard tersebut tidak berfungsi pada bagian angka atau huruf tertentu pastinya akan sangat menjengkelkan. Namun, biasanya sebagai alternative para pengguna akan menggunakan cara copy paste untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi.

Baca Juga:
– Review Rexus Legionare MX9P, Keyboard Gaming Mechanical Solid TKL Solid
– Review Rexus DAXA TS1: Desain Premium, Nyaman Buat Main Game
– Review Rexus Legionare MX20 Pro, Keyboard Gaming Mechanical Solid
– Review Rexus DAXA M71 Classic, Keyboard Gaming Simple dan Ringkas

Nah, tutorial memperbaiki keyboard laptop ini sebenarnya juga bisa Anda jadikan solusi selain melakukan copy paste yang sedikit merepotkan. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara mudah dalam mengatasi keyboard pada komputer yang rusak.

Padahal keyboard merupakan komponen yang sangat penting pada komputer atau PC. Karena itu, sebaiknya Anda memang mengetahui cara mengatasinya. Agar nantinya Anda tidak perlu lagi bingung ketika tiba-tiba keyboard tidak mau berfungsi lagi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak, dan Tips Merawat Keyboard

Biasanya keyboard memang memiliki kapasitas pengetikan tertentu. Jika sudah melewatinya tidak jarang justru membuat keyboard tidak mau berfungsi. Nah, pastinya Anda juga pernah mengalami hal ini dan merasa bingung untuk mengatasinya.

Sehingga terkadang harus datang ke jasa service PC yang sudah pasti akan membutuhkan banyak biaya perbaikan. Sekarang, Anda bisa saja memperbaiki keyboard pada laptop dengan beberapa cara mudah asalkan Anda sudah mengetahuinya.

Cara ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering menghadapi masalah keyboard laptop tidak berfungsi namun tidak ingin membawanya ke tukang service. Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah dengan beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan.

  Harga Set Top Box TV Digital Tersertifikasi Kominfo Mulai Rp 100 ribu

Namun, tahukah Anda bahwa kendala pada laptop ini sebetulnya terjadi akibat beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut, beberapa dapat Anda perbaiki sendiri, daripada harus membawanya ke tukang reparasi. Sebaiknya, saat ingin memulai memperbaikinya, teliti dengan betul seluk beluk kendala yang terjadi.

Sehingga Anda tidak akan salah penanganan nantinya. Beberapa orang hanya mencoba memperbaikinya, tanpa mencari tahu sumber dari masalah penyebab sebenarnya kendala ini terjadi. Hal tersebut, justru hanya akan memperparah kinerja laptop, atau mengakibatkan kerusakan komponen lainnya.

Oleh karena itu, simak berbagai cara untuk memperbaiki keyboard dengan melakukan langkah berikut ini.

Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama Anda bisa melakukan restart laptop hal ini biasanya memang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah. Tak jarang dengan melakukan restart ini, fungsi keyboard akan kembali seperti semula. Karena itu, tidak ada salahnya mencoba.

Untuk langkah awal, Anda lebih baik mencoba cara ini terlebih dahulu untuk memastikan keyboard laptop yang mengalami masalah dan tidak dapat berfungsi. Nah, Anda bisa melakukan restart dari menu start kemudian tekan tombol daya sampai laptop mati.

Kemudian mulai ulang perangkat laptop tunggu beberapa saat hingga laptop berhasil menyala, kemudian refresh laptop. Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba menggunakan keyboard dan lihat apakah keyboard bisa berfungsi seperti semula atau tidak.

Melakukan Restore

Cara memperbaiki keyboard laptop yang selanjutnya Anda bisa melakukan restore pada laptop untuk memastikan kondisinya. Karena, terkadang masalah ini muncul akibat Anda melakukan instalasi pada program jika ini terjadi Anda bisa melakukan restore.

Bagi Anda yang menggunakan windows 7 dan 8 bisa melakukannya dengan membuka menu start, lalu pilih menu recovery. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan windows XP mungkin bisa menggunakan menu start kemudian pilih menu Accessories kemudian pilih System Tools.

  Cara Membuat WhatApp Mode Siluman

Menu system restore ini akan membantu membuat laptop kembali pada keadaan sebelumnya sehingga program yang bermasalah akan menghilang. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar semua data penting dapat aman.

Periksa Driver Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya Anda bisa memeriksa pada bagian driver keyboard. Karena, biasanya sebagian besar masalah disebabkan oleh bagian driver, terlebih jika Anda melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga dan menimbulkan serangan virus.

Nah, untuk itu diperlukan adanya pengecekan caranya dengan membuka Device Manager kemudian perhatikan pada bagian keyboards. Ketika ada tanda segitiga berwarna kuning, kemungkinan besar driver keyboards mengalami masalah dan sebaiknya Anda segera memperbaikinya.

Untuk mengatasinya Anda perlu mengunduh driver baru atau Anda bisa melakukan update driver terbaru agar keyboard kembali bisa digunakan. Cara ini memang cukup umum dilakukan sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir untuk melakukannya.

Cek Fungsi NumLock

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya Anda bisa melakukan cek fungsi pada NumLock. Hal ini memang cukup sepele. Namun, terkadang banyak orang yang tidak menyadari jika fungsi Num Lock bermasalah akan membuat kinerja keyboard menurun.

Biasanya fungsi NumLock tidak aktif secara tiba-tiba dan membuatnya tidak bisa berfungsi yang menyebabkan keyboard juga tidak bisa mengeksekusi ketikan. Memang fungsi NumLock ini dapatan diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan keinginan Anda. Namun, terkadang fungsinya justru mati otomatis.

Hal ini membuat beberapa fungsi keyboard tidak bisa berjalan dengan semestinya. Nah, Anda sebaiknya memeriksa fungsi NumLock ini. Anda bisa menekan tombol Fn dan NumLock secara bersamaan untuk mengaktifkannya atau menonaktifkannya.

Mengganti Layout Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya Anda bisa mengganti layout pada keyboard karena, beberapa layout memang bisa menimbulkan masalah. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati ketika ingin menggunakan layout tertentu. Sebab jika caranya tidak benar, bisa mengakibatkan keyboard bermasalah.

  Cara Translate Inggris ke Indonesia Menggunakan Microsoft Word

Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa klik start kemudian masuk pada pengaturan kemudian pilih time league dan pilih options. Selanjutnya Anda bisa menghapus bahasa keyboard yang bukan menggunakan qwerty kemudian klik add new keyboard untuk menambahkan.

Biasanya secara otomatis keyboard akan berfungsi seperti sedia kala setelah diperbaiki pada bagian layout keyboardnya. Jadi jangan buru-buru membawanya ke tukang service yang sudah pasti akan membebankan biaya cukup tinggi untuk Anda.

Menyesuaikan Pengaturannya

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya Anda juga bisa menyesuaikan pengaturannya umumnya pengaturan keyboard memang sudah disesuaikan. Namun, konfigurasi pengaturannya terkadang bisa mengakibatkan masalah sehingga Anda harus berhati-hati dan memahami hal ini.

Misalnya saat waktu delay keyboard saat mengetikan huruf dan beberapa pengaturan lainnya yang membuat kinerja keyboard bermasalah. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kinerjanya agar tidak menyebabkan keyboard Anda mengalami masalah.

Caranya dengan klik control panel, klik menu ease of access, kemudian pilih menu explore all settings. Kemudian uncheck pada turn off filters keys. Jika sudah, Anda bisa memastikan apakah keyboards pada laptop bisa berfungsi kembali atau tidak jika bisa berfungsi artinya cara berhasil.

Memeriksa Virus

Virus atau malware memang bisa merusak laptop dengan berbagai cara salah satunya hingga merusak keyboard Anda. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati terutama jika sering membuka situs yang tidak resmi. Karena, bisa jadi akan menyebarkan virus pada keyboard.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang mudah, terlebih dahulu Anda harus mendeteksi virus pada laptop kemudian membasminya dengan tepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi keberadaan virus.