Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Cara Membuat Blog di Blogger / Blogspot Secara Gratis

3 min read

Membuat blog di Blogger atau Blogspot merupakan salah satu cara mudah untuk memiliki blog pribadi secara gratis. Ya, dengan Blogger, Anda tidak perlu membeli layanan web hosting untuk dapat membuat blog.

Jika Anda memutuskan untuk membuat blog dengan Blogger, Anda hanya perlu menyewa domain tingkat atas (TLD), baik itu domain dot com, dot net, dot id, atau yang lainnya. Dan jika Anda ingin sepenuhnya gratis, maka Anda bisa menggunakan sub-domain blogspot untuk alamat blog Anda.

Untuk membuat blog menggunakan Blogger Anda tidak perlu memiliki keahlian coding website apapun, karena tools ngeblog yang satu ini sudah dibuat sedemikian mudah untuk pengguna awam yang masih belum banyak tahu perihal JavaScript, HTML, CSS, dan berbagai macam bahasa pemograman web lainnya.

Secara keseluruhan, agar Anda bisa membuat blog di Blogspot, Anda hanya perlu menyiapkan akun email GMail. Mengapa harus GMail? Karena platform blog Blogger merupakan layanan blog gratis milik Google.

Panduan Membuat Blog Secara Mudah dan Gratis di Blogger

Panduan membuat blog di Blogger

Untuk Anda yang ingin membuat blog pribadi atau blog profesional menggunakan Blogger, berikut ini panduan membuat blog dengan Blogger yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan 1-2 menit.

Sampai disini saya anggap Anda sudah memiliki akun GMail sehingga proses pembuatan blog gratis dengan Blogger bisa segera dimulai. Berikut ini langkah-langkah membuat blog di Blogger yang juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang secara online baik itu dari jaringan periklanan PPC Google AdSense maupun ad networks lainnya.

1. Silahkan buka URL blogger.com lewat browser di komputer Anda.

Cara Membuat Blog di Blogger 1

2. Kemudian Anda akan menjumpai tampilan halaman beranda Blogger seperti  gambar screenshot dibawah ini. Silahkan klik tombol CREATE YOUR BLOG pada tombol berwarna kuning.

Cara Membuat Blog di Blogger 2

3. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman login akun GMail. Ketikkan alamat GMail milik Anda, lalu klik tombol Berikutnya pada tombol berwarna biru.

Cara Membuat Blog di Blogger 3

4. Lalu masukkan kata sandi akun GMail Anda untuk melanjutkan. Jika sudah memasukkan kata sandi, silahkan klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Blog di Blogger 4

5. Biasanya akan muncul jendela perlindungan akun Anda seperti gambar berikut ini. Dihalaman ini Anda bisa menambahkan nomor telepon pemulihan atau Alamat email pemulihan terlebih dulu. Dan jika Anda ingin memintas langkah ini dan langsung ke proses selanjutnya, silahkan klik tombol KONFIRMASI.

Cara Membuat Blog di Blogger 5

6. Pada halaman Welcome to Blogger, silahkan isi Nama Tampilan atau Display Name blog Anda. Display Name adalah nama Anda di Blogger. Adapun dalam contoh ini saya isikan “Artikeloka” sebagaimana nama blog ini. Jika sudah memilih Display Name, selanjutnya silahkan klik tombol Continue to Blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger 6

7. Untuk membuat blog, silahkan klik tombol CREATE NEW BLOG, kemudian akan muncul jendela popup mendaftarkan URL blog Anda di Blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger 7

8. Pada jendela Blogs List terdapat dua bidang yang perlu Anda isi, yaitu:

  • Title: Isi dengan judul blog Anda.
  • Address: Isi dengan URL/Alamat blog Anda. Jika URL masih tersedia, maka akan muncul kotak dengan centang berwarna biru-putih.
  Cara Memindahkan Blogger ke WordPress dengan Benar Tanpa Kehilangan Traffic dan Ranking

Jika sudah, silahkan lanjutkan dengan mengklik tombol Create blog!

Cara Membuat Blog di Blogger 8

9. Kemudian akan muncul jendela popup berupa penawaran domain TLD dari Google Domains. Silahkan klik tombol No thanks.

Cara Membuat Blog di Blogger 9

10. Sekarang blog Anda sudah selesai dibuat. Jadi, Anda sudah memiliki blog pribadi yang dibuat menggunakan platform Blogger. Adapun tampilan dashboard atau papan utama blog Blogger adalah seperti yang diperlihatkan gambar berikut ini.

Jika diperhatikan, pada bagian kiri halaman terdapat beberapa menu, yaitu:

  • View blog: Untuk melihat blog Anda.
  • Posts: Untuk melihat daftar postingan blog.
  • Stats: Untuk melihat statistik blog.
  • Comments: Untuk melihat jumlah komentar di blog Anda.
  • Earnings: Nah, fitur ini adalah sebuah layanan yang disiapkan Google yang memungkinkan pengelola blog Blogger mendapatkan penghasilan dari blog miliknya melalui jaringan iklan AdSense. Jika nantinya blog Anda sudah berisi beberapa artikel dan telah memiliki pengunjung dalam jumlah yang ideal Anda bisa mendaftarkan blog milik Anda ke Google AdSense.
  • Pages: Untuk membuat halaman baru (bisa untuk halaman sitemap, tentang, kebijakan privasi, dll).
  • Layout: Untuk menambahkan widget tertentu di blog Anda.
  • Theme: Untuk mengganti template atau mengedit template blog.
  • Settings: Untuk melakukan pengaturan tertentu (judul blog, deskripsi blog, memasukkan alamat post feeds, custom domain, dan sebagainya).
Cara Membuat Blog di Blogger 10

11. Untuk melihat seperti apa tampilan blog baru Blogger, berikut ini penampakannya. Karena masih baru dan belum ada satupun artikel, pada halaman beranda blog Artikeloka hanya menampilkan informasi “There’s nothing here!”.

Cara Membuat Blog di Blogger 11

12. Selesai.

  Cara Memindahkan Blogger ke WordPress dengan Benar Tanpa Kehilangan Traffic dan Ranking

Demikian tadi langkah-langkah membuat blog di Blogger yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan beberapa menit. Berikutnya dijelaskan cara membuat artikel di Blogger.

Cara Membuat atau Posting Artikel di Blogger

Setelah memiliki blog, tentunya Anda ingin segera mengisinya dengan berbagai macam artikel sesuai keahlian atau minat Anda. Untuk memposting artikel di Blogger langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pada dashboard Blogger, silahkan klik tombol New post, kemudian Anda akan disugui post editor Blogger yang sangat user friendly (ramah pengguna). Jadi, Anda tidak akan menemui kesulitan berarti sekalipun Anda seorang pemula.

Cara posting artikel di Blogger 1

2. Pada post editor Blogger, Anda akan menjumpai beberapa menu, diantaranya:

  • Post: Merupakan judul artikel yang ingin Anda terbitkan.
  • Compose: Mode Compose adalah mode penulisan artikel otomatis seperti halnya yang Anda jumpai di Microsoft Word.
  • HTML: Mode penulisan artikel menggunakan bahasa HTML. Untuk pemula, Anda cukup gunakan mode penulisan Compose.
  • Labels: Anda bisa membuat label artikel yang akan Anda terbitkan.
  • Schedule: Fitur ini untuk membantu Anda memposting artikel secara terjadwal.
  • Permalink: Permalink adalah link permanen. Ini berguna untuk SEO, nantinya Anda akan memahaminya seiring dengan perjalanan ngeblog Anda. Untuk sementara, Anda cukup biarkan saja fitur yang satu ini.
  • Location: Untuk menambahkan lokasi.
  • Search Description: Deskripsi pencarian ini juga berkaitan dengan optimasi blog (SEO). Jika Anda menginginkan setiap artikel memiliki deskripsi unik (deskripsi tersendiri), Anda bisa memasukkan deskripsi pada kolom Search Description saat ingin menerbitkan artikel baru di blog Anda.
  • Option: Anda diberikan pilihan untuk menampilkan komentar dalam artikel yang akan Anda posting atau Anda memilih untuk tidak menampilkan kolom komentar.
Cara posting artikel di Blogger 2

3. Apabila sudah selesai menulis artikel, untuk menerbitkan artikel tersebut silahkan klik tombol Publish yang terletak dibagian kanan-atas halaman post editor, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman daftar postingan Blogger.

Cara posting artikel di Blogger 3

4. Untuk melihat artikel yang baru Anda publish, silahkan arahkan kursor mouse ke judul artikel kemudian klik View, maka akan terbuka tampilan postingan tersebut seperti gambar berikut ini.

Cara posting artikel di Blogger 4

Penutup

Membuat blog di Blogger sangat mudah, bukan? Anda bisa melakukannya kapanpun Anda menginginkannya. Untuk sekedar membuat blog, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus karena platform blog gratisan semacam Blogger sudah didesain sedemikian simple untuk memudahkan penggunanya.

  Cara Memindahkan Blogger ke WordPress dengan Benar Tanpa Kehilangan Traffic dan Ranking

Jika menyinggung bagian sulitnya, sisi kesulitannya terletak pada pengelolaannya. Mengelola blog agar memiliki banyak pengunjung dan tetap bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama bukanlah pekerjaan mudah, butuh kerja keras dan konsistensi.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *