Cara Melihat Gerhana Bulan Total Terakhir sampai 2025

Cara Melihat Gerhana Bulan Total Terakhir hingga 2025

Artikeloka.com – Buat kamu pencinta astronomi, ini akan menjadi kesempatan terakhir untuk melihat Gerhana Bulan Total untuk beberapa waktu.

NASA telah menunjukkan bahwa Gerhana terakhir yangna kan hadir pada 8 November di Amerika Utara, akan menjadi yang terakhir hingga Maret 2025.

Gerhana Bulan Total akan dimulai dini hari Sebagian Asia, Australia, Selandia Baru, dan Amerika Selatan juga bisa dilihat sekilas.

Gerhana sebagian akan dimulai pada 04:09 Timur, dengan totalitas berlangsung dari 04:16 sampai 5:42. Tahap akhir sebagian akan selesai pada 06:49.

Baca Juga:
5 Fenomena Langit yang Bisa Diamati Sepanjang November 2022, Ada Gerhana Bulan Total

Mereka yang berada di pantai timur AS akan kehilangan sebagian atau semua segmen terakhir saat Bulan terbenam, dilansir laman Engadget, Minggu (6/11/2022).

Namun, kamu mungkin tidak perlu keluar rumah jika cuaca terlalu dingin — ada cara untuk menonton dari kehangatan rumah.

  Yang Bisa Bikin Kenyang Berbulan Bulan 6 Huruf TTS, Apa Itu? Ini Jawabannya

Streaming langsung akan tersedia. Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona akan menawarkan beberapa pemandangan teleskop dari Gerhana Bulan Total mulai pukul 4 pagi Timur.

Timeanddate.com akan memiliki streaming di beberapa kota, termasuk pemandangannya sendiri dari Roswell, New Mexico serta umpan dari San Diego dan Perth di Australia.

Proyek Teleskop Virtual juga akan menyediakan cakupan internasional. Kamu pasti ingin melihatnya meskipun 2025 tampaknya tidak terlalu jauh.

Gerhana Bulan Total (di mana Bumi berada tepat di antara Bulan dan Matahari) mendapat julukan “Bulan Darah” karena trik optik yang mewarnai permukaan Bulan dengan warna merah yang dramatis.