Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

3 min read

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Dulu, pengguna internet di Indonesia dapat mengakses situs apapun tanpa ada pembatasan. Kini, tidak sedikit situs yang diblokir karena dinilai berpotensi membahayakan atau tidak layak untuk diakses.

Meskipun terdapat sekian banyak situs di internet yang masuk dalam daftar blokir Kominfo, namun sebenarnya Anda tidak benar-benar tak lagi memiliki kesempatan untuk membuka situs yang diblokir tersebut.

Hanya saja Anda membutuhkan cara khusus untuk tetap dapat mengakses situs yang diblokir internet positif. Dan beberapa diantaranya akan saya ulas dalam artikel ini.

Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome, apakah web yang diblokir sudah tidak bisa dibuka sama sekali, dan bagaimana cara membuka situs yang diblokir di Android.

Sebenarnya pengguna internet masih bisa membuka situs yang diblokir melalui perangkat apapun, baik itu smartphone Android, tablet pc, laptop ataupun komputer desktop. Syaratnya seperti yang saya sebutkan sebelumnya, yakni membutuhkan langkah khusus.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android dan Komputer

Sebagai informasi, cara kerja pemblokiran situs yang dilakukan oleh pemerintah melalui internet positif adalah dengan mengidentifikasi IP pengguna internet.

Karena Anda mengakses internet di Indonesia, maka IP Anda adalah berasal dari Indonesia, dan dari sini ketika Anda mencoba membuka situs tertentu yang sudah masuk dalam daftar situs terlarang, maka Anda akan langsung di block, sehingga Anda tidak lagi bisa membuka situs tersebut.

  Cara Posting Artikel di Blog WordPress

Jadi, secara teori supaya Anda tetap bisa membuka situs yang diblokir caranya adalah dengan membuat IP Anda agar tidak teridentifikasi sebagai IP Indonesia. Anda bisa menggunakan IP Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan sebagainya. Dengan begitu, maka Anda bisa membuka situs apapun secara bebas.

Lalu, bagaimana agar IP Anda tidak teridentifikasi IP Indonesia?

Dari sekian cara, satu yang paling umum yakni dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Dengan memasang aplikasi VPN di perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses internet (smartphone, tablet PC, laptop), maka program internet positif tidak dapat memblokir akses Anda karena tidak teridentifikasi berasal dari Indonesia.

Anda pun tidak akan menjumpai pesan Situs ini tidak dapat dijangkau di Chrome, kecuali memang sedang terjadi masalah pada sisi server.

Aplikasi VPN sendiri tersedia dalam berbagai pilihan. Untuk pengguna smartphone Android dan iOS (Apple), Anda dapat mengunduh aplikasi VPN secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Sementara itu, untuk memasang VPN di komputer, Anda cukup menginstall add-on VPN di browser yang Anda gunakan, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera , ataupun Safari.

Dan khusus untuk browser Opera, web browser yang satu ini bahkan sudah menyediakan fitur VPN didalamnya. Jadi, Anda hanya perlu mengaktifkannya melalui panel Setting.

1. Cara Membuka Situs Terblokir di HP Android

Untuk membuka situs terblokir di HP Android, Anda dapat mengandalkan aplikasi VPN gratis yang memiliki kecepatan akses tinggi sehingga tidak membuat Anda jenuh karena loading yang lelet.

Dan berikut ini adalah daftar aplikasi VPN gratis terbaik untuk Android:

  1. VPN Master
  2. Thunder VPN
  3. Turbo VPN
  4. Secure VPN
  5. Snap VPN

Bagi Anda pengguna smartphone Android, agar bisa membuka situs apapun tanpa terhalang pemblokiran silahkan memasang aplikasi VPN di HP Anda. Dan dibawah ini saya jelaskan cara mengaktifkan VPN Master di HP Android.

  Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas
  • Silahkan buka Google Play menggunakan HP Android Anda.
  • Pada kotak pencarian, silahkan ketik VPN Master, lalu pilih aplikasi VPN yang memiliki user ratings paling tinggi.
  • Kemudian silahkan Anda install aplikasi VPN tersebut.
  • Jika aplikasi meminta izin akses, silakan beri izin agar aplikasi tersebut dapat menjalankan fungsinya.
  • Jika sudah berhasil di install dan telah diberikan izin, silahkan aktifkan agar Anda dapat mengakses situs apapun secara bebas.
  • Untuk mengatifkan VPN silahkan tap tombol Connect / Sambungkan / Hubungkan.
cara membuka situs yang diblokir di android dengan VPN
  • Jika sudah muncul keterangan CONNECTED, itu artinya aplikasi VPN sudah siap menjalankan fungsinya – Anda bisa mengakses situs apapun yang Anda inginkan.

Demikian cara membuka situs terblokir di Android atau perangkat mobile lainnya, sangat mudah, bukan?

2. Cara Membuka Situs Terblokir di PC / Laptop

Jika Anda biasanya menggunakan browser Firefox, Anda bisa membuka situs yang diblokir secara mudah dengan menginstall add-on di Firefox.

Berikut ini beberapa add-on VPN terbaik untuk pengguna Mozilla Firefox:

  1. Touch VPN
  2. Browsec VPN
  3. RusVPN
  4. ZenMate VPN
  5. FreeNet VPN

Nah, jika sebelumnya Anda punya pertanyaan bagaimana cara membuka situs terblokir di Windows baik itu Windows 7, Windows 10, ataupun versi Windows lainnya, maka Anda cukup menginstall add-on VPN di browser yang Anda gunakan untuk membuka internet.

Cara menginstall add-ons VPN bagi pengguna Firefox:

  • Silahkan masuk ke laman Firefox Add-ons melalui tautan berikut: https://addons.mozilla.org/
  • Pada kotak pencarian, silahkan ketik VPN.
  • Pilih salah satu add-on VPN, misalkan Touch VPN.
  • Install Touch VPN di Firefox.
  • Aktifkan dengan mengklik tombol Connect.
  Cara Sadap No HP
cara membuka situs yang diblokir di komputer windows
  • Selamat mengakses internet tanpa batas.

Dan bagi Anda pengguna Google Chrome, langkah-langkahnya hampir sama dengan yang dijelaskan diatas.

3. Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Opera Mini dan Opera Browser

Opera browser dan Opera Mini merupakan peramban web yang memiliki banyak pengguna, mungkin termasuk Anda.

Jika Anda ingin membuka situs yang diblokir dari HP, Anda tinggal mengaktifkan fitur VPN yang sudah tersedia secara default di Opera Mini.

Dan apabila Anda menggunakan Opera Browser di Windows, berikut ini adalah cara mengaktifkan VPN di Opera Browser bagi pengguna komputer berbasis OS Windows.

  • Buka browser Opera di PC Anda.
  • Masuk ke menu Setting / Pengaturan.
  • Klik Advanced, lalu Privacy & security.
  • Aktifkan VPN.
cara membuka situs terblokir di komputer dengan opera
  • Jika fitur VPN sudah dalam kondisi “On”, maka Anda sudah bisa membuka situs yang diblokir tanpa ada pengecualian.

Tim pengembang Opera sepertinya menyadari kebutuhan pengguna perihal keamanan dan privasi sehingga kemudian fitur VPN ini disediakan secara default tanpa mengharuskan user untuk menginstalnya sendiri.

Penutup

Anda mungkin mendapati sebagian website yang secara reguler Anda buka masuk dalam daftar situs terblokir, tentu ini akan mengusik kenyamanan Anda jika tidak dicarikan solusi.

Pada dasarnya pemerintah memblokir suatu situs web adalah untuk melindungi masyarakat dari hal-hal yang sifatnya negatif, namun jika Anda merasa tidak seharusnya situs favorit Anda diblokir, maka Anda dapat memilih opsi membuka situs yang diblokir dengan aplikasi atau tanpa aplikasi yang diantaranya sebagaimana telah saya ulas diatas.

Intinya, banyak cara untuk membuka situs yang diblokir pemerintah, namun Anda perlu memperhatikan sejumlah hal karena tujuan dari pemblokiran situs-situs tersebut tidak lain adalah untuk kebaikan.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

6 Cara Mengetahui Blog Berkualitas dan Tidak

Banyak blog bertebaran di internet, mulai blog yang dikelola secara perorangan (personal blog) hingga blog yang dikelola secara bersama-sama (komunitas). Jumlahnya yang sedemikian banyak,...
Artikeloka
1 min read

Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas

Untuk urusan SEO off-page, salah satu faktor penentunya adalah backlink. Membangun backlink sendiri bukan pekerjaan mudah yang dapat kita lakukan hanya dalam hitungan menit. Terlebih...
Artikeloka
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *